Berikut Ini Cara Belajar Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula

Diposting pada

Surabaya –Β Bagi kawan yang sudah terbiasa menggunakan mobil dengan sistem tarsnmisi manual, tentunya akan sedikit ada kendala(kaku) ketika mencoba menggunakan mobil transmisi otomatis atau matic. Sebenarnya, perbedaan yang mencolok antara mobil matic dengan manual itu adalah ada dan tidaknya pijakan kopling yang jika menggunakan mobil transmisi manual setiap akan melakukan perpindahan gigi harus menginjak kopling tersebut,

Sedangkan untuk matic tidak memiliki pijakan kopling, yang ada hanya pijakan rem dan gas saja. Justru bagi orang yang pertamakali mengendarai mobil langsung dengan mobil matic biasanya akan lebih mudah untuk mengendarainya, karena memang belum pernah menggunakan mobil dengan transmisi manual sehingga tidak ada kebiasaan yang harus dirubah. Nah, untuk itu dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang cara belajar menyetir mobil matic bagi pemula sebagai berikut :

Adapun caranya adalah sebagai berikut ini :

    • Pertama-tama, kawan-kawan harus memahami terlebih dahulu posisi dan urutan yang tepat soal tuas transmisi, mulai dari cara pemindahan transmisi untuk maju, untuk menambah kecepatan, serta memindahkan tuas untuk memundurkan mobil. Dalam tahap ini anda harus benar-benar sudah bisa memahami di luar pikiran supaya ketika mengemudi tidak ada kesalahan.
    • Bagi kawan-kawan yang sudah terbiasa dengan menggunakan mobil yang sistem transmisinya masih manual, dimana kaki kiri digunakan untuk menginjak kopling, maka dengan beralih menggunakan mobil matic bisa membebaskan kaki tersebut. Hal ini perlu dilatih supaya pada saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, bagi pengemudi pemula saat ingin melakukan pengereman tidak lagi berfikir untuk menggunakan kaki menginjak pedal yang ada, karena jika hal tersebut dilakukan justru akan terjadi sesuatu yang membahayakan.
    • Cara selanjutnya yang harus kawan-kawan perhatikan adalah, tuas transmisi sebaiknya dipindahkan ke posisi netral ketika sedang berada di jalanan macet yang bisa memakan waktu lebih dari Β½ jam, hal ini dilakukan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan pengemudi lainnya, misalnya karena tuas transmisi mobil anda belum dinetralkan dan kaki anda lelah menginjak pedal rem akhirnya mobil akan menjadi lepas kendali nyelonong begitu aja.
    • Jika kawan-kawan sedang berada di jalanan yang menanjak, maka yang harus kawan-kawan perhatikan adalah posisi tuas transmisi sebaiknya berada pada pilihan L atau 2.L atau Low yang berada pada posisi paling bawah, yang fungsinya sama dengan posiss gigi pertama pada transmisi manual, sedangkan 2 merupakan gigi ke-2.Β  Dalam hal ini, anda bisa menggunakan kedua transmisi ini secara bergantian dan bisa diterapkan pada jalanan menurun yang berfungsi untuk membantu mengurangi kecepatan pada saat mobil melaju dengan kencang.
    • Hal lainnya yang harus kawan-kawan perhatikan, ketika anda menginjakkan kaki pada pedal gas akan bisa berpengaruh ketika akan melakukan perpindahan gigi transmisi dimana hal ini terjadi karena ada semacam sensor yang bisa mendeteksi tingkatan besar dan kecil pijakan kaki pada pedal gas.
  • Menggunakan tombol hold guna menghemat penggunaan bahan bakar pada mobil selama pemakaian yang bisa diterapkan jika tuas transmisi berda pada gigi 2 dan 3, maka dengan menggunkan fitur hold ini pada saat tuas berada di posisi D akan mengunci pada tingkatan gigi tersebut.Β  Perlu kawan-kawan ketahui, bahwa tidak semua mobil matic memiliki fitur hold ini, jadi jika mobil kawan-kawan yang digunakan tersebut nampak terlihat tombol kecil dengan tulisan hold baru bisa digunakan.

Mudahkan? Setelah kawan-kawan mengetahui caranya sekarang tinggal mempraktekkannya secara langsung. Jangan langsung sendiri ya! Tapi dibimbing oleh orang atau instruktur yang memang sudah ahli dalam menggunakan mobil matic. Thanks, semoga menginspirasi πŸ˜€


FollowΒ PotretBikersΒ OnΒ :
E-mail Β  Β  Β  Β  Β  :Β potretbikers.dotcom@gmail.com
WhatsApp Β  : 081 290 2727 00

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!