Berburu Benih Bunga Sedap Malam

Selama ini PB untuk mengenal Sedap malam hanyalah melalui batang pohon yang sudah dipotong-potong siap dipajang dalam ruangan, namun ada titipan dari kawan di Blitar sana. Untuk mencarikan benih sedap malam yang bisa di tanam lagi, kalau yang selama ini PB ketahui sudah berbentuk batang begitu kan tidak mungkin bisa untuk di tanam kembali.

Alhasil PB juga sempat bingung, lah kemana musti mencari? Setahu PB dulu kala waktu masih sering jalan-jalan di kota Malang, sepintas pernah melihat segerombolan kebun bunga sedap malam. Namun tempatnya di daerah Pujon – Batu sana, itupun juga tidak tahu bagaimana bentuk benih/bibit untuk yang bisa ditanam.

Salah satu kebun bunga sedap malam di Bangil – Pasuruan

Dengan hasil googling sana kemari, alhasil mendapat pencerahan yang mengarah keKota Pasuruan. Bahkan ternyata selama ini, pemasok utama bunga sedap malam yang untuk ritual adat di pulau Dewata Bali sana adalah dari Pasuruan. Bukan dari Batu – Malang, ya walau mungkin juga ada. Tetapi menurut beberapa info dari googling kemarin, adalah pemasok utamanya yaitu Pasuruan.

Berbekal itulah, PB menelusuri daerah Bangil – Pasuruan. Dimana menelusiri jalanan dari Bangil Kab. Pasuruan yang menuju ke Sukorejo. Ternyata tidak sia-sia, dipinggiran daerah Bangil ada beberapa ladang yang ditanami bunga sedap malam. Jadi PB menemui salah satu pengelola kebun tersebut untuk membeli benih / bibit bunga sedap malam itu. Dengan mahar Rp.30.000,- saja, PB mendapatkanΒ Β± 500an biji benih bunga sedap malam(yang berbentuk mirip dengan bawang merah, namun berwarna putih).

Semoga info ini dapat membantu kawan semua, untuk menambah informasi langka 😳 😳

40 Komentar

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!