Shell berhasil sabet kembali sebagai pemasok utama produk pelumas dunia dalam ketiga kategori utama – konsumen, komersial dan industri

Diposting pada

OtoBeken –Β  Shell tetap bertahan menjadi pemasok pelumas terkemuka dunia selama 14 tahun berturut-turut, demikian laporan Kline & Company 18th Edition Global Lubricants: Market Analysis and Assessment 2020 yang dilansir baru-baru ini. Laporan yang berdasar pada penilaian tahun 2019 ini mencakup semua pasar negara konsumen pelumas terkemuka, segmen pasar, jenis produk, dan formulasi. Shell mempertahankan posisi kepemimpinan global nomor 1 untuk tiga kategori pelumas yang dilacak oleh Kline – otomotif konsumen, otomotif komersial, dan industri. Menurut laporan tersebut, Shell berhasil mempertahankan pangsa pasar dunia dengan total volume penjualan sekitar 4.500 kiloton (setara dengan 5 milyar liter) di tahun 2019 dari tiga pasar konsumen, yaitu otomotif (34%), otomotif komersial (36%), dan industri (30%).

” Keberhasilan Shell dalam mempertahankan posisi sebagai pemasok utama produk pelumas di dunia selama 14 tahun berturut-turut ini merupakan sebuah prestasi dan bentuk kepercayaan konsumen kepada kami. Hal ini benar-benar memotivasi kami untuk terus menawarkan produk, layanan, dan berbagai solusi bisnis yang tepat sesuai dengan kebutuhan para pelanggan dan mitra usaha kami. ” ungkap Andri Pratiwa selaku Direktur Pelumas Shell Indonesia.

Secara global, bisnis pelumas telah menjadi salah satu prioritas utama Shell yang telah melahirkan berbagai inovasi, termasuk menjadi yang pertama dalam memasarkan produk pelumas yang lebih murni dan berasal dari gas alam. Portfolio produk dan layanan global Shell Lubricants terus tumbuh seiring dengan semakin berkembangnya tren dan permintaan pasar akan penggunaan kendaraan bertenaga listrik.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Shell global, Carlos Maurer, Executive Vice President Shell Global Commercial, menyatakan bahwa keberhasilan sebagai pemasok pelumas nomor satu di dunia menunjukkan komitmen Shell terhadap para pelanggan dan kekuatan portfolio produk perusahaan. Carlos juga menambahkan, di tengah pandemi ini, bisnis pelumas Shell memegang peranan penting dalam mendukung operasi bisnis di seluruh penjuru dunia dengan memasok produk-produk premium yang menjamin efisiensi operasi mesin.

Di Indonesia sendiri, portfolio bisnis Shell Lubricants semakin kokoh dalam 20 tahun terakhir dengan sederet nama besar di dalam daftar mitra dan pelanggan setianya. Shell Lubricants Indonesia juga terus memperkuat keberadaannya untuk memenuhi permintaan dalam negeri dan berkontribusi terhadap industri hilir di Indonesia melalui berbagai inisiatif, sepertiΒ  ekspansi pabrik pelumas LOBP di Marunda, Bekasi yang dimulai bulan Maret 2020 yang akan menggenjot kapasitas produksi dari 136 juta liter per tahun menjadi 300 juta liter per tahun; menjadi perusahaan energi internasional yang pertama yang bersertifikasi SNI untuk produk pelumas Shell Helix, Shell Rimula, Shell Spirax, dan Shell Advance.

Shell Indonesia juga berkomitmen untuk terus tumbuh bersama para mitranya yang saat ini meliputi 40 mitra distributor B2C dan 10 mitra distributor B2B di seluruh Indonesia. Sebagai wujud dukungan kepada bengkel rekanan dan mekanik, Shell telah meluncurkan aplikasi SHARE (Shell Advantage Rewards) yang memfasilitasi mereka untuk melakukan transformasi operasi secara digital guna mengembangkan kinerja bisnis sesuai dengan perkembangan pasar. Sampai saat ini telah ada 30.000 mitra usaha yang bergabung dalam aplikasi ini. Selain itu, Shell Indonesia juga memberikan dukungan perlindungan kesehatan bagi mitra usaha tersebut melalui produk AXA Sahabat Sehat dan AXA Care Protection. Shell juga terus berinovasi dalam menawarkan produk dan

layanan yang dapat memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi para pelanggan. Saat ini, Shell memiliki aplikasi LubeAnalyst yang dapat memberikan diagnosis dan analisis terperinci kepada pelanggan tentang produk pelumas yang digunakan.

Dalam merespon perkembangan kebutuhan masyarakat di era digital untuk dapat mengakses produk secara daring (on-line), Shell Indonesia telah membuka Shell Indonesia Official Store di enam marketplace terbesar, yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, JD.ID, dan Bukalapak. Untuk tetap melayani pelanggan dengan aman tanpa mereka harus keluar rumah, Shell juga menawarkan pelayanan melalui Shell Helix Oil Home Delivery yang merupakan pengiriman produk pelumas sekaligus layanan dari mekanik resmi, terlatih, dan profesional Shell untuk mengganti pelumas secara aman di rumah mereka, dengan tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

Menyongsong revolusi industri 4.0, Shell Indonesia merealisasikan komitmen untuk terus berkontribusi membangun bangsa dalam bidang energi melalui berbagai kolaborasi bersama para pemangku kepentingan termasuk pemerintah dan akademisi. Secara berkala, perusahaan menggelar webinar yang bertujuan untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, riset dan inovasi di Indonesia dengan membahas berbagai isu strategis seputar energi dan tribologi, serta berbagai tantangan dan gagasan terkait transisi energi masa depan. Thanks πŸ˜‰

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!