Bedah mesin Suzuki Address 110 Fi, dan dengarkan suara starternya!!

Diposting pada

Beberapa hari yang lalu PB memang mendapatkan kesempatan yang sungguh istimewa, pasalnya mendapatkan kesempatan untuk bisa test ride Suzuki Address 110 Fi ++. Maksudnya ++ adalah, tidak sebatas test ride gebar sana-sini saja. Namun bisa sedikit melongok kedalam jerohan dapur pacu milik Suzuki Address 110 Fi, tetapiΒ karena terbatasnya waktu so yang berhasil di bedah hanya sebagian saja. Inginya totalitas sich, namun tak apalah namanya juga keterbatasan waktu saja. πŸ˜€

Injector Suzuki Address 110 Fi

Youpss…pertama yang kena sasarannya adalah soal pengabutan bahan bakar Suzuki Address 110 Fi, yang mana sudah menggunakan system injeksi. Dengan berbekal kunci pas 8mm dan beberapa kunci lainya, sangat mudah untuk bisa menjangkau tempat ini. Bongkar dan baca kode yang ada yaitu tertulis kode “EH27-NFD”(sesuai gambar terlampir), dengan memiliki 6 lobang penyemprotan injektor. Laju aliran statis : 146,0cmΒ³/min, Tekanan : 294 kPa , Kekentalan : 0,56 mmΒ²/s (gasoline ) at fluid temp. 20ΒΊC , Tahanan Injektor : 12,2Ξ© . Setelah puas dengan Injektor, lalu mencoba merambah ke Engine.

Tanpa kesulitan, lagi-lagi hanya berbekal kunci seadanya saja. Area Head Engine sudah terbuka, dan menganga memperlihatkan sektor klep,dsb. So dengan mudah dapat terlihat bagaimana model jerohan engine yang diterapkan pada Suzuki Address 110 Fi ini, dimana yang memiliki spesifikasi Klep IN : Ø25mm & EX: Ø21mm. Dengan dipadu roller rocker arm pada sepeda motor UK 110 (sebutan engine Suzuki Address 110 Fi) ini, menjadikan dapat diminimalisir reduksi yang ada pada roller bearing & cahmsaft. So ujung-ujungnya dalam meringankan putaran mesin, dan tentu saja dapat membuat irit konsumsi bahan bakar. Celah valve saat dingin : IN=0,04mm – 0,08mm dan EXΒ = 0,12mm – 0,16mm.

Karena dikejar waktu, keburu suasana arena pengetesan gelap gulita(maklum di tengah out door). So tidak bisa merogoh lebih kedalam lagi, dan dipasangi kembali susunan engine & injektor,dsb. Lalu pengetesan suara mesin UK 110 ini dengan merekam video dibawah ini, bagaiman menurut kawan semua??(Benarkah ini hampir mirip suara mesin bletak doorr??)Β Semoga dapat menginspirasi…Thanks πŸ˜€

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=QPoVM1NWvU0&w=560&h=315]

59 komentar

  1. Bahasan sauprit men mas,gimana akselerasinya dsb biar gamblang too.maaf salam kenal baru masuk udah ngomel maaf yaa

    1. neg Jogja aku uwes nemuin mas 3 hari berturut2 tnggl 2,3,4 desember daerah KASIHAN, RINGROAD. selatan. aku liat sendiri. bahkan sempet tak pepet ..
      penilaianku yo mas. neg visual mirip beat (bahkan tak kiro beat)
      suarane koyo vario.. slim … aku ndelok we ra percoyo mosok koyo ngono bagasi 20 ltr..

      cen alus kok suarane..

  2. kok ente baru tau?
    mulai suzuki nex, kontruksi mesin ,starter, sampe bentu ctv, knalpot dll ngopi punya BEAT. suzuki cuma merubah detail luar biar keliatan beda. makya suzuki nex lumayan irit dan enak. kalo gak percaya coba telanjangi beat lama dan nex. bahkan pijakan kaki belakangpun ngopi punya beat lama.
    bagi saya gak masalah karena ngikuti produk sukses, asal gak kayak YamahA yg jago ngekor tapi koar2 sok pake nama baru

  3. klo gt persis seperti yg dibilang mekanik suzuki langgananku, klo mesin generasi nex emang mirip mesin beat lawas, pantes klo masih blethak duor!… πŸ™‚

  4. Gimana toh Suzuki ini telat terus. 2 pabrikan sebelah sudah beralih ke 125 cc. Kenapa gak konsisten di Spin??!.. Seharusnya mengeluarkan produk all new Spin 125 Fi.

  5. hanya suzuki address made in indonesia satu-satunya motor matik yang bisa lolos ke eropa, australia dan jepang ! pasti berkualitas ! matik lain gak tembus dieropa, australia dan jepang !

    1. Bener,om. Tapi ya itu, sudah menjadi ketentuan Suzuki. Jika maticnya di putaran bawah, sematcam kurang πŸ˜‰

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!