Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

7 Tips Touring yang Aman Saat Berkendara Naik Motor

Saat ini banyak kaula muda, terutama buat para pria yang jatuh cinta sama “touring motor”.  Entah karena ajakan temen, inisiatif sendiri ataupun memang ada acara yang sudah direncakan jauh-jauh hari buat touring bareng itu bisa sering kita temui, terutama pas malem minggu. Kebanyakan dari mereka tentu akan merencanakan berangkat pada malam hari atau tengah malam biar jalanan lebih sepi dan bisa cepat sampai tentunya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk berangkat pada pagi/siang hari juga sih, tergantung koordinasinya gimana juga hehehehe… 😀

Kamu juga wajib tahu tujuan touring kamu itu ke mana, trus acara rundown apa aja. Apalagi kalau tujuannya memang hanya camping, naik gunung atau ke tempat wisata yang enggak cukup jauh kaya di Bogor jadinya kan kamu bisa mempersiapkan diri mau ngapain aja di sana. Kamu juga bisa menjadikan referensi tempat wisata ini untuk masuk ke acara rundown, dan mungkin saja bakalan ada yang menyetujuinya. Nah kalau kamu baru pertama kali ikut touring bareng dan masih belum tahu apa aja yang harus dipersiapkan, kamu bisa membaca point-point berikut ini biar perjalanan kamu lebih aman & nyaman:

1.     Persiapkan Fisik & Mental untuk Perjalanan Jauh

prepare-your-self

Ini merupakan hal utama yang harus kamu ingat. Ketika kamu baru pertama kali melakukan touring apalagi menggunakan kendaraan bermotor, kamu harus menyiapkan diri dengan baik secara fisik dan mental. Istirahatlah yang cukup sebelum hari keberangkatan.

Jika tidak, maka kamu akan merasa cepat kelelahan dan mengantuk saat berkendara. Inilah yang menjadi masalah dan bisa membuat kecelakaan yang marak terjadi. Apalagi kamu belum mengenal pasti jalanan yang akan dilalui.

2.     Cek Komponen Kendaraan Kamu dengan Teliti

chek-kendaraan

Berbagai komponen pada mesin kendaraan bermotor wajib untuk kamu cek, apakah sudah ada yang harus diganti atau belum seperti kondisi lampu motor, kanpas rem, oli, ban motor, dan berbagai hal lainnya yang dianggap penting. Terlebih selama ini kamu sering menggunakan motor, jadi jika memang sudah saatnya mengganti oli ataupun kanpas rem motor, sebaiknya memang ganti dari sekarang agar tidak timbul masalah.

Perlu diingat bahwa perjalanan yang akan kamu lakukan adalah perjalanan yang jauh dan akan lebih baik apabila kamu melakukan service dulu agar nanti ketika sedang touring nanti, motor yang kamu kendarai tetap dalam kondisi yang prima.

3.     Lakukan Packing yang Wajar

travel-bag

Kamu bisa menyiapkan berbagai barang bawaan yang bisa menunjang kamu dalam perjalanan berserta dengan pakaian ganti dan hal lainnya yang dianggap perlu, namun tetap perhatikan jangan sampai berlebihan karena itu bisa menjadi beban berat saat kamu berkendara, lakukan packing sewajarnya saja.

4.     Bawa Obat  serta Kotak P3K

kota-p3k

Untuk yang satu ini jangan disepelekan juga, sebagai tindakan preventif sebaiknya bawalah obat-obatan dan kotak P3K apabila terjadi sesuatu hal yang buruk. Kamu bisa menyiapkannya dari jauh-jauh hari agar kamu tidak kelupaan nantinya.

5.     Jangan Lupa Berdoa

jangan-lupa-berdoa

Sebelum memulai keberangkatan, kalian wajib berdoa menurut kepercayaan dan agama masing-masing agar bisa dilancarkan dalam perjalanan hingga ke tempat tujuan dan selamat hingga di rumah masing-masing.

6.     Ingat Kode Etik & Patuhi

remember

Perlu kamu ketahui biasanya dalam melakukan touring itu akan ada yang memimpin dan ada juga yang bertugas memberi tanda/isyarat. Hal ini tentu akan diberitahukan sesaat sebelum berangkat ketika semua sudah berkumpul. Jadi ingat kode etik yang diberikan dan patuhilah, sehingga touring yang dilakukan tetap dalam kondisi yang aman. Jangan menyalip satu sama lain (jika tidak terjadi sesuatu yang urgent).

Hal utama dalam touring adalah membuat 1 barisan motor tetap terjaga keseimbangannya dan teratur sehingga tidak ada yang boleh saling mendahului ataupun bertindak seenaknya. Peraturan yang dibuat untuk keselamatan bersama.

7.     Selalu Perhatikan Situasi & Teman

becareful

Hal yang terakhir adalah kamu juga harus bisa membaca situasi. Jangan sampai ada teman yang tertinggal karena kamu terlalu bersemangat hingga lupa kalau ada orang yang mengikuti dibelakangmu.

Jaga jarak antara kamu dan pengedara depan supaya tidak terjadi rem mendadak yang bisa membahayakan. Pandai-pandailah dalam menilai situasi.

Nah ketika acara sudah selesai, kamu dan anggota yang lain juga bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mencari berbagai souvenir yang bisa dibawa pulang nantinya, sepertinya kaos, jaket, ataupun yang lainnya yang kamu rasa itu tidak berlebihan.

Nah itu semua adalah tips yang bisa kamu gunakan saat ingin melakukan touring.  Ingat keselamatan adalah hal yang utama. Thanks, semoga menginspirasi 😀

Updated: 20 December 2016 — 10:44 pm
Potret Bikers © 2017 Frontier Theme
%d bloggers like this: