Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Lontong Racing, makanan Khas Surabaya (a.k.a Lotong Balap)

Sudah agak lama sekali tidak menyentuh blog, sudah 6hari lalu telah sibuk dengan job kecil pemotretan product baju. Yang mana terlalu menyita banyak waktu untuk tidak bisa ngeblog, so hari ini baru bisa menikmati blog kesayangan. Mungkin sudah pada tahu dong, jika makanan khas Surabaya adalah “Lotong Balap“?? Menurut sumber wikipedia ”Β Menurut cerita dahulu lontong balap masih dijual dalam kemaron besar yang terbuat dari tanah liat yang dibakar, yang berat dan dipikul keliling kota. Kemaron besar yaitu wadah terbuat dari tanah liat (dibakar menjadi warna merah bata). Karena bobot kemaron yang berat, sekarang tempat ini diganti dengan panci yang terbuat dari logam. Para penjual lontong balap ini, untuk berebut pembeli di perjalanan dan pembeli di pasar berjalan cepat-cepat menuju pos terakhir di Pasar Wonokromo, dari jalan cepat ini menimbulkan kesan berpacu sesama penjual (dalam bahasa Jawa: balapan), dari balapan ini kemudian dikenal dengan nama lontong balap.

Lontong Balap

Untuk Seporsi di atas tersebut, dihargai Rp.12.000,-/piring, namun belum termasuk makanan pendampingnya. Yaitu Sate kerang, yang merupakan sebagai menu pendamping yang kalau di beberapa penjual di kasihkan secara gratis (bonus). Namun tidak untuk langganan PB ini, sate kerang dijual terpisah dengan harga Rp.12.000,-/10tusuk.

Sate Kerang

Mungkin buat yang sudah asli Surabaya, atau memang pendatang namun sudah lama tinggal di Surabaya. Pastinya akan mengenal tempat ini, dimana sangat terkenal banget. Di dekatnya BG Juction – Mall(Jl. Kranggan / Depan Eks. Bioskop), buat traveler yang yang kebetulan masih mau datang atau sudah di Surabaya namun masih bingung mencari makanan khas yang unik. Silahkan datang di alamat dibawah ini :

Lontong balap Garuda

Buka setiap hari, mulai dengan pk.10.00wib s/d pk.22.00wib. So kalau lebih cocoknya sebetulnya menu ini di nikmati pagi hari, atau juga bisa pas malam hari jika ingin menu berkuah dan pedes-pedes.Dijamin makclessss...sebetulnya banyak banget yang jualan “Lontong Balap” ini, bahkan ada beberapa hotel di Surabaya yang menyediakan menu seperti ini atau mungkin juga restoran. Namun jika memang yang masih asli tradisional, ya disini ini lebih cocok dan bukanya sampai malam. Thanks πŸ˜€

11 Comments

Add a Comment
    1. Semanggi…ada dimana,om?

      1. penjualnya nomaden mas, biasanya mbah-mbah yang jual sambil jalan, biasanya di unair kampus b ada.

        1. Owch…yg digendong itu ya, kayar pernah makan. .agak lupa πŸ˜€

          1. iya mas, ada juga yang disunggi (ditaruh diatas kepala)

            1. Nah ya itu yg unik…sambil tolah-toleh, nggak jatuh tu…xixixii

  1. Racing Long Rice… Makanan murah meriah di sby….

    1. Hehehe..betul sekali, namun tergantung depotnya mas…kalau yg udah legenda gini, nggak terlalu murah juga πŸ˜€

      1. Ortu temanku ada yang jual di daerah tugu pahlawan…. Aku kalau nitip harga 7000 tapi porsi super jumbo…. Kalau hari minggu bisa menghabiskan kecambah sampai 2 sak kalau jualan

        1. Woch…perlu diCoba nich,mas. Nice info bangetss… πŸ˜‰

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: