PERTAMINA Siapkan diri hadapi lonjakan kebutuhan Masyarakat di lebaran 1438 H !!

Diposting pada

Surabaya – Kemarin tepat (08/06/2017) PB dan beberapa kawan dari Blogger, beserta media cetak dan televisi mendapatkan undangan untuk BukBer di PERTAMINA Marketing Operation Region V (MOR V) yang berada di Perak – Surabaya. Selain acara BukBer yang menjadi tujuan utama, di dalam acara ini juga PERTAMINA menjelaskan beberapa kesiapannya hadapi lonjakan kebutuhan Masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah Ramadhan 1438H di tahun 2017 ini. Dimana dalam bulan suci Ramadhan 1438H tentu saja akan ada kegiatan rutin yaitu mudik, dengan begitu tentu saja peningkatan penyediaan bahan bakar harus benar-benar terpenuhi. Khususnya pada area  Marketing Operation Region V (MOR V), yaitu peningkatan konsumsi BBM dan LPG di wilayah Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara.

Pertamina Mudik 2017 (3)

Kesiapan ini dilakukan dengan tujuan agar kebutuhan BBM dan LPG untuk masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran 1438 H senantiasa terpenuhi dengan lancar dan dalam jumlah yang cukup. Untuk memastikan penyaluran BBM dan Non BBM berjalan lancar selama masa Ramadhan dan Lebaran, Pertamina membentuk Satuan Tugas (Satgas) terhitung mulai 10 Juni s.d 11 Juli  2017.Kesiapan ini dilakukan dengan tujuan agar kebutuhan BBM dan LPG untuk masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran 1438 H senantiasa terpenuhi dengan lancar dan dalam jumlah yang cukup. Untuk memastikan penyaluran BBM dan Non BBM berjalan lancar selama masa Ramadhan dan Lebaran, Pertamina membentuk Satuan Tugas (Satgas) terhitung mulai 10 Juni s.d 11 Juli  2017.

Persiapan di Sektor Transportasi Darat

Prediksi Penyaluran BBM tertinggi Lebaran 2017 terjadi pada puncak arus mudik hari Jumat dan Sabtu tanggal 23 & 24 Juni 2017, namun sejak hari Senin tanggal 19 – 22 Juni telah terjadi peningkatan trend konsumsi BBM sedangkan puncak arus balik terjadi pada hari Sabtu-Minggu tanggal  1 & 2 Juli 2017. Penyaluran gasoil akan mengalami penurunan H-7 s.d H+7 masa lebaran seiring larangan beroperasi kendaraan berat.

Prediksi berdasarkan trend penjualan dan  realisasi Januari hingga Maret, Konsumsi Gasoline (Premium + Pertamax Series) akan mengalami kenaikan 10% dibanding harian normal. Prediksi Gasoil (Solar/Bio + Pertamina Dex series) akan mengalami penurunan 14%, namun sisi Pertamina Dex dan Dexlite kan mengalami kenaikan 11% Penurunan prediksi 2017 lebih rendah 2016 dikarenakan pada lebaran 2016 terjadi kondisi awal peralihan konsumsi dari produk PSO ke Pertamax series sehingga kenaikan sangat signifikan.

Untuk wilayah Jatim prediksi konsumsi tertinggi arus mudik pada tanggal 23 Juni 2017 sebesar 4013 KL/hari atau naik 14% dari normal  dan prediksi konsumsi tertinggi arus balik pada tanggal 3 – 4 Juli 2017 sebesar 4022 KL /hari day atau naik 15% dari normal.

Sedangkan  untuk wilayah Bali peningkatan konsumsi BBM juga diprediksikan terjadi seiring liburan dalam rangka Lebaran. Prediksi konsumsi tertinggi pada tanggal 23 Juni 2017 sebesar 4013 KL/hari atau naik 14% dari normal, prediksi konsumsi tertinggi arus balik pada tanggal 3 – 4 Juli 2017 sebesar 4022 KL/hari day atau naik 15% dari normal.

Adapun untuk wilayah NTB Prediksi konsumsi tertinggi arus mudik pada tanggal 23 Juni 2017 sebesar 4013 KL/hari atau naik 14% dari normal dan prediksi konsumsi tertinggi arus balik pada tanggal 3 – 4 Juli 2017 sebesar 4022 KL/hari day atau naik 15% dari normal.

Pertamina Mudik 2017 (12)
Selain menyiapkan penambahan stok, Pertamina juga melakukan upaya-upaya lain seperti :

  1. Untuk SPBU di jalur strategis arus mudik/balik yang belum menyediakan layanan produk Pertamax Series dan Pertamina Dex, diinstruksikan menjual produk Pertamax Series dan Pertamina Dex dalam bentuk kemasan.
  2. Kepada SPBU-SPBU di jalur strategis di jalur mudik/balik akan diinstruksikan untuk buka selama 24 jam dan SPBU diminta untuk menjaga ketahanan stoknya khususnya H-7 s.d H+7 Lebaran melalui penambahan Delivery Order (DO).
  3. Menambah 42 Unit Mobil Tanki dengan total kapasitas 1.084 Kilo liter
  4. Membentuk SPBU kantong di 6 titik SPBU wilayah Jombang, Nguling-Probolinggo, Lumajang, Pakisaji Malang, Batu dan Blitar.

Pertamina Mudik 2017 (5)

Persiapan Pemenuhan Kebutuhan LPG

Berbeda dengan BBM, peningkatan konsumsi pada produk LPG terjadi di 3 periode, yaitu menjelang puasa,  menjelang Idul Fitri dan Pasca Idul Fitri (Lebaran ketupat). Pada bulan Mei menjelang puasa, Pertamina sudalh melakukan penambahan pasokan LPG 3 Kg  sebesar 15% dari alokasi normal. Penambahan akan dilakukan kembali bulan Juni ini sebesar 17% dari alokasi normal (rata-rata konsumsi normal/bulan MOR V 110.902 Metrik Ton/bulan, Jatim 90.464 MT/bln, Bali 14.480 MT/bulan, NTB 5.957 MT/bulan).

Pertamina juga menyiapkan penambahan stok LPG Nonsubsidi sebesar 8% untuk mengantispasi peningkatan konsumsi menjelang selama masa Ramadhan dan Lebaran.

Selain peningkatan stok, upaya Pertamina dalam mengamankan pasokan LPG antara lain :

  1. Menginstruksikan kepada semua SPBE dan Agen untuk meningkatkan buffer stok LPG, menambah waktu pelayanan dan akan akan ditunjuk beberapa Agen Satgas dan Pangkalan Siaga yang akan buka pada hari H lebaran.
  2. Sebagai antisipasi kemacetan, Pertamina MOR V juga menyiagakan SPPBE Kantong tersebar di wilayah Jawa Timur dan NTB.
  3. Memastikan stok LPG di SPBU yang menjual LPG sbg antisipasi jika ada pangkalan yang  tutup pada hari Lebaran karena mudik atau silaturahmi keluarga.
  4. Menambah waktu pelayanan Terminal LPG.

Pertamina Mudik 2017 (13)

Persiapan di Sektor Transportasi Udara

Peningkatan bahan bakar pesawat udara (avtur) pada masa Lebaran diprediksikan akan terjadi di Bandara Juanda – Surabaya, Ngurah Rai – Bali dan BIL – Lombok. Pertamina meningkatkan stok avtur sebesar 10% pada bulan Juni (normal konsumsi bulanan 97.200 KL/bln).
Prediksi konsumsi tertinggi arus mudik pada tanggal 23 Juni 2017 sebesar 4013 KL/hari atau naik 23% dari normal. Prediksi konsumsi tertinggi arus balik pada tanggal 3 – 4 Juli 2017 sebesar 4022 KL /hari day atau naik 24% dari normal.

Program Promo Lebaran 2017 Pertamina

Pertamina juga terus memberi pelayanan yang terbaik untuk pelanggannya dengan promo berbagai program menarik yaitu :

  1. Ta’jil Berkah Pertamax di semua SPBU di wilayah MOR V berupa pembagian takjil kepada konsumen SPBU pada saat berbuka puasa.
  2. “Pertamax Berkah Perjalananku”, yakni khusus bagi konsumen yang membeli Bahan Bakar Khusus (BBK) Pertamina yakni Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite di seluruh SPBU wilayah MOR V selama bulan Ramadhan akan mendapatkan hadiah oli atau pelumas yang dipilih langsung secara gratis.
  3. Kios Pertamax, yakni outlet non SPBU yang menyediakan Pertamax dan Pertamina Dex kemasan di wilayah ruas tol di 3 titik (Waru, Banjaran Gresik, Balongsari Jombang).
  4. Serambi Pertamax  di SPBU Tjiwie – Mojokerto dengan fasilitas area istirahat (kursi pijat, Sofa, snack), tempat bermain, nursing area, dining area, fasilitas charging & Mushola.
  5. 109 SPBU di Jawa Timur sebagai lokasi penerimaan dan penyaluran Zakat, Infaq, dan shadaqoh  bekerja sama dengan Nurul Hayat, Al Azhar, Dompet Dhuafa dan Lembaga Manajemen Infaq.
  6. Program Donasi Bright Gas 1000 anak yatim di 5 Kota di Indonesia (salah satunya Surabaya).

Pertamina MOR V senantiasa berupaya keras untuk memenuhi kebutuhan BBM dan LPG agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah Puasa dan merayakan Idul Fitri 1438 H/2017 dengan lancar dan khidmat. Sebagai upaya pelayanan BBM/LPG/Avtur yang terbaik, diharapkan partisipasi aktif dari masyarakat. Apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi BBM/LPG/Avtur, informasi dapat disampaikan melalui CONTACT PERTAMINA 1 500-000 . Thanks, Semoga menginformasi 😉

1 komentar

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!