Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Decal Super Tipis untuk Modifikasi Tampilan

Surabaya – Beberapa hari lalu, bersamaan dengan membeli SUN Vinyl Sticker, PB juga membeli SUN Water Slide Decal. Keduanya merupakan produk baru dari SUN Indonesia. Untuk Water Slide Decal, PB baru saja sempat mencobanya. Sedikit tertunda karena PB belum pernah menggunakan water decal sebelumnya. Oleh sebab itu PB perlu waktu untuk mempelajarinya terlebih dulu mengenai water decal ini. Water decal ini beda banget dengan decal jenis lainnya. Untuk decal jenis lain yang biasa kita gunakan cara memakainya tinggal mengupas bagian belakang lalu menempelkannya. Nah untuk water decal ini perlu direndam dulu kedalam air agar dapat menempel. Unik & beda sekali kan? 

Keunikan lainnya dibandingkan dengan decal jenis lain adalah water decal sangat tipis sekali dengan bahan yang mirip gel saat basah, sehingga seakan-akan menjadi satu dengan bidang yang ditempelnya. Selain itu asalkan permukaannya licin meski melengkung sekali seperti rangka pipa motor water decal ini dapat melekat sempurna dengan hasil seperti dicatkan langsung diatasnya. Karena itu PB tertarik & penasaran sekali sehingga langsung membelinya bersama dengan Vinyl Sticker. Untuk review vinyl sticker yang PB tulis dapat baca disini.

Setelah mencari tahu lebih lanjut mengenai cara penggunaan water decal dan setelah cukup banyak membaca. Akhirnya PB berani untuk mencoba SUN Water Slide Decal ini, maklum ini pengalaman pertama PB dengan water decal. Sebagai awalnya PB akan mencoba memasangnya ke beberapa benda lain lebih dulu untuk percobaan. Pada percobaan pertama, karena PB kurang sabar saat memasang, sehingga decalnya sedikit mengkerut. Namun pada percobaan kedua & ketiga PB sudah berhasil mendapatkan hasil yang bagus. Sekarang PB sudah cukup pede untuk memasangnya ke body motor, tinggal mencari & mencetak desain yang cocok 😀

Untuk proses pembuatan decalnya sendiri dengan printer cukup mudah dan tinggal di print seperti biasa. Namun yang berbeda karena PB menggunakan REVO Ink yang merupakan tinta dye, sehingga perlu untuk dicoating menggunakan cat semprot clear terlebih dulu. Sesuai dengan petunjuk cara penggunaan yang ada di belakang kemasan. Untuk ukurannya tersedia dalam ukuran A4 dengan 2 pilihan yaitu white dengan dasar putih & opaque yang transparan.

Dari hasil percobaan PB dengan SUN Water Slide Decal ini, dapat disimpulkan bahwa hasil decalnya bagus sekali dan tidak terkesan seperti tempelan.  Hasil ini tercapai akibat decal ini sangat tipis sekali. Untuk proses mencetak decalnya cukup mudah, seperti cetak foto dengan printer inkjet. Yang perlu diperhatikan adalah proses pemasangannya harus teliti & berhati-hati agar rata, tidak ada yang mengkerut, & tidak ada gelembung. Dan untuk ini memang perlu berlatih terlebih dulu. Jadi untuk yang ingin mencoba Water Slide Decal, namun seperti PB tidak pernah memakai decal jenis ini sebelumnya. PB anjurkan untuk berlatih lebih dulu ke objek lain beberapa kali sebelum memasangnya ke objek yang diinginkan. Thanks, Semoga menginformasi.

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme
%d bloggers like this: