Mengenal flash diffuser

Diposting pada

Dalam dunia photography, sangat banyak alat-alat untuk mendukung pemotretan. Selain lensa dan camera itu sendiri, tentunya tujuannya untuk membuat hasil photo yang lebih maksimal dan mempunyai nilai seni tinggi. Kali ini PB akan sedikit menguraikan tentang seputaran flash, sudah pada tahu tentunya apa itu flash kamera. Namun bukan soal flash intinya, tapi tentang accesories yang biasa menempel pada accesories flash. Yaitu “flash diffuser” dimana alat ini gunanya utama adalah untuk mengurangi pantulan cahaya dari flash yang kuat ketika mengenai obyek, yang biasanya terlihat mengkilap. Maka dengan menggunakan “flash diffuser” ini cahaya bisa lebih merata dan lembut, ketika mengenai obyek yang di potret. Banyak banget, berbagai macam jenis flash diffuser . Contohnya sebagai berikut:

“Flash Diffuser” untuk flash ekstenal (Sumber: Google)

Contoh gambar diatas, digunakan pada ujung flash eksternal. Jadi tida bisa digunakan di flash kamera internal, kecuali harus di akali dengan berbagai cara. Namun tentu saja hasilnya tidak bisa sempurna :mrgreen:

“Flash Diffuser” Untuk flash internal Kamera (Sumber: Google)

Contoh gambar diatas: Baru yang contoh ini, memang difungsikan untuk internal flash kamera. Namun tentu saja, untuk camera yang berjenis : DSLR, Prosumer, Mirrosless,dsb. Karena untuk memasangnya butuh tempat dudukan untuk pegangannya.

Contoh di atas semua itu adalah “Flash Diffuser” yang dimana dapat dibeli secara langsung di toko yang berjualan accesories kamera. Namun kalau saja kita lebih kreatif, dapat memaksimalkan benda-benda di sekitar kita. Contoh saja bisa dibuat dengan kertas, atau barang bekas yang lainnya. Contohnya sebagai berikut, Flash Diffuser buatan sendiri :

Sumber : flickr.com/photos/christian-dl/

Tidak selamanya harus beli, kawan. Jadi dengan contoh gambar diatas ini, itu kan menggunakan kertas yang ada. Hanya dengan menuntut kreatifitas tinggi, bisa menghasilkan sesuatu barang yang maksimal. Semoga bisa menginspirasi kawan semua, yang lagi menggemari dunia photography seperti saya. Terimakasih  😀

18 komentar

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!