Komparasi mesin las IZUMI MO 120 vs H&L Smart mini series 450watt

Diposting pada

OtoBeken – Hampir beberapa lama vacum dari dunia pengetikan artikel, bisa dibilang lebih banyak bolong-bolong dalam membuat artikel. Dikarenakan OB sedang mengcreate sebuah rombong atau booth dengan nuansa kontainer dan juga didukung kondisi laptop rusak parah. Tentunya dengan demikian otomatis berkesempatan meggunakan mesin las yang telah lama terbeli, serta nganggur di rumah dalam waktu lama. Mesin las milik OB yang asli adalah H&L Smart mini series 450watt, sedangkan untuk IZUMI MO 120 pinjaman dari tetangga sebelah rumah πŸ˜‰ .

Hasil karya OB yang menelan waktu hampir 10 harian πŸ˜€

Apa saja kelebihan dari H&L Smart mini series 450watt ?

  • Body mesin lasnya cukup kecil, serta memiliki bobot yang cukup ringan dan sehingga jika ditenteng dengan strapnya ketika mengelas bagian atas berasa lebih ringan di pundak.
  • Harga sangat murah untuk mesin las tertulis 450 watt, kalau tidak salah dulu cuma Β±Rp.450.000,- saja.
  • Memiliki kabel tang las lebih panjang (standart bawaan).

Apa saja kekurangan dari H&L Smart mini series 450watt ?

  • Meskipun di spesifikasi tertulis data 450watt, namun nyatanya saat digunakan pada listrik rumah yang memiliki daya 2 paket (900 watt) tetap saja nggejlek beberapa kali, meskipun sudah di setting menggunakan ampere dibawa 50A dengan teknik las titikΒ².
  • Apinya sangatlah kecil dan juga tidak stabil untuk mengelas, semacam memang kurang ampere. Namun jika kembali dalam spesifikasi memiliki ampere yang mentok cuma 100A juga.

Apa saja kelebihan dari IZUMI MO 120Β ?

  • Sama-sama digunakan dalam daya listrik 2 paket (900watt), tidak pernah nggejlek listriknya. Jadi bisa dibilang cocok banget untuk kawan-kawan yang rumahnya sama berdaya 900watt. Meskipun dia tidak pernah mengeclaim atau menuliskan spesifikai 450watt di bodi ataupun dusnya.
  • Api lebih stabil saat digunakan mengelas dengan teknik titikΒ² ataupun di seret memanjang, semacam kalau orang Jawa bilang. Amperenya gede πŸ˜† jadi sensitifitasnya dapat πŸ˜‰
  • Fitur ini yang paling OB suka, dia memiliki auto cut arus. Jadi cocok bagi tangan kang las pemula macam OB, jika kondisi kawat las menempel lebih mudah ditarik/dilepas.
  • Mampu mengelas dengan kawat las ukuran 2.0 – 3.2 mm.

Apa saja kekurangan dari IZUMI MO 120Β ?

  • Harga lebih mahal, di paasaran harganya Β±Rp.600.000,-an namun tentunya ini sebanding dengan kemampuannya. So orang Jawa Bilang ” Rego nggowo Rupo ” artinya harga mahal pasti memiliki nilai lebih.
  • Body dan bobot lebih besar, jadi ketika ditenteng dengan strapnya untuk mengelas bagian atas. Cukup berasa berat dipundak, but masih dalam kondisi wajar.
  • Kabel tang las bawaan aslinya lebih pendek, mekipun ini bisa diganti dengan sesuai kebutuhan. Namun kita membahas soal bawaanya πŸ˜‰

Kebetulan OB menggunakan kawat las dengan type RD-460 2mm, meskipun sejatinya di IZUMO MO 120 mampu menggunakan kawat las 3mm sekalipun πŸ˜€ . Hanya saja kebetulan dirumah yang ready kawat las type tersebut, karena untuk H&L Smart mini series 450watt memang masih cukup keberatan ketika menggunakan kawat las 3mm.

Itulah beberapa ulasan OB yang memang real rasakan beberapa hari belakangan ini, so semoga bisa memberikan informasi yang berguna bagi kawan-kawan pembaca yang mungkin saat ini mau meminang mesin las yang mampu digunakan di daya rumah 900watt. Memang masih ada beberapa merk lagi yang mengclaim 450watt, seperti RYU, LAKONI, dll. Cuma OB belum pernah mencicipinya πŸ˜† Thanks πŸ˜‰

5 komentar

  1. Mau tanya bos.. Las izumi yg aq beli untuk ngelas apinya sngt tidak stabil.. Dicoba di bebrrapa rumah ttep apinya ga stbil.. Jditidak bisa buat kerja… Gimana ya.. Sayang masih baru padahal

    1. Kalau masih baru, coba dikembalikan saja ke toko/tempatnya beli. Otomatis kan masih garansi tuh, jadi jangan dibongkar-bongkar dulu. manfaatkan saja garansinya, biar tertangani dengan baik.

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!