Tips Honda : Ganti Oli Saja Tidak Cukup, Komponen Berikut Juga Wajib Diperhatikan

Diposting pada

PotretBikers.com –  Di kalangan masyarakat kita seringkali ada sebuah kesimpulan atau bisa dibilang sebuah pendapat jika bahwasanya, motor baru itu cukup dirawat dengan penggantian oli secara rutin saja. Memang bisa diartikan hal itu juga ada benarnya, namun tidak sepenuhnya benar adanya. Pasalnya tetap saja ada beberapa part yang perlu menjadi perhatian khusus juga ketika kita sedang mengganti oli.

Di sepeda motor juga ada komponen yang perlu diperhatikan dan membutuhkan penyetelan atau pemeriksaan karena mengalami keausan, mengalami kekendoran akibat putaran dan suhu mesinService secara berkala memang diperlukan untuk menjaga performa mesin motor menjadi lebih awet dan optimal. Servis dapat dilakukan dua bulan atau tiga bulan sekali dan penggantian oli sebulan sekali yang meliputi pemeriksaan kondisi mesin plus ganti oli dan penggantian suku cadang,” terang M Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

 

Ada banyak sekali macam perawatan motor, mulai dari perawatan body, kelistrikan, mesin, rantai, suspensi, tekanan angin ban, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk urusan mesin, salah satu bagian yang perlu diperhatikan yakni kualitas oli yang digunakan. Bagian ini menjadi salah satu peran penting untuk menjaga performa kendaraan tetap enak, lancar, dan memiliki akselerasi yang ringan. Tidak hanya itu saja, ketika kendaraan tidak memiliki stock oli cukup, bisa memungkinkan merusak sistem mesin kendaraan itu sendiri.

Selain penggantian oli , komponen yang membutuhkan pemeriksaan sudah tertera di buku service. Ada baiknya pemilik kendaraan mengikuti anjuran di buku petunjuk mengenai jarak dan waktu pemeriksaan ke bengkel. Tujuannya adalah agar dapat mengetahui kondisi motormu tetap prima dana wet masa pakainya.

Selanjutnya pemeriksaan kampas rem. Rem merupakan salah satu spare part yang harus selalu dipantau kualitasnya setiap bulan. Karena itu disarankan agar mengganti kampas rem setiap indikatornya menyatakan sudah waktunya untuk ganti. Yang perlu diingat rem adalah komponen yang menyangkut safety bagi pengemudi.

Dan ada beberapa spare part yang juga harus diperhatikan contohnya aki yang bisa bertahan sekitar dua tahun, Roller dan V belt untuk motor matic. sama seperti kampas rem, usia beberapa spare part tersebut juga dipengaruhi oleh cara pemakaian.

Untuk itu agar motor awet dan berkendara menjadi lebih aman dan nyaman , konsumen dapat melakukan perawatan motornya ke bengkel AHASS terdekat . PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM Honda jatim) distributor motor Honda wilayah Jatim & NTT bersama Jaringan AHASS memberikan program Cek Aja Dulu Ke AHASS. Konsumen akan mendapatkan layanan pemeriksaan gratis yakni cek oli, cek lampu, cek ban, cek rem, cek aki, cek rantai dan cek busi.

Pengecekan ini untuk melihat apakah part tersebut masih dalam kondisi baik dan layak pakai. Konsumen yang mengikuti program ini juga bisa memanfaatkan PIT Ekspres bengkel AHASS yakni layanan antrean khusus. MPM Honda Jatim memberikan program “Promo Hoki AHASS”. Di program ini konsumen dapat memilih paket perawatan motor mulai dari perawatan basic sampai dengan perawatan lengkap dengan harga mulai dengan Rp55 ribu.

Konsumen Honda dapat melakukan perawatan motornya di AHASS terdekat. Perawatan di AHASS dijamin Honda Genuine Part (HGP) asli, mekanik juga terlatih dan bersertifikasi. AHASS juga menerapkan protokol kesehatan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan di masa pandemic. Lokasi AHASS dapat di lihat di website www.mpmhondajatim.com. Nah, mulai saat ini perhatikan hal itu ya kawan-kawan!! Thanks 😉

1 komentar

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!