Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Berkunjung ke Istana Maimun – Medan #DatsunRisersExpedition

Medan –  Hari pertama berkunjung ke kota Medan, setelah turun dari Bandara Kualanamu – Medan. Kita rombongan para Risers di ajak berkunjung langsung ke “Istana Maimun“. Ya istilahnya di Jawa, mungkin kalau kita mau memasuki daerah tertentu harus sowan(berkunjung) ke yang berwenang. Nah kebetulan di Medan ini masih ada cagar budaya yang memang masih dilestarikan, sebagai tujuan kota wisata juga. Yaitu ya Istana Maimun, mau tau yang mana bentuk dan model bangunanya. Silahkan dibawah ini 😉

istana maimun

Menurut Wikipedia, Istana Maimun adalah sebagai berikut :

Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon kota Medan, Sumatera Utara, terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun.

Didesain oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid. Pembangunan istana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan 30 ruangan. Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke utara dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Istana Maimun menjadi tujuan wisata bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia. Namun sayang, tempat wisata ini tidak bebas dari kawasanPedagang kaki lima.

Istana Maimun

Bersama Risers yang lainya juga, kita mencoba memasuki kedalamnya. Namun ternyata sangatlah terbatas, maklumlah memang istana. Walaupun dibuka untuk umum, tetap saja masih banyak yang privat room. So pengunjung hanya bisa memasuki ruangan tengah saja, itupun sangat terbatas sekali. Di rungan tengah ada beberapa singgasana dan beberapa photo lama, yang menceritakan sedikit tentang kejadian masa lampau.

Istana Maimun

Risers dihari pertama ini memang belum ada kegiatan kompetisinya, untuk hari pertama lebih difocuskan untuk prepare acara besok (8-10 Maret 2016) dengan route Medan-Riau. Apa saja yang akan terjadi esok hari, tetap selalu stay di PotretBikers.com . Thanks, kawan 😉

2 Comments

Add a Comment
  1. waksss muter medan.. aku kapan kesana lagi..

    1. iya kang, Alhamdulillah ya… 😉

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme
%d bloggers like this: