Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Uji Nyali Kualitas Photo Paper Test Print Quality Blueprint Photo Paper VS SUN Photo Paper

Surabaya – Kapan hari PB sempat upload sebuah artikel tentang pre-order OnLine kertas foto dari SUN (artikel disini). Nah kebetulan sesuai dengan iklan itu, PB langsung tertarik untuk mencoba ikutan pre-order kertas tersebut dong. Namanya juga kan PB butuh banget kertas photo buat cetak-cetakan hasil potret dan tidak boleh kehabisan stock. Nah kebetulan hari ini sudah datang pesenan PB tempoe hari, so ini PB coba komparasi dengan kertas lama milik PB yang ada di kost. Bukan berarti BC loch ya, namun keadaan ini di informasikan betul adanya. Karena bisa dibilang ada bukti ontentiknya, dan tentu saja semua hasil beli sendiri dong πŸ˜‰

Uji kertas photo

Karena PB selama ini memakai product kertas dari Blue Print, maka PB akan langsung mengadakan komparasi ujinyali kualitas πŸ˜‰Β Antara kualitas hasil print menggunakan kertas foto Blueprint dibandingkan dengan kertas foto SUN yang baru datang ini.

Memang sebelum ada SUN kertas foto yang baru ini bisa dibilang kertas foto merk Blueprint yang termasuk ramah harganya dikantong anak kost dan berkualitas bila dibandingkan kertas foto original printer yang memiliki brand ternama πŸ˜€ . Namun setelah ada product baru dari SUN ini, PB juga penasaran ikut membelinya karena juga berpikiran jika dari product tinta SUN saja sudah sangat bagus. Tentu saja tidak ada salahnya jika kertas fotonya juga layak dicoba, dan ternyata sangat memuaskan.

Baiklah, pertama kita lihat saja dari kemasan SUN photo paper ini lebih memiliki efesiensi ketimbang Blue Print photo paper. Sepintas dari luar memang sama-sama plastik gitu saja sich, namun kalau setelah dibuka di dalam SUN photo paper tidak dijumpai lagi kertas-kertas tebal untuk istilahnya mengganjal agar kertas foto tidak lengket/lecet lapisan kilapnya. Sedangkan di Blue Print photo paper, masih dijumpai kertas-kertas pengganjal itu. Bisa dibilang artinya kertas SUN photo paper, lebih yakin jika kertasnya lebih tahan gores/lengket terhadap kemasannya. Otomatis dengan demikian, berarti SUN photo paper lebih ramah lingkungan πŸ˜€Β  Terbukti memang setelah PB check kualitas kertas-kertas SUN Photo Paper, semuanya licin putih mulus tidak ada lecet satupun setelah PB keluarkan dari kemasannya.

Uji kertas photo 2

Dilihat dari fisik kertas fotonya (bisa dilihat photo diatas), Blue print masih memiliki warna agak kekuningan. Bisa dibilang kaya putih gading/putih tulang gitulah istilahnya, sedangkan untuk SUN photo paper memiliki warna yang lebih clear (putih bersih). Otomatis kalau lebih putih atau clear, untuk mencetak foto tentu saja hasilnya akan senetral mungkin dan pastinya lebih bagus. Karena tidak ada penurunan kualitas warna yang dihasilkan dari tinta printer, ya intinya akan muncul warna sebenarnya begitulah.

Selain itu kertas Photo SUN nampak lebih rata mengkilap / glossy dibandingkan dengan kertas Blueprint, hal ini tentunya akan memberikan efek hasil warna yang nampak lebih cerah.

Uji kertas photo 3

Percobaan PB juga dilanjutkan dengan mencoba membandingkan hasil cetak’an, masih dengan printer yang sama (Canon MG 2570) , settingan yang sama dan tentunya tinta yang sama pula (SUN Revo) serta photo yang sama dicetak dalam kertas yang berbeda. Hasilnya bisa dilihat dalam foto terlampir diatas ini, dengan proses PB scan kedua foto hasil cetak diatas kertas yang berbeda. Blueprint photo paper memiliki kencenderungan mencetak lebih gelap, warna langit lebih kemerahan yang tidak natural, warna pasir putih juga lebih creamy jika dibandingkan dengan file foto aslinya, bisa dilihat juga warna ujung kapal yang cokelat lebih mengarah kegelapan. Jika dibandingkan dengan hasil cetak dari SUN photo paper yang cenderung lebih cerah, warna biru langitnya lebih natural tidak kemerahan, dan juga warna pasir putihnya tidak terlalu cream sangat mendekati warna yang ada di foto asli dan keadaan sesungguhnya pada saat foto diambil. Lalu coba telisik ke bagian dasaran kapal ujung paling bawah terlihat lebih cerah dan jelas detailnya untuk hasil cetak SUN photo paper. Karena SUN photo paper mengeluarkan hasil cetak yang lumayan netral, jadi kesimpulanya SUN photo paper memiliki hasil cetak lebih mendekati dengan warna aslinya foto ketika dilihat di monitor laptop PB πŸ˜‰ Memang perbedaanya kalau dilihat dalam hasil scan PB ini kurang begitu jelas banget. Namun ada lebih baiknya, kawan-kawan beli SUN photo paper dan bisa rasakan hasilnya yang jauh lebih memuaskan jika dibandingkan dengan kertas foto yang kawan-kawan pakai sebelumnya πŸ˜€ Lagian murah banget loch, CumaΒ  Rp.21.800,-/pack saja, coba dibandingkan dengan harga Blue Print photo paper yang seharga Rp.25.000,-/pack. Harga photo paper dari SUN tentunya lebih murah dengan kualitas cetak yang lebih baik. PB sudah beneran pindah hati ke SUN photo paper saja πŸ˜€

IMG_20160810_100007 copy (337 x 600)

Meskipun Blue Print photo paper berani mengklaim jika dirinya Kertas Foto Terbaik di Indonesia, namun NYATAnya saat ini PB rasa tidak bisa demikian adanya. Karena muncul pendatang baru dari SUN photo paper, yang bisa dibilang lebih naik Level sebagai Next Generation Photo Paper dengan menjadi standard baru diatas kertas foto lain yang sudah ada. Mulai dari kualitas kertas, hingga harganyapun juga memberikan value terbaik di kantong anak kost πŸ˜† .

Nah pada kemasan Blueprint menjadi blunder dengan adanya sticker garansi, jika ada kualitas produk sejenis yang lebih bagus akan dikembalikan uang kita. Nyatanya cerita dari kawan PB, yang mencoba nekat untuk menunjukan ke toko tempatnya membeli kertas Blue Print setelah mendengar cerita PB, yang terjadi tidak demikianlah, Setelah doi nekat menunjukkan bahwa hasil print product SUN photo paper milik PB lebih bagus setingkat diatasnya, toko tersebut angkat tangan tidak berani mengembalikan uangnya. So artinya, garansi demikian tidak berlaku sesuai kata-katanya. πŸ˜†

KESIMPULAN:

SUN Photo Paper memiliki Kualitas setingkat lebih baik dari pada Blueprint Photo paper, warna hasil cetak SUN photo paper lebih cerah dan natural mendekati warna dari foto aslinya, dan yang terpenting harganya juga lebih ramah di kantong :D.

Semoga artikel sederhana ini bisa menginformasi kawan semua, Thanks πŸ˜€

24 Comments

Add a Comment
  1. Selama ini ane pake kertas blueprint udah cukup bagus. Kalau ada yang lebih bagus, apalagi lebih murah ya siap pindah ke lain hati deh. Makasih Kang Bro udah sharing informasi kualitas kertas printer. Tiap hari soalnya ane ngeprint buat kebutuhan kuliah desain.

    Butuh yang berkualitas tapi harga anak kost.
    Siap siap coba merk Sun.

    1. Mantabbb…senang rasanya, bisa share informasi πŸ˜‰

  2. Wow baru kali ini ada yang bandingin kualitas kertas foto dengan detail.

    Selama ini pakai beberapa merk saia tidak pernah cek kualitas.

    Thanks infonya sangat bermanfaat.

    1. Sama-sama, makasih sudah berkunjung ☺?

  3. Saya pernah pakai tinta SUN premium NFI, pernah coba juga tinta Blueprint dan tinta Alfa ink. Cocoknya pakai SUN premium NFI, tinta Blueprint terlalu gelap dan kemerahan, tinta Alfa ink sering bikin Head tersumbat walau warna lebih cerah dari pada Blueprint. Kalau SUN NFI pas warnanya cerah dan seperti foto aslinya juga aman di print Head.

    Nah..

    Kalau kertas saya cocoknya pakai kertas merk Spectra, kualitas bagus, cuma harus hati hati banyak barang palsunya. Kalau kena barang palsu kualitasnya ampun ampunan. Pernah pakai kertas Blueprint juga tapi ya itu cenderung kuning warna kertasnya dan kalau diprint hasilnya terlalu orange kemerah merahan. Juga membuat hasil foto tampak gelap. Persis dengan review Mas Potret Biker di artikel ini. Kalau kertas SUN belum pernah coba yang Next generation glossy foto paper ini.

    Terima kasih reverensinya. Artikelnya Top Mas. Susah cari review kualitas printing yang jempolan dan detail begini.

    Oh iya mohon juga review kualitas kertas SUN Next Generation VS kertas Spectra Glossy Paper ya. Buat reverensi ke teman teman pengguna printing seperti saya ini. Makasih.

    1. Nice info & sharingnya ???

    2. Betul kalau Kertas Spectra vs Bluprint sih I pilih kualitas Spectra. Spectra top Dech. Blueprint warnanya jelek gak sesuai warna foto. Kalau Spectra bagus.

      Pernah juga coba Data Print, lumayan mutu kertasnya dan masih lebih bagus dibandingin blueprint.

      Kertas Sun belom pernah I coba, jadi kagak tau kualitasnya. Sementara ini Spectra is the best yang pernah I coba.

  4. Makasih infonya Gan.

    1. Sama-sama, gan;??

  5. Baru kali ini baca ada blogger yang mengulas kertas printer dgn bagus.

    Tolong diulas kertas yang bagus buat paper toys ya.

    1. Okey, siap diusahakan… Jarang mainan paper toys hehehee ???

  6. Kami dari Blueprint. Jaminan kami tentu berlaku. Toko apa yang menolak menghargai jaminan kami, tolong di emailkan ke kami. Juga sekalian infokan PB tinggal di kota apa,kami akan infokan toko mana yang bisa menukarkan kertas foto yg PB beli.

    Sedikit info tentang kertas foto yg baik, warna yg ditampilkan tergantung white balance balance dr camera saat foto di ambil.

    Warna dasar putih gading yg Blueprint pilih Karena itu adalah warna asli kertas. Dan coba PB lihat sendiri, setelah beberapa waktu, apakah warna kertas foto merek lain secerah Blueprint ataukah sudah mulai memudar?

    Bila ada pertanyaan atau keluhan kami selalu siap membantu info@blueprint-indonesia.com Hotline (088 8846 8877)

    1. Jaminan Taek

      Gua beli 2 pax kertas photo blueprint, dipake print foto gak sampe 2bulan sudah berubah warna, mangkak. Mutue elek pol. Nyesel beli merk blueprint ini. Masak rambut gue yang aslinya item saat difoto setelah 1 bulan lebih berubah warna jadi kuning mangkak. Kualitas nenek lu!

      Gua balikin yang satu masih segel utuh kertasnya ke Toko tempat gua beli kertas, toko Redicom eh jaminan kualitas gak laku. Jaminan Taek.. kata tokonya mereka juga gak bisa balikin ke pabrik.

      Padahal barangnya masih segel utuh gak pernah gua buka blass..kalau sudah dibuka seperti kertas yang satunya yang pernah gua pake ya gua bisa ngerti kalau toko gak mau balikin uang gua. Nah yang satu khan masih segel gak pernah gua pake juga dijawab gak bisa kembali. Silit.

    2. Ruswantan bocah jember

      Jaminan? Masa…. mutunya jelek githu. Kasta saya beli mas.

  7. Secara Kualitas kertas photo secara kasat mata yang pernah saya coba dan saya beli sendiri.

    Diurutkan dari yang terbaik pada nomer1 hingga terburuk :
    1. Epson photo paper original
    2. Spectra
    3. Sun (yang bukan next gen, next gen belum pernah coba)
    4. Data Print
    5. E Print
    6 Blueprint

    Tulisan ini dibuat dengan realita pengalaman saya yang sebenar benarnya. Semoga membantu dalam memilih.

    Salam Hangat:
    Aryo Wicaksono
    Photographer Model Proffesional

    1. Bagus SUN photo paper Next Generation mas dari kertas sun yang lama. Boleh kalau dibandingin ama Spectra secara kualitas.

      1. Toko Mega Duta pamekasan, jaminan blueprint tak laku. tak bisa uang kembali.

        Tekorlah pakek blueprint

      2. Iya betul mas Biantoro, saya sudah coba Sun Next Gen photo paper. Hasilnya vivid jernih bange, seperti warna foto aslinya. Countur warna dan separasinya bagus banget.

        Hasil print untuk foto dalam ruang gelap minim cahaya juga baik. Biasanya kalau pakai kertas foto lain sudah tidak terlihat lagi karena semua tampak hitam. Akan tetapi di kertas Sun Next Gen ini masih tampak jelas detailnya.

        Saya suka foto agak sedikit under dalam ruangan untuk mengesankan art cinematographic, nah biasanya tidak dapat di print menggunakan printer rumahan pakai kertas photo. Tapi saya coba pakai kertas photo Sun Next Gen ini hasilnya bagus tampak jelas.

        Semoga membantu yang lain.

  8. kalo fotonya penting dan mau dipajang, jangan lupa dilapisi Stiker Laminating Dingin. biar awet bertahun2.

    1. Siap, terimakasih saranya πŸ˜‰

  9. Bagus…Benar.

    Gue udah coba berkat review mas bro Potret Bikers. Sempurna…seperti reviewnya. Mantap mas Bro.

    1. Makasih, senang bisa berbagi info… ??????

  10. Saya baru aja coba blue print glossy photo sticker paper. Hasilnya mengecewakan banget deh. Serapa tinta ke kertas ga bagus jadi agak luntur. Padahal saya pake dataprint sebelumnya ok ok aja

    1. Owch, begitu. Coba pakai SUN dong, boss πŸ˜€

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: