Belajar Naik Motor Matik ala Yamaha yang benar, ini tips dan caranya

Diposting pada

PotretBikers.com – Terkadang memang terlihat sangatlah gampang untuk bisa naik motor, terutama motor matik ya. Namun  sejatinya ada sesuatu yang wajib diperhatikan, baik dalam mengadarainya dan ketika dijalanan nantinya. Sepeda motor menjadi alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk beraktivitas. Saat ini jenis matik yang paling banyak dipakai oleh konsumen dan memiliki karakter berbeda dengan tipe bebek dan sport.

Sepeda motor salah satu kendaraan yang bermanfaat untuk melakukan aktivitas harian maupun hobi. Bagi yang ingin belajar mengendarainya, kami memberikan beberapa poin sebagai panduan. Semoga dapat membantu untuk berkendara lebih menyenangkan, ” papar Wiranata P.Ilahi, Manager Promosi Main Dealer PT Thamrin Brothers.

Agar dapat menggunakan motor matik dengan tepat khususnya bagi yang baru ingin belajar mengendarainya, Yamaha Riding Academy (YRA) Main Dealer PT. Thamrin Brothers area Sumatera Selatan dan Bengkulu memberikan beberapa panduan yang dapat diikuti.

Berikut tips belajar naik motor matik :

  1. Kenali fungsi perangkat motor   
  2. Tuas rem depan di posisi kanan dan tuas rem belakang di posisi kiri.
  3. Side stand switch OFF, untuk menghidupkan sepeda motor side stand harus ditekuk / release.
  4. Tarik tuas rem untuk menghidupkan motor.
  5. Kenali karakter motor    
  6. Gas secara perlahan ketika akan berjalan dan rasakan gerakan di roda (motor matik pertama akan jalan agak lambat karena dirancang mulai berjalan di rpm tertentu).
  7. Kenali karakter engine brake nya dikarenakan akan lebih kecil dari motor bebek dan sport.
  8. Lakukan pengereman secara halus agar lebih aman dan tenaga motor tidak mudah drop.
  9. Gunakan kedua rem secara bersamaan agar dapat mengurangi kecepatan secara maksimal terutama saat melewati jalan menurun.
  10. Jaga putaran mesin terutama saat akan mendahului dan melewati jalan menanjak / tanjakan agar lebih mudah melewatinya.

Mengenali fungsi perangkat motor dan karakter motor dengan cepat saat belajar berkendara ini akan membuat Anda lebih aman. Selalu gunakan safety gear dan mematuhi peraturan lalu lintas. Lakukan perawatan motor matik secara rutin agar mendukung performanya lebih maksimal, nah itulah tips sederhana yang bisa dibagikan kepada kawan-kawan pembaca yang mungkin mau mengajari adiknya, anaknya, keponakannya,dll. Thanks 😀

1 komentar

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!