Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Komparasi Test Print Menggunakan 3 Merk Tinta berbeda – SUN REVO vs Blueprint vs E-print

Surabaya – Sudah pada tahu dong tentunya, kalau PB suka sekali dengan jalan-jalan atau biasa lebih familier disebut dengan touring. Meskipun single touring, tapi tetap be happy.  Nah dengan demikian banyak banget tentunya photo-photo kenangan saat singgah ditempat yang asing namun terindah tentunya, dengan demikian dari sinilah PB cetak buat dikasihkan keponakan di rumah Blitar sana. Kenapa begitu, biasalah bertujuan ingin berbagi bahwa masa muda omnya itu sangat indah dan menarik. Kali saja ada generasi penerus yang bisa menjejaki hobby omnya, hehhee.. 😀 nah dengan demikin, banyak juga tinta printer yang PB gunakan untuk mencetak photonya. Maka dari itu, PB share sedemikian rupa sehingga. Biar bisa menginformasi kepada kawan-kawan pembaca lainya 😉

Sun TInta Printer

Untuk komparasi ketiga tinta ini, mesin pencetaknya, a.k.a printer menggunakan 1 printer milik PB pribadi. Maklum bukan kios percetakan, so printernya Cuma satu saja 😆 yaitu Canon Pixma MG 2570. Printer murah meriah, namun cukup memenuhi kebutuhan PB dalam mengisi dunia jurnalis. Berikut dibawah ini urutanya untuk testimoni tinta printernya, dimulai dari :

E-print
Pro :
+ Harga paling murah, ramah dikantong saat membeli. Harganya terendah dari ketiga merk yang pernah dicoba ini.
+ Tinta ini sangat mudah dicari dan didapatkan di mana saja.

 

Con :

– Warna tidak cerah dan tidak mirip dengan warna foto sebenarnya, hasil cetak sangat berbeda dengan karakter tinta original.

– Hasil cetak tidak tahan lama, mudah pudar karena terkena sinar matahari atau panas. Karena tidak dilengkapi dengan UV Protection.
– Tidak cepat kering saat mencetak. Sehingga seringkali mbelobor luntur terkena jari tangan atau benda lain saat keluar dari mesin printer.

-Beberapa kali mesin printer jadi ngadat dan buntu akibat penggunaan tinta ini, perlu seringkali menjalankan fitur head clean dari software printer berulangkali yang banyak membuang tinta. Kadang mesin juga harus diservis dan dibersihkan pada bagian headnya oleh teknisi printer. (maunya ekonomis malah bikin kantong jebol)

– Tinta harus menyesuaikan jenis dan merk printer. Bagi yang memiliki beberapa printer yang berbeda merk dan type tentunya akan sangat merepotkan dan juga boros.

 

Kesimpulan : sebenarnya jadi tidak terlalu ekonomis, karena pada akhirnya seringkali harus mengeprint ulang akibat kelunturan atau tinta mbelobor. Mengeprint ulang ini terasa sangat boros saat mengeprint foto menggunankan kertas foto yang harganya tiap lembar cukup mahal dibanding kertas lainnya. Belum lagi biaya yang timbul karena harus servis printer yang ngadat akibat buntu oleh tinta. Terakhir, karena hasil print tidak memuaskan, tidak tahan lama dan kurang banget warnanya, jadi PB memutuskan untuk putus hubungan dengan tinta ini.

 

Blueprint
Pro :

+ Warna hasil cetak untuk foto cukup cerah dan sedikit mirip jika dibandingkan dengan hasil cetak menggunakan tinta original. Hanya saja cenderung lebih merah dan lebih gelap. Terutama untuk warna warna kulit saat terkena pencahayaan.
+ Tinta ini cukup cepat kering saat mencetak. Kejadian hasil cetak luntur akibat dipegang atau terkena benda lain (seperti kertas berikutnya) saat baru keluar dari mesin printer lebih minim terjadi dibandingkan saat menggunakan tinta E-print. Akan tetapi jika dibandingkan dengan tinta original ya masih cukup berbeda, tinta original jauh lebih cepat kering.

+ Harga masih terjangkau walau jauh lebih mahal dari tinta E-Print. Namun printer lebih jarang ngadat dibanding E-print. Masalah selama ini dapat diselesaikan dengan fitur head clean berulangkali dari software printer. Tidak perlu sering-sering ke tempat service. Namun juga melelahkan karena masih harus sering rajin head clean.

+ Tinta ini sangat mudah dicari dan didapatkan di mana saja, sayangnya harganya sangat variatif antar toko satu dengan toko lainnya. Hati-hati saat membeli jangan sampai anda terjerumus membayar lebih mahal.
Con:

– Hasil foto cepat pudar dan tidak tahan lama jika diletakkan dekat dengan jendela dan sering terkena sinar matahari.

– Harga lebih mahal dari E-print.

– Tinta masih harus menyesuaikan jenis dan merk printer. Bagi yang memiliki beberapa printer yang berbeda type dan merk printer tentunya menjadi merepotkan dan juga boros.

Kesimpulan : Performance hasil cetak termasuk cukup dan masalah printer yang timbul selama menggunakan tinta ini masih dalam batas yang dapat ditoleransi. (sebagai substitute tinta original yang sangat mahal). Sayangnya foto-foto yang dipajang di pigura termasuk cepat pudar terkena sinar matahari yang masuk ke rumah dibandingkan dengan foto yang dicetak dengan tinta original printer. Karena PB belum cukup puas dengan hasilnya, dikarenakan sebagai seorang Blogger, Biker & Photographer PB tentunya memiliki idealisme akan kualitas hasil cetak foto yang sebaik mungkin dan semirip mungkin jika dibandingkan dengan tinta original, maka PB pun masih beralih mencari merk tinta yang lebih baik.

 

 

SUN REVO
Pro :
+ Warna hasil cetaknya cerah dan sangat mirip jika dibandingkan dengan hasil cetak tinta original. Pada beberapa kondisi pemotretan foto terutama outdoor landscape pemandangan alam, bahkan terasa tinta SUN Revo ini hasilnya lebih baik dibanding tinta original mesin printer, lebih mirip foto aslinya pada hasil digital camera.

+ Warna hasil cetak lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan 2 merk tinta lainnya, (setara tinta original) terutama jika foto hasil cetak diletakkan didekat jendela dan dapat terkena sinar matahari. Karena sudah dilengkapi dengan UV Protection yang Baik dan Berkualitas.
+ Tinta cepat kering saat mencetak. Kejadian hasil cetak luntur akibat dipegang atau terkena benda lain (seperti kertas berikutnya) saat baru keluar dari mesin printer sudah dapat dikatakan tidak terjadi lagi., walau jika dibanding tinta original masih sedikit lebih cepat kering tinta original.

+ Selama menggunakan tinta ini, Printer yang PB gunakan sangat jarang mengalami ngadat, hampir mirip dengan pengalaman saat menggunakan tinta original bawaan mesin printer.

+ Lebih memudahkan karena dapat langsung digunakan untuk semua merk printer. Jika sebelumnya harus membeli 2/3 set (Warna CMYK) dengan jenis tinta berbeda karena printer yang ada beda merk. Sekarang cukup membeli 1 set (Warna CMYK) saja sudah bisa digunakan untuk 2/3 printer berbeda yang dimiliki.

+ Sangat cocok untuk usaha pengeprintan kecil kecilan atau untuk kantor/organisasi yang memiliki printer lebih dari 2 dengan merk dan type yang tidak sama.

+ Harga masih terjangkau di kantong, setara dengan harga tinta Blueprint, akan tetapi dengan berbagai keunggulan yang jauh lebih baik, hasil cetaknya setara atau bahkan lebih baik dibanding tinta Original Printer. Sehingga dapat dikatakan tinta ini jauh lebih Value for Money. Apalagi jika memiliki 2 atau lebih printer dengan merk dan type yang berbeda.

+ Bentuk botol mudah untuk dituang ke printer dengan system infus. Jadi tangan PB tidak belepotan tinta lagi saat proses refill.
Con:

– Barang ini Sangat Susah dicari dan didapatkan di toko-toko alat-alat printer, untungnya masih tersedia di berbagai market place dan toko-toko online yang memiliki rekber.

 

Kesimpulan : Setelah memakai selama 6 bulan, PB merasa sangat puas dengan hasil cetak menggunakan tinta SUN Revo ini. Hasil cetaknya setara dengan tinta original bawaan mesin printer, bahkan untuk beberapa kondisi pemotretan hasilnya lebih mendekati real dan alami sesuai yang diinginkan oleh PB dibandingkan dengan tinta original mesin. Sayangnya produk satu ini sangat-sangat susah ditemukan di toko. Semoga kedepannya barang yang bagus ini terdistribusi dengan baik dan merata di berbagai toko, sehingga memudahkan konsumen. PB sendiri terpaksa harus membeli secara Online di marketplace.

 

Buat kawan-kawan blogger tentunya sudah biasa sekali membeli secara OnLine, namun untuk yang nggak biasa membeli secara OnLine suatu barang. Tidak usah khawatir, soalnya ada di berbagai marketplace terkenal dan juga ada web resminya. Jadi selalu aman jaya sentosa untuk traknsaksinya, buat kawan-kawan yang ada disekitaran Surabaya mah tinggal sambangi kiosnya ada di Sun Center Surabaya, yang berada di Hi Tech Mall (THR) Lantai 1 D, no.22-23 – Surabaya, telp : 031 – 5459380. Semoga bisa menginformasi, Thanks 😀

19 Comments

Add a Comment
  1. Ane biasa pake tinta Blue print sih Kang. Emang seh kurang puas ama kualitasnya selama ini jauh hasilna kalao sama tinta ori. Hasil print lebih kemerahan dan cepet berubah warnanya Kang. Tapi emang murah cocok ama kantong anak kost makanya gag pake yang original lagi… wk k k Belina di toko tetangga samping kost.

    Kalau ada yang sama murahnya tapi jauh lebih baik ya ane siap coba Kang. Thank U atas referensinya Kang. Jadi pingin coba tinta Sun revo

    Komparasi kertas juga donk Kang. Ditunggu ya.

    1. Sama-smaa…senang bisa membantu 😉

  2. Tampilan baru lebih segar ? wuzzz wuzzz kencang.

    Sekalian mau coba tinta baru ulasan Maz Bro PB yang ramah dikantong tapi juga Kualitas maknyuss. Sun revo …catet dah.

    Selama ini soalnya pake tinta merk e-p**** malah tekor printernya yang masuk bengkel bolak balik.

    1. Waoow…mantabb, thanks you 😉 #Semoga bermanfaat 😀

  3. Saya pernah pakai tinta SUN premium NFI, pernah coba juga tinta Blueprint dan tinta Alfa ink. Cocoknya pakai SUN premium NFI, tinta Blueprint terlalu gelap dan kemerahan, tinta Alfa ink sering bikin Head tersumbat walau warna lebih cerah dari pada Blueprint. Kalau SUN NFI pas warnanya cerah dan seperti foto aslinya juga aman di print Head.

    Kalau SUN Revo belum pernah coba pakai. Mungkin nantinya saya akan coba Revo. Harusnya lebih bagus yang Revo khan.

    Itu kalau dari pengalaman saya.

  4. Pengen coba, tapi di bengkulu dimana bisa beli?

    1. Bisa transaksi OnLine kok, itu ada LINKnya keWebsite resmi…

  5. mudah2an ini tinta yg saya cari selama ini…..

    1. Amin, semoga berguna 😀

  6. Print foto di kertas glossy tidak pudar yah? Kuat berapa lama sobat ?

    1. Sampai saat ini, mulai sejak tertulis artikel…masih aman-aman saja,om 😉

    2. Sejak artikel muncul, hingga saat ini…aman-aman saja 😉

  7. Kalau tinta sun revo dicampur dengan tinta ori yang masih ada di tank printer bisa nggak mas?

    1. Ada lebih aman dan baiknya, tetap dikuras dulu yang dalam tank. Kalau dikatrid, sisa-sisa dikit ndak masalah.

  8. buat printer brother bisa tidak

    1. Selama printer jenis injeksi… bisa

  9. Menjatuhkan product laen dan mengangkat product sun revo..baru denger sama product ini..hmm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme