Tips merawat Remote KeyLess agar lebih awet dan tidak trouble

Diposting pada

OtoBeken – Memang saat ini kunci kontak sudah mulai tergeser dengan adanya yang namanya KeyLess, selain dari segi keamanan yang cukup menjajikan. Memang KeyLess adalah sebuah tekonologi yang paling terkini saat ini, so PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ sudah menerapkan sistem ini pada motor keluaran terbaru nya seperti Freego, Lexi, Aerox S Version, Aerox Abs/Connected, Nmax Abs/Connected, Xmax, dan Tmax. Fitur ini mengurangi resiko kunci patah karena hanya membutuhkan remote atau yang disebut Smart Key System (SKS).

Selain menawarkan kepraktisan dan teknologi yang lebih canggih, penggunaan  SKS ini juga akan lebih aman. Oleh karena itu, SKS perlu dirawat agar memiliki performa yang prima. ” Ujar Dwi Suwanto selaku Instruktur Service Yamaha STSJ.

Jadi begini cara merawat SKS (Smart Key System)seperti berikut :

  1. Hindari bantingan atau jatuh dari ketinggian pada kunci keyless, karena terdapat sistem elektronik pada kunci keyless. Penekanan berlebih juga dapat menimbulkan kerusakan.
  2. Hindari remote terendam air, walaupun sudah memiliki karet pelindung namun kunci keyless tidak waterproof. Air yang masuk ke sela-sela berpotensi menimbulkan kerusakan.
  3. Ganti baterai remote yang asli bukan dengan yang aspal. Hal ini guna menjaga performa remote tetap dalam kondisi yang baik.

Remote akan terhubung dengan motor jika berada dalam radius 80 cm. Jika remote tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, lebih baik dimatikan sebab dalam jarak tertentu remote akan terus mengirim signal dan terhubung dengan receiver (smart control unit). 

Jika dalam suatu kondisi remote tidak dapat terhubung pastikan konsumen melakukan pengecekan kondisi remote dalam keadaan on atau off. Cara lain adalah dengan melakukan pengecekan baterai remote dengan cara menggunakan answer back berjarak 5 meter dan cek apakah terdapat kedipan lampu indikator keyless di speedometer.

Apabila seluruh indikator dalam kondisi normal namun remote belum bisa berfungsi, konsumen dapat menggunakan mode darurat yaitu dengan menghidupkan motor tanpa menggunakan remote. Cukup dengan memasukan kode pin yang terletak di plastik remote. Sekedar informasi bahwa pin bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh pemilik kendaraan. Demikian cara merawat KeyLess atau SKS(Smart Key System), semoga bermanfaat. Thanks 😀

3 komentar

    1. Untuk cara masukin kode pin nya itu tekan dan tahan knobnya,kang. Hitungannya menurut kedipan lalu lepas dan masukin kode pin selanjutnya sampai 6 digit.(KurLeb demikian, lebih lanjutnya chek YouTube) ada banyak petunjuknya,kang…xixixiixi, saya kebetulan belum praktek real, jadi belum bisa bikin videonya. 😉

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!