Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Viar Q1 merupakan Motor listrik legal on road pertama dengan STNK – BPKB dan inilah detail semua jawaban!!

Surabaya – Beberapa tempoe hari Viar mengeluarkan atau telah me-launching product baru, yang merupakan Motor listrik legal on road pertama kali. Dengan menggunakan STNK & BPKB, dari sini sudah pasti bisa terjawab jikalau kali ini Viar memberikan sesuatu yang lebih sempurna daripada motor-motor listrik sebelumnya di tanah air. Selama ini motor listrik mini se-ukuran dengan Viar Q1 sudah pasti tidak ada STNK,dsb. So berarti dengan demikian, statusnya dijalanan adalah off the road. Namun tidak pada Viar Q1, yang sudah bisa resmi melenggang dijalanan dengan status legal. Selayaknya sebuah motor roda dua yang memiliki STNK sebagai tanda sah melenggang di jalan raya.

Viar Q1 1

Viar bekerja sama dengan perusahaan raksasa electric BOSH yang mana memiliki jaminan mutu pada setiap productnya, bisa di bilang product-product tool yang di buatnya selalu bisa di kategorikan product andalan. Artinya, jangan ragukan lagi soal ketangguhan dari Viar Q1 saat ini. Motor listrik Viar Q1 sangat terjangkau, yaitu hanya di banderol OTR : Rp 16.200.000,Area Jabodetabek. Untuk harga area lainya, masih akan menyusul sesuai dengan regulasi setiap daerah yang ada. Berikut ini spesifikasi dari Viar Q1 😉

Viar Q1

Question & Answer about Viar Q1

Q    :    Motor Listrik ini butuh berapa lama pengecasan?

A    :  Waktu yang dibutuhkan untuk pengecasan dari battery habis hingga battery penuh adalah 5 – 7 jam.

Q    :    Berapa kecepatan maksimal Viar Q1?

A    :    Maksimal kecepatan yang bisa dicapai kurang lebih sekitar 60 km/jam.

Q    :    Berapa lama garansi Viar Q1 dan meliputi apa saja?

A    :    Viar Q1 digaransi selama 1 tahun meliputi Engine / Motor, Battery, Controller, dan charger.

Q    :    Berapa jarak maksimal yang dapat ditempuh oleh Viar Q1?

A    :    Jarak maksimum yang dapat ditempuh oleh Viar Q1 hingga 60 km tergantung kepada beban pengendara dan kondisi jalan.

Q    :    Jika battery full 100% bisa berjalan / kuat berapa jam?

A    :    Kelebihan dari unit ini adalah arus atau daya yang ada pada battery baru akan berkurang jika tuas / handle gas dibuka, jadi jika tuas atau gas tidak dibuka maka daya pada battery tidak akan terkuras. Namun jika lampu dihidupkan tetap akan memakan daya yang sangat sedikit karena lampu yang digunakan adalah lampu LED.

Q    :    Apakah motor listrik aman di kondisi hujan atau banjir?

A    :    Sepeda motor Q1 telah dirancang sedemikian rupa untuk tahan terhadap kondisi hujan ataupun banjir karena untuk sisi engine / motor telah berstandart IP 4 yang atinya komponen ini adalah waterproof. Kemudian untuk sisi electrical, unit ini telah menggunakan socket yang tahan air.

Q    :    Kenapa motor listrik selalu dikatakan lebih efisien bila dibandingkan dengan motor bakar?

A    :    Tentu motor listrik lebih efisien karena tidak ada yang namanya sisa pembakaran, tidak ada gesekan komponen seperti piston, kampas kopling, dan gesekan penggerak seperti rantai atau belt. Efisiensi energy pada motor listrik mencapai 3x lebih efisien dibanding motor bensin.

Q    :    Untuk Viar Q1 apakah perlu servis rutin?

A    :    Tidak, Viar Q1 hadir dengan konsep low maintenance yang artinya Viar Q1 tidak memerlukan service berkala, pergantian oli, dan pergantian part-part lain seperti yang terdapat di sepeda motor konvensional.

Q    :    Apakah Viar Q1 aman untuk anak?

A    :    Viar Q1 telah didesain dengan kecepatan maksimal 60 km yang merupakan kecepatan standart berkendara sehingga lebih aman digunakan oleh anak, namun tentunya disarankan telah memiliki Surat Ijin Mengemudi. Sebagai informasi bahwa di Vietnam diberlakukan aturan bahwa untuk anak hanya boleh menggunakan menggunakan sepeda motor listrik untuk menekan angka kecelakaan dan ternyata aturan tersebut sangat efektif karena terbukti angka kecelakaan di kalangan remaja menurun secara drastis..

Q    :    Apa maksud dari konsep Go Green di Viar Q1?

A    :    Konsep Go Green yang ada di skuter listrik Viar Q1 adalah skuter yang ramah lingkungan karena tidak ada asap dan debu hasil pembakaran yang mengandung karbonmonoksida sehingga tidak membahayakan anda dan keluarga.

Q    :    Apakah biaya operasional motor listrik Viar Q1 lebih hemat dibanding motor bensin?

A    :    Ya tentu saja dengan Viar Q1 jauh lebih hemat. Coba kita asumsikan biaya bahan bakar motor listrik dengan motor konvensional. Maksimal pengisian yang dibutuhkan oleh Viar Q1 untuk menempuh jarak 60 km adalah sebesar 2 kwh atau sekitar Rp. 3.000,- (Rp. 1.500,- / kwh) per sekali pengisian, sedangkan motor konvensional membutuhkan sekitar 1 setengah lt atau Rp. 11.250,-. (Rp. 7.500,- per liter). Dan itu belum termasuk biaya servis berkala maupun pergantian part yang tidak ada di Viar Q1.

Q    :    Berapa nilai pajak STNK (BBN) Viar Q1?

A    :    Khusus di wilayah Jakarta dan sekitarnya, NIlai notice Pajak pertama kali sebesar Rp. 2.100.000,- dan untuk pajak tahunan selanjutnya kurang lebih sekitar Rp. 200.000,-

Q    :    Untuk daerah lain atau di luar Jakarta dimana bisa membeli Viar Q1?

A    :    Saat ini kami masih fokus untuk pemenuhan kuota indent, estimasi baru akan tersebar secara merata sekitar bulan Juli.

Q    :    Saya bisa Test Ride Viar Q1 dimana?

A    :    Untuk saat ini bila Bpk/Ibu berkeinginan untuk melakukan test ride dapat mengunjungi kantor pusat kami yang berada di Jl. Danau Agung Selatan Blok: O/3 No: 38 Sunter.

Q    :    Apakah Viar Q1 bisa dikredit?

A    :    Bpk/Ibu bisa melakukan pembelian kredit melalui lembaga pembiayaan ADIRA Finance. Untuk pengajuan dengan ADIRA anda cukup melampirkan foto copy KTP dan anda akan segera dihubungi oleh pihak ADIRA untuk melakukan survey. Atau anda juga dapat melakukan pembelian secara online melalui E-Commerce Blibli.com dan anda dapat mengajukan cicilan hingga 0% dengan kartu kredit.

Q    :    Viar Q1 berapa cc?

A    :    Karena ini motor listrik maka satuannya bukan cc seperti motor biasa namun menggunakan satuan Watt. Motor Viar Q1 memiliki power 800 watt.

Q    :    Bagaimana akselerasi Viar Q1 ini?

A    :    Untuk motor listrik Viar Q1 memiki akselerasi yang sangat besar pada tarikan awal dan smooth pada putaran mesin selanjutnya.

Q    :    Bagaimana cara mengecas motor listrik ini?

A    :    Bpk/Ibu secara otomatis akan mendapatkan bonus charger yang dapat digunakan untuk mengisi daya battery. Caranya pun sangat mudah karena anda tinggal menghubungkan ke stop kontak seperti halnya mengecas handphone.

Q    :    Battery yang digunakan di Viar Q1 jenis apa? Dan ada persamaannya dengan aki biasa?

A    :    Battery yang digunakan adalah tipe lithium ion tanpa maintenence dan battery ini berbeda dengan aki biasa karena memiliki penghubung yang khusus.

Q    :    Part mana saja yang menggunakan komponen Bosch?

A  :   Saat ini di dalam Viar Q1 telah menggunakan drive system atau motor, controller, ECU, dan charger dari Bosch.

Itulah kawan, beberapa pertanyaan yang sudah di ajukan. Serta sudah lengkap dengan jawaban yang cukup detail dan meyakinkan, so tak ada istilah ragu-ragu dalam membeli product Viar Q1 yang terbaru ini. Thanks, semoga menginformasi 😀

3 Comments

Add a Comment
  1. kapan ya bisa dicas pake powerbank :mrgreen:

    1. Hahaha.. Mungkin, next nggak perlu powerbank. Tinggal ganti cadangan saja…???

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: