Si Jule adalah panggilan motor PB, Yamaha Jupiter Z 2003 silam. Dulu waktu masih awal sering banget gonta-ganti olie dengan harga yang cukup lumayan nampol,ย sebut saja motul,Bm1,dsb. Semua merk olie yang bisa dibilang mahal, si Jule sudah pernah negak itu semua. Namun ketika sekitar tahun 2010an, si Jule diNol_kan(istilah mekanik), jadi kondisi standart abis. A.k.a jadi motor kembali gen awal, yang tanpa over stroke,dsb. Sejak itulah menggunakan olie biasa sebagai berikut ini :

Olie keluaran Pertamina ini cukup nyaman digunakan di mesin si Jule yang sudah standart lagi, hanya tinggal memakai Kopling manualnya tetap ๐Ÿ˜‰ . Untuk area size cylinder,dsb mesin Jule sudah standart lagi. Jadi tidak butuh olie yang super mahal, pakai aja yang cocok dan pas dikantong. Dipilihlah Olie Pertamina Enduro 4T, yang memilik SAE 20-50W. Harpa Rp.32.500,-/botol, so cukup normal untuk harga sebuah olie.

Efeknya cukup nyaman, tidak gampang anti slip kopling,dsb. Dipakai hinggaย ยฑ2500km juga masih bagus, tidak terlalu encer juga. Cuma ada sedikit ke anehan yang di alami si Jule, ketika ganti olie di 2000an km. Selalu saja berkurangย ยฑ200ml, padahal tidak ada gejalan rembesan olie dari mesin dan juga efek knalpot yang smoke. Kalau dichek semua baik-baik saja, namun entah lari kemana yangย ยฑ200ml tadi. Ada yang punya tips?? Tinggalkan pada komentar,kawan…trims ๐Ÿ˜‰

About these ads