Cek Selalu Air Radiator All New Honda CB150R Stallion Black, meskipun itu motor Baru !!

Diposting pada

Surabaya – Walapun masih dibilang Β All New Honda CB150R Stallion Black milik sodara tergolong sangat baru, pasalnya kilometer saja masih menempuh jarak 1700km’an. Namun tidak menutup kemungkinan jikalau air radiator di botol reservoir berkurang, dan ternyata itu betul adanya kawan πŸ˜‰ namun gak usah begitu panik kali. Sudah wajar jikalau motor baru dan sudah digunakan menempuh jarak yang cukup jauh ( ribuan km ). So tetap saja kudu waspada untuk selalu chek air radiator, karena kondisi jalanan dan sebagainya banyak memberi pengaruh yang beda-beda pada motor.

Bisa dilihat sebelah kiri (kosong), setelah di isi full ( photo kanan ). Yang demikian ini sudah wajar terjadi di motor yang beradiator, pasalnya sudah digunakan untuk menempuh jarak yang cukup membuat mendidih air dalam radiator.

Baru 1700km’an kok sudah berkurang banyak, atau hampir habis dan apakah demikian ini wajar??

PB jawab cukup wajar, pasalnya motor itu bagaimanapun juga memang tercipta di pabrik yang sama namun tentu saja penggunaanya berbeda-beda. Ambil contoh saja milik si A kok sekian kilometer aman-aman saja, tidak banyak berkurang? Kemungkin si A ini pakai motornya meskipun sama-sama menempuh jarak 1700’an km, tapi dengan cara sering berhenti atau jarang kena macet. So suhu motor bisa dibilang tidak terlalu lama di hajar dengan suhu panas ekstrem.

Sedangkan di B ini sama-sama menempuh jarak 1700’an km kok sudah hampir habis, atau bisa dibilang berkurang cukup banyak. Kemungkinan besar motor ini sering kena hajar macet di siang bolong, yang memiliki cuaca cukup panas dan ekstrem. Serta sering dipakai jauh tanpa sering berhenti, atau si B kuat berkendara nonstop sekian ratus kilometer secara langsung. Tentu saja itu membuat mesin motor cukup mendapatkan suhu yang panas dalam tempoe lama, so wajar saja kalau air radiator lebih cepat berkurang πŸ˜‰ .

So dalam cerita gambaran yang panjang lebar diatas demikian itu, selalu rajinlah dalam pengecekan motormu yang beradiator kawan. Toh mudah kok melakukan hal ini, tanpa perlu ke BeRes untuk mengisi ulangnya. Belikan selalu Air Coolant Honda ( lihat photo diatas ini ), murah cuma Rp.15000,-an kalau gak salah. Jangan sampai di isi air mineral dalam kemasan ya, karena itu berbahaya tidak ada zat anti karatnya πŸ˜‰ apalagi air kamar mandi πŸ‘Ώ . So sudah jelaskan kawan-kawan semua, meskipun motormu tergolong baru bukan berarti bebas perawatan. Karena pemakaiannya selalu berbeda dengan si A si B ,dst. Jadilah konsumen yang Smart, jangan asal salahkan pabrikan. Thanks πŸ˜‰ semoga menginspirasi πŸ˜€

 

Follow Me OnΒ :
Instagram Β  Β  :Β potretbikers
FansPage Β  Β  :Β PotretBikers
FaceBook Β  Β  :Β GesangΒ Potret Bikers
Twitter Β  Β  Β  Β  Β :Β @gesang86
E-mail Β  Β  Β  Β  Β  :gesanghidayat@gmail.com
WhatsApp Β  : 081 290 2727 00
BBM Β  Β  Β  Β  Β  Β  :Β D66D69DA

19 komentar

  1. Bos motor ane sering panas bau gosong pdhl di pake cm jarak 500 mtr. Napa ya…motor ane bru sebulan jg blm

    1. Sudah chek air radiator, atau mungkin ada rembesan apa di mesin? Coba dichek atau, kalau motor baru… sampai kan keluhan ke AHASS tempat membeli/terdekat saja. Untuk lebih jelasnya..

  2. Terimakasih kawan, saya dpt ilmu dr anda malam ini.krn kebetulan pas saya plg dr luar kota 5 hari malam ini langsung panasin si chibi Krn jarang pake.kok panas bgt sampe ke stang dan tanki, to kipas rasradia kerja keras.meski mesin udah dimatiin terus kontak diidupin eh kok bunyi mesin radiator bekerja.saya browser dan buka tulisan mu ini.baru ngeh eh air radiator saya habis.(chibi bulan 10 2017).skrg udah normal.thnks ya

    1. Syukurlah bisa terbantu, semoga selalu bermanfaat tulisan sederhana saya ini. Terimakasih sudah berkunjung πŸ˜€

  3. Bang kalo cairan coolant saya ganti dengan air radiator mobil honda bisa gak ? Saya cari untuk motor lagi kosong. Kalo ke dealer honda jauh banget .

    1. Sebetulnya tidak apa-apa, kalau sama-sama air special radiator. Cuma setiap air radiator memiliki titik didih sendiri-sendiri, mungkin mobil memiliki titik didih lebih tinggi. Karena terbiasa untuk dipersiapkan high temperatur, beda dengan mesin motor. So artinya jika pakai air radiator mobil, kemungkinan awet dingin.

  4. Mohon pencerahan nya teman teman..
    cb saya sudah 3bulan kosong air radiator,,tapi motor dibawa jalan,,resiko nya apa ya gan,,soal nya baru di cek..

    1. Bisa over heat, mesin memuai lebih dari ukuran biasanya. Jadi bisa pecah piston, macet,dsb. Intinya ya Bahaya banget, segerakan untuk di isi πŸ˜‰

  5. Sistem pendingin itu bukankah ruang tertutup ya? Kalau tidak ada kebocoran tidak akan habis seharusnya.

    1. Tetap akan berkurang karena adanya penguapan, namun dalam waktu cukup lama(bisa 2-3minggu/sebulan)….(kalau ada kebocoran, habisnya sangat cepat sekali. Mungkin di isi full, dipakai dalam sehari atau malah gak sampai sehari. Sudah habis, itu baru diartikan kebocoran)

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!