Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Review Kualitas Tinta Refill : Tinta Blueprint VS Tinta SUN Premium NFI

Surabaya – PB baru saja membeli bekas sebuah printer dengan system inktank dari Epson, yaitu L200. karena PB membutuhkan printer yang mampu mengeprint dalam jumlah banyak, terutama untuk printing text dokumen. Karena peruntukannya lebih banyak untuk text dokumen, PB memilih mencari printer bekas yang masih layak pakai saja daripada membeli printer baru. Untungnya rejeki anak sholeh macam PB ya begini. Pas butuh ada yang jual L200 dengan harga yang murah dengan kondisi yang masih layak pakai, dengan semua fungsi masih berjalan normal dan layak. Benar-benar rejeki anak Sholeh… 😀

 SUN Indonesia 2

Berdasarkan pemilik sebelumnya, isi tinta yang ada saat itu adalah tinta refill merk Blueprint. Karena isinya tinggal sedikit dan memang sudah segera butuh direfill. Sekalian aja PB gunakan untuk review komparasi dengan tinta refill merk lain. Yang PB pilih sebagai komparasi dengan tinta merk Blueprint adalah tinta Premium NFI dari SUN Indonesia.

Sebagai gambaran untuk komparasi kali ini, tinta Blueprint dari promosinya merupakan tinta refill terbaik di Indonesia versi rekor Muri, yang diklaim Blueprint memiliki kualitas setara original. Sedangkan tinta SUN Premium NFI dari promosinya merupakan tinta kelas ekonomis dari SUN Indonesia, yang merupakan penyempurnaan dari tinta SUN Premium yang menawarkan peningkatan kualitas warna dan diklaim SUN aman bagi printerhead dengan harga tetap ekonomis.

Sebelum direfill dengan tinta baru, PB mengeprint 1 buah foto terlebih dahulu sebagai bahan komparasi alias pembanding dengan tinta baru nanti. Untuk selanjutnya bakal dikuras  habis dengan metode kuras tank dan cleaning untuk membersihkan sisa tinta lama pada selang dan headprint dengan bantuan seorang teman yang sudah berpengalaman. Kemudian diisi dengan tinta Premium NFI dari SUN Indonesia sebagai tinta perbandingan review kualitas.

Setelah menunggu sesuai anjuran petunjuk dari Epson untuk mendiamkan printer yang baru diisi beberapa saat. Setelah menunggu akhirnya printer ini siap, segera deh PB coba print gambar yang sama dengan settingan yang sama yaitu Epson Premium Glossy dengan setting photo. Hasil perbandingannya dapat dilihat seperti gambar hasil scan dari hasil printer dibawah ini.

SUN Indonesia 1

kesimpulan yang bisa PB ambil dari komparasi ini adalah untuk printer Epson L200 warna cetaknya lebih mendekati warna file foto asli pada saat menggunakan tinta Premium Ink NFI dibandingkan tinta Blueprint. Hasil pada tinta blueprint tampak lebih hijau kekuningan. Sangat nampak pada warna abu abu pada foto motor Yamaha Aerox 155VVA dan pada warna kulit mbak SPG import asal Rusia ini. 😀 Untuk Warna, Tinta merk SUN Premium NFI juga tampak lebih Vivid dan tajam, foto wajah mbak SPG tampak lebih hidup dan menarik, begitu pula bagian kulitnya tampak lebih menawan dan mempesona untuk diamat amati.

Untuk detail hasil cetakannya agak sulit dibandingkan, namun jika diamati lebih teliti hasil tinta SUN Premium NFI lebih tajam sedikit dibandingkan hasil cetak tinta Blueprint.

Kesimpulan finalnya adalah dari segi warna, PB sebagai seorang photographer yang memiliki jiwa seni, peka warna dan cerewet dengan mutu kualitas cetak lebih menyukai  dan memilih hasil cetak Tinta Premium NFI dari SUN Indonesia.

Sekali lagi SUN Indonesia memberikan hasil yang memuaskan PB, jika sebelumnya PB dipuaskan dengan performance REVO Smart Ink di printer lama PB, sebuah tinta cerdas anti ribet yang bisa untuk semua merk. Kali ini PB cukup puas dengan performa cetak tinta Premium NFI yang merupakan tinta kelas ekonomis dari SUN Indonesia. Walau Premium NFI merupakan tinta kelas ekonomis yang memiliki harga jauh dibawah kompetitornya, namun hasil kualitas cetaknya luar biasa.

Memang untuk kualitas tinta SUN Premium NFI ini masih dibawah kualitas cetak SUN REVO Smart Ink, tetapi sudah sangat jauh diatas kualitas tinta refill merk Branded lain dengan harga yang sangat terjangkau. Akan tetapi PB kedepannya akan memakai SUN REVO Smart Ink, dikarenakan saat ini PB memiliki 2 buah printer dengan merk yang berbeda yaitu canon & Epson. Pemilihan tinta REVO Smart Ink akan lebih praktis dan anti ribet, serta demi kualitas cetak foto-foto masterpiece milik PB haruslah dicetak menggunakan tinta terbaik. 😀 Thanks, Semoga menginformasi.

Pencarian Terkait:

7 Comments

Add a Comment
  1. aku sih pakai tinta genuine epson

    1. Saya pakai ini saja, soale kan lebih pas dikantong 😀

  2. info yang menarik kawan.

    1. Terimakasih,om…. 😀

  3. Saya pengguna blueprint (BP) sudah 6 tahun. Sebelum memilih memakai BP saya membandingkan dengan tinta sejenis dipasaran (sun di Pontianak tidak ada). Hasilnya blueprint terbaik untuk foto.

    Blueprint itu ada 2 tipe tinta (kalau gak salah) tipe TDX 200 ml untuk dokumen dan BP photo 100ml untuk photo.

    Dari hasil cetak foto yg dilampirkan menurut saya pengguna L200 sebelumnya menggunakan TDX 200ml. Itu jawabannya kenapa hasilnya berbeda (karena perbandingan bukan dengan tinta yg sekelas)

    Saya juga sangat tertarik mengenai produk Sun karena lengkap sekali. Tapi sayang di kota saya tidak ada.

    Terima Kasih.

    1. Kalau mau coba product SUN, mungkin bisa langsung beli di toko online(resi milik SUN) jadi bisa dikirim, begitu.. Terimakasih

  4. Setelah beberapa bulan ini pakai tinta sun , bagaimana , aman kah printer headnya?

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme
%d bloggers like this: