Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Amankah Touring Motor Sendirian…?? Inilah tipsnya,kawan!!

Iseng-iseng buka review semua tentang pertanyaan apa saja yang tersangkut di blog PB ini, dari mesin pencari mbah “google”. Sungguh ada yang menyita perhatian PB, saat baca-baca pertanyaan itu. Pertanyaannya sesuai dengan judul artikel sederhana ini, yang semoga bisa memberikan tips kepada kawan lain. Murni menurut pengalaman PB pribadi, yang sering wara-wiri keluar kota tidak pandang waktu malam-siang-dini hari,dsb. Hanya menggunakan kendaraan motor R2, dengan tanpa teman/boncenger 😀

Amankah Touring Motor sendirian

Inilah pertanyaan yang cukup unik 😀 .

Karena perkerjaan PB yang memang tak mengenal waktu, mau hari libur mau tengah malam,dsb. Semua tak ada pengaruhnya, ketika dibutuhkan pelanggan (sebut saja client). Misal terima order siang/pagi hari, namun karena perkerjaan terselesaikan hingga tengah malam/dini hari. So waktu pulang ke Kotapun juga harus saat itu juga, karena besok sudah ada janjian sama client yang lain. Keadaan ini hampir sering terjadi, bahkan belakangan ini sampai menyita waktu menulis PB di blog sederhana ini 🙁 . So itulah resiko pekerjaan PB, harus berani dan hati-hati ketika melintasi jalanan malam 😉 .

Touring Sendirian

Pernah juga PB cerita tentang Plus-Minusnya ketika riding malam (artikel disini), Nah kali ini pertanyaanya ” Amankah Touring Motor Sendiri ” ?? Jawaban PB : Sangat Aman dan Nyaman !! 😀 apa saja yang perlu diperhatikan jika Touring sendirian, tipsnya sebagai berikut :

  • Jangan pernah lupa awali semua perjalanan dengan Doa
  • Rencanakan dengan matang, akses untuk menuju suatu tujuan touring.
  • Bawa perlengkapan alat kunci yang paling vital (sering dibutuhkan), kalau PB biasanya bawa 1 tas gitu isinya toolkit 😆
  • Meskipun tak hafal jalan, namun sekarang musimnya gadget canggih-canggih. Sepertinya bukan soal kalau ini 😉
  • Pahami keadaan jalur akses yang akan dilalui saat touring, karena sekarang musimnya blog & Socmed. So semua informasi keadaan yang mau dilalui sepertinya mudah didapat dengan gamblang.
  • Rencakanan dimana harus menginap, misal saja memang dibutuhkan waktu menginap. Kalaupun mau nginap ala Bikers sejati di Hotel Pertamina, usahakan yang buka dan ramai dalam 24jam.
  • Jangan lupa selalu cek kondisi kendaraan, meskipun tergolong motor baru. Tak ada salahnya jika selalu waspada, dan siap sedia.

Kenapa PB bilang nyaman, karena PB ini tergolong sudah usia menuju matang. So waktunya ugal-ugalan sudah nggak zamanya, yang ada menikmati jalanan dengan low speed saja 60-80km/jam. Nggak butuh kejar-kejaran sama kawan-kawan yang notabene suka ngebut/masih muda, so dengan sendirian bisa mengontrol speed sendiri tanpa perlu memikirkan ketinggalan rombongan,dsb.

Aman, tentu saja aman karena kita bisa mengontrol speed dengan tanpa mengejar kawan/dsb. Ketika riding dibutuhkan waktu malam (kalau bisa dihindari jam malam), hindari jalanan yang sepi dengan sendirian. Jadi kalau bisa nunggu kendaraan lain melintas untuk dijadikan kawan sementara, agar terhindar dari kejahatan,dsb. Lebih jelasnya soal perjalanan malam, simak artikel DISINI. Semoga artikel sederhana ini mampu memberikan suatu yang bermanfaat bagi kawan-kawan yang mau Touring sendirian, dan silahkan kawan-kawan lain yang lebih senior dijalanan menambahkan beberapa tips dikolom komentar bawah ini 😀 Thanks 😉

Pencarian Terkait:

22 Comments

Add a Comment
  1. Aman..
    Nek Nggiih asisten malah kurang aman.. *dari godaan setan.. 😉

    1. Wech….tetap aman kok,pakdhe. Soale Safety first…hahaha 😆

        1. Wakakak…. 😆

            1. Josss…langjutkan 😀

    1. Lah…ayoooo….#Aku nalah ditinggal 🙄

  2. kalo jalan malem, 120an, bukan ugal ugalan atau apa, tapi nyamannya segitu, 😀

    1. Wow….saya nggak berani malahan 🙁

  3. Setuju.. yang penting hapal kondisi jalan.. yang penting waspada lubang dijalan…

    1. Nah…itu yg penting dari jLanan Indonesia, lubangnya membahana… 🙄

  4. yang penting jangan pecicilan ,boleh ngebut tapi pelan-pelan :mrgreen:

    —————————–
    Gandakan Akselerasi Kuda Besimu 😀
    http://rpmsuper.com/2015/06/06/rumah-kopling-6-kaki-lipatkan-akselerasi/

    1. Wech…kudu tau haluan 😉

  5. Pengin juga ngluyur jauh sendirian, pastinya lebih bebas mengatur perjalanan. Kalau saya malam mending nyari penginapan, jalan malam kurang nikmat krn gak bisa menikmati pemandangan alam nya.

    1. betul bingits,om. Kalau malam mendingan break saja dulu 😉

  6. Jangan lupa bawa alat komunikasi. Setiap kali istirahat kasih kabar ke keluarga 🙂

    1. Betul bingits, namun saya pernah keSuatu daerah sampai signal apapun gak menjangkau… 🙁 #cuma signal GPS yang ada 🙄

  7. Yang paling utama.
    Bawa sangu (uang) didompet secukupnya aja.
    Jangan banyak banyak . Amunisi di ATM
    #mengko garai tuman hehehe

    Pastikan Ban pake tubeless klo riding malam. soalnya di perkampungan jarang ada tukang tambal ban yang buka

    1. nice info tambahan, ATM diHutan nggak berlaku…wakakakka 😆

  8. Slm kenal mas .. Sy ryan dr rohil riau.. Hehe pgn kg turing dewean ngono .. Tp istri gk ngasi lah jd grogi gt klo gk restu aman gk yo.. Tetep jd gejolak hati.. He

    1. Tergantung keyakinannya,mas. Soalnya kalau saya, nggak pernah dilarang sama istri kemana saja. Asalkan kerjaan + uang belanja tidak terganggu, hehehe??

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme
%d bloggers like this: