Sejarah Honda Vario series dari masa ke masa ( Vario Milestone )

Diposting pada

OtoBeken –Β  Siapa yang gak mengenal Honda Vario, dari masa ke masa memang memiliki tempat di hati Masyarakat Indonesia untuk menjadi tunggangan terfavorit. Honda Vario merupakan salah satu motor matic yang terbilang sukses dipasaran, sejak pertama kali diluncurkan dan hingga kini Honda Vario sendiri sudah mengalami perubahan untuk terus menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Tahun 2006 hingga 2009 lalu, Honda Vario Absolute Matic pertama kali diperkenalkan dengan brand ambasador Agnes Monica, berbasis mesin 110 cc. Sejak pertama kali dikuncurkan, Honda Vario sudah dibekali dengan berpendingin cairan serta dilengkapi dengan fitur brake lock dan side stand switch. Fitur tersebut lebih ke arah safety untuk konsumen supaya lebih nyaman saat berkendara.

Memasuki tahun 2009 hingga 2013, Honda Vario Techno melakukan perubahan design utama bodi yang lebih runcing. Selain itu evolusi pertama Honda Vario menjadi Vario Techno dengan split headlamp dan modelnya sporty agresif.

Saat itu juga, fitur pengereman yang dimiliki juga menyesuaikan dengan tekhnologi combi brake system. Dimana pengendara cukup menarik tuas rem sebelah kiri, maka rem depan dan belakang akan bereaksi secara proporsional dan tidak membahayakan pengendara.

Evolusi selanjutnya dilakukan tahun 2013 hingga 2015, dimana Honda Vario upgrade performa dengan penghematan mesin bertekhnologi PGM Fi 125 cc tenaga dan mampu 11,3 PS / 8.500 rpm dengan torsi 10,7 Nm atau sekitar 5.000 rpm.

Tidak hanya itu saja, perubahan dibagian tangki juga diperbesar dari 3,6 liter kini sudah menjadi 5,5 liter untuk lebih menghemat pengendara untuk melakukan perjalan jarak jauh.

Dari bagasi pun juga disesuaikan dengan kebutuhan pengendara, Honda Vario 125 sudah dibekali bagasi helm inΒ yang berkapasitas sekitar 18 liter cukup untuk helm half face.

Melengkapi tekhnologinya, type Honda Vario 125 Esp juga didukung fitur Idling Stop System dimana tekhnologi tersebut bisa mematikan mesin saat kondisi diam selama 3 detik.

Untuk menyalakan mesin kembali, pengendara tinggal memutar throtle gas dan tekhnologi ini sanggup meningkatkan konsumsi BBM rnjadi lebih irit.

Di tahun 2015 hingga 2018, Honda Vario melengkapi vaiannya dengan menambahkan varian 150 cc dengan output 12,64 PS / 8.400 rpm dan torsi 12,8 Nm / 5.000 rpm tekhnologi Enhanched Smart Power (eSP).

Tidak hanya itu saja, design model baru dengan menerapkan Dual LED Headlight semakin menambah nilai plus untuk Honda Vario didukung dengan design yang agresif dan tajam

Untuk varian Honda Vario 150 cc, di tahun tersebut sudah dilengkapi dengan Answer Back System dimana untuk mempermudah konsumen untuk mencari posisi motornya.

Masuk tahun 2018 hingga sekarang, Honda Vario masih memiliki design yang makin agresif, ubahanΒ tersebut dilengkapi dengan All LED system dan dibekali mesin 150 cc generasi terbaru tanpa menggunakan kickstarter.

Tidak hanya itu, dibagian speedo meter sudah menggunakan full digital yang lebih mempermudah pengelihatan pengendara di siang atau malam hari.

Untuk Honda Vario 125 ISS kini sudah dibekali Answer Back System, dan di varian Honda Vario 150 cc ada tambahan baru dengan dibekali Smart Key System yang lebih safety supaya motor tidak mudah dicuri.

Di varian Honda Vario 110 cc mengalami perubahan di tahun 2014 hingga 2017, dimana Honda Vario 110 cc menggunakan mesin berbasis yang sama dengan Honda BeAT Fi yang dilengkapi Dual LED Headlight dengan design elegan melanjutkan tradisi Vario 110 cc edisi pertama.

Dibagian pengereman, Honda Vario di tahun tersebut sudah dilengkapi dengan CBS dan Answer Back System untuk mempermudah mencari posisi motor saat parkir.

Di tahun 2017 hingga sekarang, Honda New Vario Esp 110 cc sudah melengkapi ACG starter yang membuat starter motor menjadi tanpa suara berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, penambahan fitur Idling Stop System juga sudah disematkan pada varian ini untuk lebih menghemat penggunaan BBM saat berkendara dalam kemacetan. Itulah kawan, informasi sejarah tentang nama besar Vario series dari masa ke masa. Semoga bisa sedikit bernostalgia dan memberi tambahan wawasan, Thanks πŸ˜€


FollowΒ PotretBikersΒ OnΒ :
Instagram :Β potretbikers
FansPage :Β PotretBikers
FaceBook :Β Gesang Potret Bikers
Twitter :Β @gesang86
E-mail : potretbikers.dotcom@gmail.com

2 komentar

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!