Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Honda New CB150R tiba-tiba mogok, waspadai air nyelonong ke tangki BBM!! (WARNING)

Honda – Honda New CB150R (NCB), milik PB kan tergolong masih kinyis nan baru. Angsuranya saja masih baru terbayar yang ke 7, bisa dibilang kan masih 7bulan pemakaian. Tapi kok tiba-tiba 1 bulan belakangan ini sering mogok tiba-tiba, kaya kehilangan aliran bahan bakar. Padahal isi masih penuh, dan tidak mungkin jika indikasi kehabisan BBM. Bukan BC (Black Campaign) ya, ini real ada nyatanya. Toh PB beli motor juga dengan uang sendiri, bukan hasil sponsort. Jadi kalau ada kejadian begini, yang perlu di share juga. Bahkan se ingat PB sudah 4 unit yang telah mekukan pengurasan tangki BBM milik Honda New CB150R ini di AHASS tempat PB cari uang, dan dari 3 unit NCB milik kawan Mekanik ini sudah melakukan pengurasan Β 2 unit (1 milik kawan, 1milik PB ini). Silahkan di lihat photo hasil pengurasan dibawah ini πŸ˜‰

Tangki Honda New CB150

Kalau cuma membuka tutup tangki atas, airnya tidak bakalan terlihat di dasar tangki. Namun ketika membuka dari cara melepas full pump, barulah terlihat jelas sekali jika ada sekumpulan air didasar tangki. Seperti hukum alam zaman masih pelajaran IPA dulu waktu SD, jika air dan minyak tidak bisa bersatu. Nah karena volume minyak lebih ringan, jadi airnya bisa mengendap semua didasar tangki.

Tangki Honda New CB150

Cukup banyak sebetulnya endapan air dalam dasar tangki BBM ini, ya sekitaran masih 0,5Β liter. Terpaksa PB sedot dengan selang air, langsung dibuang begitu saja bersama sisa Pertalite yang masih ada sekitar 3 liter. Soalnya males memisah-misahkan, sebetulnya kalau mau memisah-misahkan dan ingin mengembalikan BBM ke tangki bisa dilakukan. Karena sifat air dan minyak yang tidak bisa bersatu.

Tangki Honda New CB150

Terpaksa daripada mendorong motor ke SPBU, terpaksa 400ml Pertalite dikembalikan ke tangki BBM. Agar motor bisai jalan ke SPBU, untuk sementara masih belum tahu pasti darimana lobang nyelonongnya air ini. Yang PB lakukan hanya mengurasnya dan di full kembali dengan Pertalite, karena keburu mau keluar kota. Hanya dugaan awal, penyebabnya karena sering di cucikan dengan semprotan yang ekstra kencang di tempat pencucian motor. Begitu saja, kalau ada masukan yang sudah berhasil menutup lobang penyebab masuknya air. Silahkan di share dibawah ini, Semoga bisia membantu. Thanks πŸ˜‰

41 Comments

Add a Comment
    1. Menyedihkan sekali, sudah berusaha dibikin rata…ternyata tetap bocor πŸ™

      1. Yang stupa kira kira gmana ya…. aman kagak?

        1. Wach, kayanya juga pernah sudah kebobolan…hahaha πŸ˜€ #meskipun tak semua πŸ˜€

          1. Nasib baik si blacky aman… padahal angkatan pertama…

            1. Hahaha, ntahlah siapa yang buat Tangki Ngonda ini. Kok selalu begitu, sedari dulu terkenal botcornya(generasi Tiger,dkk). Sekrang generasi terbaru juga begini….ckckck

              1. Mungkinkah karena kualitas material dan tingkat ketebalan kang?

              2. nah jika memang begitu, kenapa dari generasi ke generasi selalu begitu?? Apa gak ada usaha pernaikan πŸ™„

              3. Mungkin karena tuntutan barang jos harga murah… akhirnya ya gitu deh… kurangin ini itu dll…

              4. Akhirnya buoootcoorr..hahaha πŸ˜†

              5. Kata Upin Ipin, betul betul betul… πŸ˜†

              6. Hahahah…. πŸ˜†

    1. Hahaha, lebih baiknya begitu…xixixixix πŸ˜€

        1. siep… πŸ˜‰

      1. Hahahah…ntar gantian catnya yang tipis mengelupas… ;P

  1. Gan, NCB saya pembelian September’15 blakangan suka nyendat2 di rpm 3rb-4rb. Apakah itu jg termasuk indikasi adanya air di dlm tangki ya? Mohon pencerahannya. Makasi.

    1. Bisa jadi, soalnya kemarin gejalanya kaya gitu..bahkan kalau sudah parah Mati ditengah jalan…baru distarter beberapa kali, bisa nyala gitu..

      1. Sepertinya hrs segera ke AHASS terdekat ini ya…
        Makasi infonya Gan…

    1. Nah ya itu πŸ™

  2. saya juga pernah ngalamin mas,
    usia baru 3-4 bulanan NCB udah mogok aja di tengah jalan, besoknya tak bawa ke ahass, dan dicek kelistrikan normal, lain lain juga ok, mekaniknya loh sampek bingung juga, akhirnya pas di intip di tangkinya banyak banget air di bagian bawh tangki, akhirnya harus kuras tangki. setelah itu motor normal lagi.
    nah sebulan kemudian, saat dipake sering terasa tiba tiba kehilangan power, tak bawa ke ahass lagi di cek ternyata ada endapan air lagi,
    mungkin karena air hujan, soalnya sebelumnya abis kehujanan di parkiran kantor yang ga ada atapnya.
    saya curiga air masuk lewat tutup tangki, akhirnya saya bikin percobaan, saya masukan plastik lewat atas tutup tangki, kemudian ditutup rapat, nah pas hujan berikutnya benar saja, saya cek kantong plastik tadi sudah terisi air. jadi jelas untuk permasalahan ncb saya ada di tutup tangki NCB yang sudah dibikin rata itu πŸ™‚ (bukan BC juga ini 100%REAL).
    kalau ada email mas, monggo nanti tak kirimin dokumentasi foto saya utk problem kemasukan air di NCB ini, biar bisa di share juga ke teman teman NCB semua..

    1. ada,mas. E-mailin saja ke : gesanghidayat@gmail.com

      Saya tunggu infonya, biar bisa berbagi. Terimakasih.. πŸ˜€

  3. Tambahan mas :
    akhirnya saya klaim kan garansi utk tutup tangki NCB, dan..
    akhirnya diganti 1 set kunci kontak + tutup bensinnya.
    tapi masalahnya setelah di ganti baru NCB saya belum kehujanan lagi, jadi belum biasa testing..

    1. Coba diguyur pakai selang air gitu gimana?? Percobaan..hehehe πŸ˜€

  4. Kenapa ga beli vixion om? Kan terkenal anti bocor :v

    1. Tangki anti botcor..tapi mesinya doyan ngebul…hahahah #MemangTakAdaYangSempurna

  5. mending bebek, tangkinya anti kehujanan hehehe

    1. Hahaha..kalau ngisi BBM ntar pakai turun dari motor,hahaha πŸ˜†

  6. Alhamdulillah punyaku ga pernah di cucikan di cucian alias nyuci sendiri..jadi sampai hr ni KM12650 belum pernah kejadian. Paling baru ganti kampas rem depan hari kamis kemarin (27 oktober).
    Saya juga lama jadi mekanik AHASS (2000-2009). Trima kasih infonya mas bro

  7. Saya juga memakai NCB pembelian 13 Nov 2015, tp alhamdulillah ga pernah tjd yg dmikian. Kilometer saat ini 12643. Paling baru ganti kampas rem depan kamis kemarin (27 Okt).
    Tapi info ini bermanfaat buat saya. Kebetulan jg saya dulu lama jadi mekanik AHASS (2000-2009).

    1. Syukurlah kalau nggak pernah, mungkinkah hanya sebagian saja yang mengalaminya?? Dalam artian pas bisa dibilang cacat produk, jadi tidak semuanya. Dan kebetulan milik saya salah satunya mungkin, hehehee πŸ˜†

  8. Ada cara nya om saya bela belain tiap hari nutupin pake plastik atau keresek kecil di atas tangki biar ga masuk air πŸ™

    1. owch, kalau saya pas ketika mau dicuci steam saja. Kalau kehujanan,dsb. Sepertinya aman-aman saja kok πŸ˜‰

  9. Gan mtr ane sring mati udh tiga 3 kali disaat kondisi kencang..

    1. Apakah sama dengan ciri-ciri diatas? Kalau iya, ya coba dichek tangkinya BBM…

      1. punya saya baru tadi gan motor gas gede tau tau mati di engkol kya gk da nywanya …terpaksa dorong …sering khjanan juga mungkin bner ni isi aer semua …..

        1. Bisa dichek dulu, siapa tahu sama..?

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: