Cara Memperbaiki Starter elektrik Motor Yang Mati di Suzuki Spin 125 tahun 2007 !!

oleh

Surabaya – Sudah lama nggak berbagi tips soal motor, rasanya juga rada kaku 😆 So kali ini PB mencoba untuk berbagi pengalaman, mungkin ya bagi yang sudah senior tidaklah terlalu susah ketika motor tidak bisa menggunakan starter electric. Nah, kebetulan 2018 memang PB memutuskan untuk menjual semua aset R2 yang bisa dibilang baru-baru. Untuk ditukar tambah sama R4, karena memang kebutuhan keluarga yang sudah saatnya membutuhkan.

Switch Lampu Rem Belakang, cukup dibersihkan saja dengan kontak cleaner !! (Rexco 18 )

Nah, namanya manusia itu memang serba salah. Ketika sudah memiliki R4, gantian bingung ketika harus ke toko seberang desa atau ATM untuk keperluan sehari-hari. Nggak nyaman kalau selalu ber-R4, so butuh motor lagi untuk menunjang kebutuhan ini. Walhasil, PB memutuskan untuk membeli motor yang sudah cukup uzur umurnya dan yang penting kejangkau dengan uang tabungan yang ada. Yakni Suzuki Spin 125, so kondisi apa adanya. Kudu ada yang dibenahi sana-sini, termasuk Double Starter / Elektrik Starter yang tidak berfungsi. Padahal accu sudah dibelikan baru, so harus apa lagi ini yang diperlukan??

 

Chek Switch lampu rem depan, ternyata beneran sudah karatan dan rapuh. Artinya tidak bisa ditolong, harus ganti switch lamp break ini. Namun karena sudah sore kejadiannya, piranti semacam ini biasanya tak semua toko sparepart ada, pasalnya memang jarang rusatk kalau tidak karena umur yang sudah uzur. So coba di jumper (gambar diatas), kontak ON, pencet tombol starter elektrik, Jreeenngg!! Nyala, baiklah berarti relay, dinamo, bendik starter aman semua, hanya soale switch lamp saja. Karena memang kebanyakan kasus kalau motor skutik, ya di ininya yang bermasalah. Pasalnya untuk menggunakan starter elektrik, wajib menarik tuas rem depan/belakang.

Karena switch rem depan sudah tidak bisa di tolong lagi, walhasil memaksimalkan switch rem yang belakang saja. Sembari jalan, mungkin nanti akan dapat sparepartnya. So tinggal comot dan diganti baru saja, sementara menggunakan rem kiri ( rem belakang ) untuk di tarik saat men-starter elektrik si Suzuki Spin 125 ini. Begitulah tips sederhana ini, mungkin kawan-kawan pembaca bisa mencoba di motornya yang memiliki masalah sama. Eitss..ini hanya untuk motor Skutik ya, Thanks 😉

 


Follow PotretBikers On :

 

Instagram     : potretbikers
FansPage     : PotretBikers
FaceBook     : Gesang Potret Bikers
Twitter          : @gesang86
E-mail           :gesanghidayat@gmail.com
WhatsApp   : 081 290 2727 00
BBM             : D66D69DA

4 thoughts on “Cara Memperbaiki Starter elektrik Motor Yang Mati di Suzuki Spin 125 tahun 2007 !!

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!