Review Kualitas Tinta Refill : Tinta Blueprint VS Tinta SUN Premium NFI

oleh -1.511 views

Surabaya – PB baru saja membeli bekas sebuah printer dengan system inktank dari Epson, yaitu L200. karena PB membutuhkan printer yang mampu mengeprint dalam jumlah banyak, terutama untuk printing text dokumen. Karena peruntukannya lebih banyak untuk text dokumen, PB memilih mencari printer bekas yang masih layak pakai saja daripada membeli printer baru. Untungnya rejeki anak sholeh macam PB ya begini. Pas butuh ada yang jual L200 dengan harga yang murah dengan kondisi yang masih layak pakai, dengan semua fungsi masih berjalan normal dan layak. Benar-benar rejeki anak Sholehβ€¦Β πŸ˜€

Β SUN Indonesia 2

Berdasarkan pemilik sebelumnya, isi tinta yang ada saat itu adalah tinta refill merk Blueprint. Karena isinya tinggal sedikit dan memang sudah segera butuh direfill. Sekalian aja PB gunakan untuk review komparasi dengan tinta refill merk lain. Yang PB pilih sebagai komparasi dengan tinta merk Blueprint adalah tinta Premium NFI dari SUN Indonesia.

Sebagai gambaran untuk komparasi kali ini, tinta Blueprint dari promosinya merupakan tinta refill terbaik di Indonesia versi rekor Muri, yang diklaim Blueprint memiliki kualitas setara original. Sedangkan tinta SUN Premium NFI dari promosinya merupakan tinta kelas ekonomis dari SUN Indonesia, yang merupakan penyempurnaan dari tinta SUN Premium yang menawarkan peningkatan kualitas warna dan diklaim SUN aman bagi printerhead dengan harga tetap ekonomis.

Sebelum direfill dengan tinta baru, PB mengeprint 1 buah foto terlebih dahulu sebagai bahan komparasi alias pembanding dengan tinta baru nanti. Untuk selanjutnya bakal dikuras Β habis dengan metode kuras tank dan cleaning untuk membersihkan sisa tinta lama pada selang dan headprint dengan bantuan seorang teman yang sudah berpengalaman. Kemudian diisi dengan tinta Premium NFI dari SUN Indonesia sebagai tinta perbandingan review kualitas.

Setelah menunggu sesuai anjuran petunjuk dari Epson untuk mendiamkan printer yang baru diisi beberapa saat. Setelah menunggu akhirnya printer ini siap, segera deh PB coba print gambar yang sama dengan settingan yang sama yaitu Epson Premium Glossy dengan setting photo. Hasil perbandingannya dapat dilihat seperti gambar hasil scan dari hasil printer dibawah ini.

SUN Indonesia 1

kesimpulan yang bisa PB ambil dari komparasi ini adalah untuk printer Epson L200 warna cetaknya lebih mendekati warna file foto asli pada saat menggunakan tinta Premium Ink NFI dibandingkan tinta Blueprint. Hasil pada tinta blueprint tampak lebih hijau kekuningan. Sangat nampak pada warna abu abu pada foto motor Yamaha Aerox 155VVA dan pada warna kulit mbak SPG import asal Rusia ini. πŸ˜€Β Untuk Warna, Tinta merk SUN Premium NFI juga tampak lebih Vivid dan tajam, foto wajah mbak SPG tampak lebih hidup dan menarik, begitu pula bagian kulitnya tampak lebih menawan dan mempesona untuk diamat amati.

Untuk detail hasil cetakannya agak sulit dibandingkan, namun jika diamati lebih teliti hasil tinta SUN Premium NFI lebih tajam sedikit dibandingkan hasil cetak tinta Blueprint.

Kesimpulan finalnya adalah dari segi warna, PB sebagai seorang photographer yang memiliki jiwa seni, peka warna dan cerewet dengan mutu kualitas cetak lebih menyukai Β dan memilih hasil cetak Tinta Premium NFI dari SUN Indonesia.

Sekali lagi SUN Indonesia memberikan hasil yang memuaskan PB, jika sebelumnya PB dipuaskan dengan performance REVO Smart Ink di printer lama PB, sebuah tinta cerdas anti ribet yang bisa untuk semua merk. Kali ini PB cukup puas dengan performa cetak tinta Premium NFI yang merupakan tinta kelas ekonomis dari SUN Indonesia. Walau Premium NFI merupakan tinta kelas ekonomis yang memiliki harga jauh dibawah kompetitornya, namun hasil kualitas cetaknya luar biasa.

Memang untuk kualitas tinta SUN Premium NFI ini masih dibawah kualitas cetak SUN REVO Smart Ink, tetapi sudah sangat jauh diatas kualitas tinta refill merk Branded lain dengan harga yang sangat terjangkau. Akan tetapi PB kedepannya akan memakai SUN REVO Smart Ink, dikarenakan saat ini PB memiliki 2 buah printer dengan merk yang berbeda yaitu canon & Epson. Pemilihan tinta REVO Smart Ink akan lebih praktis dan anti ribet, serta demi kualitas cetak foto-foto masterpiece milik PB haruslah dicetak menggunakan tinta terbaik.Β πŸ˜€ Thanks, Semoga menginformasi.

84 thoughts on “Review Kualitas Tinta Refill : Tinta Blueprint VS Tinta SUN Premium NFI

  1. Saya pengguna blueprint (BP) sudah 6 tahun. Sebelum memilih memakai BP saya membandingkan dengan tinta sejenis dipasaran (sun di Pontianak tidak ada). Hasilnya blueprint terbaik untuk foto.

    Blueprint itu ada 2 tipe tinta (kalau gak salah) tipe TDX 200 ml untuk dokumen dan BP photo 100ml untuk photo.

    Dari hasil cetak foto yg dilampirkan menurut saya pengguna L200 sebelumnya menggunakan TDX 200ml. Itu jawabannya kenapa hasilnya berbeda (karena perbandingan bukan dengan tinta yg sekelas)

    Saya juga sangat tertarik mengenai produk Sun karena lengkap sekali. Tapi sayang di kota saya tidak ada.

    Terima Kasih.

    1. Kalau mau coba product SUN, mungkin bisa langsung beli di toko online(resi milik SUN) jadi bisa dikirim, begitu.. Terimakasih

  2. jujur baru kali ini print gambar oretΒ² di psd dan cdr warna dan hasil sesuai monitor (belum pernah kalibrasi layar warna) pakai produk sun premium, canon mp237 beli seken plus tinta di tabung infus
    kata penjual printer seken tinta nya sun, josss gandos

  3. Warnanya lebih gelap punyaku, dan saya rasa harus kalibrasi monitor. Hmmm
    Padahal foto asli udah terang langsung di print malah lebih gelap hasilnya, ada saran harus diapakan selain di kalibrasi? Soalnya saya cetak di banner warnanya sama, sedangkan dengan sun lebih gelap. Transparan gak kayak transparan.

    1. Bisa juga beda printer, akan menjadikan beda hasilnya. Tapi untuk konsultasi lebih lanjut, langsung saja WA ke nomor >> 08971296511 (Biar langsung ditangani ahlinya)

  4. Saya baru beli tinta Blueprint, hasil cetaknya jelek, warna hitam jadi coklat.

    Saya coba klaim garansi tapi tidak ada balasan sama sekali ketika saya hubungi via email, dan facebook-nya.

    Kecewa banget, makanya saya mau coba tinta Sun REVO soalnya reviewnya bagus semua.

    Padahal dulu Blueprint bagus, sebelum ada gimmick garansi dan tantangan 1x kesempatan, kalau jelek mereka katanya bersedia refund/uang kembali.

    Mestinya kalau berani kasih garansi, kan artinya kualitasnya makin bagus lagi daripada saat belum berani kasih garansi.

    Sayang banget saya baru beli, kecewa banget.

    Ternyata Blueprint sudah kalah saing dengan SUN, saya cari di Internet, rata-rata reviewnya membandingkan antara SUN dengan Blueprint, artinya Blueprint ini merek tinta yang populer banget.

    Termasuk saya yang ketika ingin beli tinta, merek pertama yang muncul di benak saya adalah Blueprint, dulu terakhir saya pakai Blueprint di tahun 2012, kualitasnya bagus, sekarang tahun 2019, kualitasnya jelek, selama ini saya pakai tinta original sih.

    Tapi masalah warna hitam jadi coklat itu tidak bisa diterima.

    Oh ya, warna hitam dihasilkan dari pencampuran warna Cyan, Magenta, dan Yellow.

    Soalnya printer saya untuk warna Black dia pakai jenis tinta Pigment.

    1. Turut berbela sungkawa, ini review real beberapa tahun lalu. Jikalau mungkin ada perubahan dizaman sekarang, saya juga gak paham. SOalnya kemarin datang lagi ke pusatnya berada di Hitech mall, s udah tutup juga maind dealernya. πŸ™

  5. Alhamdulillah pihak Blueprint sudah merespon, baik banget responnya (tapi petingginya yang baik dan asik dalam menanggapi), dan saya dijanjikan untuk refund (Saat komen ini saya tulis, saya belum dapat uang saya kembali).

    Tapi karena masalah ini, saya tidak pakai tinta merek Blueprint lagi.

    Tinta yang terlanjur beli pun saya berinisiatif untuk mengeluarkannya dari tangki tinta infus ke botol asalnya, dan akan saya kirim ke pihak Blueprint untuk diteliti.

    Sekarang sistem infus printer saya sudah bersih saya kuras.

    Sangat disayangkan kualitas tinta Blueprint menurun.

    Soalnya tinta Blueprint ini mudah banget didapatkan di kota saya, dan dulu kualitasnya bagus, sekarang di batch yang baru ternyata akurasi warnanya jelek, khususnya warna hitam dari gabungan cyan magenta yellow.

    Harusnya jadi hitam, tapi malah coklat.

    Saat ini saya akan coba merek SUN Revo Ink dan SUN Black Pigment di printer HP saya.

    Soalnya mereka mengklaim bisa kirim tinta/cairan ke seluruh Indonesia.

    Pihak Blueprint menyesalkan masalah tinta mereka itu dan sudah minta maaf.

      1. Sudah cair pembayaran refund-nya gan, saya salut dengan after salesnya.

        Mereka punya passion belajar dari kesalahan, sangat menerima dengan senang hati dan lapang dada keluhan, kritik dan saran dari pengguna produk mereka.

        Jadi garansi yang mereka berikan itu bukan marketing gimmick, memang beneran komitmen mereka untuk memberikan yang terbaik untuk pengguna produk mereka.

        1. Alhamdulillah, mantabbb…ganπŸ‘πŸ‘πŸ‘ Saya sudah lama juga belum pakai selain milik EPSON, karena masih free kemarin belum habis.πŸ˜‰πŸ‘

          1. Saya sekarang mau coba tinta SUN yang Revo untuk CMY, dan SUN Pigment untuk Black.

            Nanti saya komen lagi gimana hasilnya, gimana hasil print warna hitam dari kombinasi cyan magenta yellow.

            Mau gk mau mesti beralih merek tinta gan, soalnya yang Blueprint bermasalah, semoga batch produksi selanjutnya sudah diperbaiki, soalnya Blueprint mudah didapatkan di kota saya, sedangkan SUN harus beli online, kirim diluar jawa, saya di kalimantan selatan, berhubung pihak SUN Indonesia bisa ngirim tinta/cairan ke seluruh Indonesia.

            Pas banget dimana-mana SUN sering dibandingkan dengan Blueprint.

            1. Wach, mantab. Ditunggu reviewnya,gan..πŸ˜‰πŸ‘

              Iya bener, SUN bisa transaksi OnLine diWEB resminya, dan bisa kirim all Indonesia. πŸ‘

              1. Iya, di web resminya dikasih keterangan ekspedisi mana saja yang bisa kirim cairan dan mana yang tidak bisa, dan jika order di web resminya, sudah dapat kartu membership (sunme) yang ngasih banyak benefit.

                Oh ya, saya belinya di shopee, soalnya diskon, dan subsidi ongkir, meski gk dapat kartu membership (next order saja jika saya puas dengan tinta SUN ini), diskon di shopee menurut saya ya potongan biaya membership itu, haha

              2. Owch, kalau diShoope gak dapat ya. Kirain dapat..Hehehe,

                Saya deket dengan tokonya dulu,gan. Jadi beli langsung saja. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

          2. Oh ya saya pakai printer HP lawas seri 2520hc dan 2060, bukan Epson.

            Menurut penilaian saya, Blueprint sekarang lebih fokus ke Epson dan Canon, sedangkan HP jadi asal ada saja.

              1. Itu printer lama saya saat masih kuliah dulu, masih berfungsi normal, jadi mau saya bisniskan jasa cetak dokumen.

                Kasihan di desa saya para pelajar dikenakan biaya 1rb per lembar untuk cetak hitam, 2rb per lembar untuk cetak warna.

                Saya mau ngambil berkahnya aja, soalnya sekarang saya punya usaha depot isi ulang air minum sekaligus toko kelontong, sekalian jualan pulsa, nah mau sekalian jasa print dokumen.

                Untuk cetak foto masih belum, soalnya printer HP tidak optimal untuk cetak foto.

                Nah biar kata cuma buat cetak dokumen, saya masih tidak mentoleransi ketidakakuratan cetak warna, apalagi extreme banget, hitam jadi coklat πŸ˜€

              2. Nah, bener. Meskipun dokumen, setidaknya akurasi warna tetap harus diperhatikan. Walaupun tidak 100%..paling tidak kan bisa 95% sudah cukup.

                Nah, saya pakai Epson karena ngejar cetak photo. Walaupun tidak bisnis, tapi saya memang hobbynya saja. Karena Canon yang ini ( dalam dalam artikel). Sudah rusak…🀣🀣🀣🀣

        1. KurLeb demikian mungkinπŸ™ŠπŸ™ŠHehehe, semoga saja cocok. Karena SUN ada banyak macam juga tintanya, kertasnya,dll.

            1. Coba aja dulu, siapa tau cocok. Kalau gak, anggap saja lagi eksperimen…HahahahπŸ˜…πŸ€£πŸ˜…πŸ˜…

              1. Ya semoga saja cocok, diantaranya…πŸ˜…πŸ‘siapa tau yang lama juga berbenah

              2. Iya, satu-satunya cara ya coba langsung,,, kalau sudah cocok, kemungkinan saya gk bakalan kembali pakai Blueprint, soalnya beresiko kebeli yg bermsalah itu lagi, stock lama.

              3. Nah, siep..semoga cepat datang. Serta bisa berbagi info kembali disini dari hasilnya.. πŸ‘

              4. Sip, biar clear,,, nah tinta merek SUN ini menarik untuk direview di blog saya, kalau yang Blueprint sudah clear, gk etis kalau saya review apalagi saya bandingkan dengan SUN, soalnya sudah direfund.

              5. Hahaha, nah…kalau gitu tinggal tunggu datang.🀣🀣

              6. Agak khawatir sih merilis artikel itu, soalnya tinta non-original merek lain yang mau ditest aja masih dalam proses pengiriman πŸ˜€

              7. Nah, sabar ditunggu aja dulu. Sekalian komparasi..😁😁😁

              8. Paketnya sudah sampai, sudah bisa saya komparasi, tapi gk enak rasanya gan untuk dibahas lagi lebih lanjut apalagi dicompare, soalnya pihak Blueprint sudah kompensasi kekecewaan saya melalui garansi uang kembalinya.

                Jadi saya gk mau buka ke publik untuk gimana-gimananya secara detail.

                Artikel yang itu juga tidak jadi saya publish, meski tidak menyebut merek tinta apa pun di artikel tersebut, murni isinya kegalauan saya untuk nyari tinta non-original untuk printer HP saat ini, dimana semua toko menjual varian untuk Canon, Epson, dan Brother saja, cuma satu toko yang menjual untuk HP, itu pun merek Blueprint saja, karena toko itu agen besar Blueprint untuk wilayah provinsi saya gan.

                Makanya untuk mencoba tinta SUN Revo saja saya harus order online gan, karena di daerah saya sama sekali belum masuk distribusinya.

                Intinya sih, saya puas dengan tinta SUN, baik Revo CMY maupun Black Pigment.

                Kedepannya saya akan selalu pakai SUN Revo CMY dan Black Pigment (Kalimat ini sudah mewakili kesimpulan saya gimana).

                Udah terbukti oleh saya pribadi baik kemampuan mereka mengirim produk tinta mereka ke alamat saya diluar pulau jawa, maupun kualitas produk tinta mereka.

              9. Mantab, berarti hasil tulisan artikel saya masih sama manfaatnya kalau demikian. πŸ˜…πŸ‘πŸ‘πŸ‘

                Mantab, sukses selalu gan….πŸ‘

              10. Salam,Blogger balik gan…πŸ™πŸ‘πŸ˜… gpp introvet,karena memang saking sibuknya. So maklum saja, kadang saya juga demikian… Kalau pas banyak urusanπŸ™πŸ‘

              11. Sip, oh ya gan, saya amati sepertinya tinta SUN itu banyak direview blogger otomotif/biker yah πŸ˜€

                Wah tintanya para biker nih πŸ˜€

              12. Hahaha, kebetulan aja sepertinya. Pusatnya SUN kan di Jatim, nah Blogger diJatim yang aktif memang kalangan Otomotif.. #CMIIWπŸ™πŸ˜…

              13. Saya juga dikira blogger otomotif, karena mayorita artikel saya bahas otomotif, tapi lebih ke teknis dan oprekan DIY, bukan liputan/news,,,

                Pada akhirnya usaha saya justru gk ada kaitannya sama sekali dengan dunia otomotif πŸ˜€

              14. Hahaha, gpp…dulu saya malah sekolah jurusan Teknik Gambar Bangunan, karena Hobby…jadinya lecemplung didunia Otomotif.

                Pernah jadi Mekanik, Kepala Bengkel,dll. Intinya lama berkecimpung di dunia Otomotif. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

              15. Saya jurusan komputer gan, haha

                Karena hobi juga, sampai kerja di perusahaan IT, bolak-balik instansi pemerintahan buat garap proyek IT.

                Sempat jadi sound engineer juga.

                Pada akhirnya nyemplung di Water Treatment, buka usaha depot isi ulang air minum.

                Nyemplung di otomotif cuma karena sepeda motor saya banyak masalah bawaan pabrik, karena pada dasarnya saya analis dan peneliti, itu motor jadi subjek penelitian, ketika sudah final, dihitung2 lebih mahal biaya risetnya, tapi akhirnya bagus sampai sayang untuk dijual, mending nambah aja, selain dapat ilmu otomotif juga.

                Boros demi ilmu itu baik soalnya πŸ˜€

                Ribet gan jadi rider peka,,, enak jadi rider matirasa, gk repot πŸ˜€

              16. Hahaha, sama…saya juga termasuk rider peka. Bahkan sampai punya tagline, Aku Harus bisa Atau punya alat untuk sekedar buka – tutup kendaraan saya gunakan. Walhasil tools – tools saya cukup lengkap, berasa kaya bengkel. Cuma belum buka aja…Hahahaa

                🀣🀣🀣🀣🀣

              17. Sama gan, saya mending beli alatnya, misal untuk buka CVT di bengkel saja disini ongkosnya 35rb,,, bisa bangkrut saya riset CVT kalau ke bengkel, soalnya sering bongkar.

              18. Wach, masih murah kalau 35.000,- kalau di BeRes Honda tempat saya kerja dulu Rp.60.000,- jasa bongkar – pasang area CVT..🀣🀣🀣🀣

              19. Gak juga, special toolsnya apa sich? Saya punya semua kok diToolsBox…Hehehe, gak ada yang special.

                Bukan OverHole, kalau OverHole ndak salah malah 150.000-200.000 jasanya saja. Belum sparepart, dll.

              20. Ya alhamdulillah, kalau saya getar dikit langsung ambil toolkit + kompresor…jadi dech, bengkel dadakan…Hahaha🀣🀣🀣🀣

              21. Artikel itu sekedar sharing kegalaun saya nyari tinta non-original untuk printer HP sekarang ini, gk kayak dulu, bahkan merek yang sudah terbukti dulu, sekarang sudah berubah.

              22. Nah, banyak hal demikian. Terutama didunia Otomotif, produk dulu mantab…sekarang beneran canggih fiturnya, tapi durability…sangat menurun 😌😌😌

              23. Kalau otomotif, itu efek dari sudah banyaknya bengkel dimana-mana, spare part mudah banget didapatkan dan tersedia banyak gan.

                Sedangkan apa-apa untuk material dan biaya produksi sekarang sudah mahal, jadi ada cost reduction.

                Dan, lifespan-nya sudah sebentar, tiap tahun keluar versi baru, udah ibarat smartphone saja.

              24. Tul sekali, ngejar quantity sekarang…mulai menomor duakan quality, demi cuan yang banyak…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

  6. Iya, saya juga suka cetak foto keperluan pribadi gan, rambut hitam saya jadi coklat kemerahan, kan lucu, haha

    Yah yang namanya punya printer ya pasti sesekali dipakai juga untuk cetak foto, dan itu masalah jika CMY nya tidak bisa menghasilkan warna hitam yang benar, soalnya printer saya ini untuk yang hitam dia jenis Pigment, tidak bisa dipakai di kertas foto.

    1. Hahaha , bener…kalau terlalu jauh hasilnya warna. Itu bikin masalah..🀣🀣🀣

      1. Dulu akurat gan, sekarang kok beda, makanya saya komplain, sisa tintanya saya retur, kirim balik ke mereka biar diteliti masalahnya apa, mereka sampai mau beli printer tipe yg sama juga,,, salut lah pokoknya dengan after sales Blueprint.

        Tapi kan saya pakai produknya, saat ini ngaco ya saya beralih ke merek lain.

          1. Salut gan sama perhatian mereka soal komplain pengguna.

            Itu ciri perusahaan yang bagus.

            Review agan disini juga bisa saja jadi patokan mereka gan, kalah tuh hasil cetak fotonya dibanding SUN, hehe

            1. Bener, zaman gini. Wajib harus berani dalam bertanggung jawab. Karena persaingan bisnis ketat,gan.

              Semoga saja, SUN juga tidak berubah. Tetap dalam kondisi terbaiknya.πŸ˜…πŸ‘πŸ‘

              1. Saya tertarik dengan produk SUN Revo Smart Ink itu gan, soalnya universal, semoga gk bermasalah di akurasi warna.

                Hari gini persaingan tinta kompatibel gk melulu soal aman untuk printhead, tapi ke kualitas cetak entah itu warna atau hitam.

                Apalagi ini SUN serius banget dengan tinta Pigment Hitam-nya, pas lah dengan printer saya yang cartridge tri-color pakai dye base, yang hitam pakai pigment base.

              2. Paketnya sudah sampai gan, beneran bisa kirim ke luar jawa pakai ekspedisi konvensional, saya pakai JNE Reg.

                Packaging mereka bagus banget, anti bocor, dan kalau digoyang gk bakalan tau kalau isinya cairan.

                Sudah saya coba dan sudah tau gimana hasilnya.

  7. Kalo ga dikuras tank gimana ya? Saya jjg pakai tinta sun di hp saya. Alhamdulillah tdk pernah mengecewakan. Saya blm berani pindah ke revo smart ink. Krn pernah ganti tinta sun yg diklaim menghasilkan warna lbh bagus, sdkt muncul masalah. Yakni saya mesti sedot menggunakan alat setiap kali mah cetak. Anyway saya sdh ckp senang pakai tinta sun yg premium.
    Kepikiran menggunakannya untuk epson saya tapi takut printheadnya rusak. Krn saya msh blm punya kenalan service yg berani menggunakan tinta selain genuine epson.

    1. Ada lebih baiknya tetap di kuras, sebelum ganti merk tinta apapun. Karena senyawa setiap tinta, pastinya memiliki perbedaan.

    1. Selama pemakaian nggak masalah, om. Cuma sudah lama ganti printer lagi, gak pernah pakai SUN lagi. Pakai bawa’an EPSON πŸ˜†

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!