Suroboyo Bus Gratis, cukup dengan Sampah AMDK bayarnya dan ini caranya !!

oleh

Surabaya –  Ada informasi yang sangat menarik, wajib diketahui bagi para masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Atau juga para wisawatan yang kebetulan berkunjung ke Surabaya, wajib tahu akan hal yang luar biasa ini. Mungkin sebagian orang tertentu sudah pada tahu, jika sejak tgl.7 April 2018 kemarin kota Surabaya memiliki fasilitas baru yang diberikan nama ” Suroboyo Bus “uniknya bus ini tidak menerima bayaran berupa uang. Namun dengan sampah bekas AMDK ( Air Minum dalam kemasan ) yang mana ada beberapa ketentuanya sebagai berikut 😉

Saat ini sudah ada 8 unit Bus yang tersedia, namun sementara masih 6 unit setiap harinya yang beroperasi. Dikarenakan 2 unit sementara untuk cadangan saja, ketika mungkin ada something trouble dengan 6 unit bus yang beroperasi ini. Mungkin ban meletus, atau something wrong lainya yang tentunya bisa saja terjadi tanpa diduga sebelumnya. Untuk rencana kedepanya pastinya akan selalu menambah unit bus, namun secara bertahap tentunya.

Sekali lagi bagi yang ingin mencoba sensasi naik ” Suroboyo Bus ” yang sama sekali tidak menerima pembayaran berupa uang, baik dalam segala hal kondisi apapun ini. Sementara waktu memang Gratis 100%, namun untuk mulai pada tgl. 1 Mei 2018 nanti. Sudah berlaku pembayaran dengan sampah, mungkin pada bertanya-tanya kok sampah bagaimana? Yups, sampah yang dimaksudkan adalah gelas atau botol AMDK yang sudah bekas. A.k.a isinya sudah kita minum, jadi kalau mungkin selama ini selalu habis kita minum di minimarket langsung kita buang. Ada baiknya dikumpulkan saja di rumah, sehingga bisa ditukarkan di Bank sampah untuk mendapatkan tiket gratis ” Suroboyo Bus ” ini. Simak baik-baik caranya sebagai berikut 😉

Mudah bukan, cuma kita perlu menyetorkan 10 gelas plastik bekas AMDK, atau 5 botol 500ml AMDK, atau 3 botol besar 1-1,5liter AMDK untuk mendapatkan 1 tiket naik bus ini. Routenya bisa dilihat di atas itu, ya intinya dari Terminal Purabaya (Bungurasih) menuju JMP ( Jembatan Merah Plaza ) menuju sebaliknya ( ke Bungurasih kembali ). Ingat, Bus ini tidak bisa berhenti sembarangan tempat. So pastikan dulu tujuan yang mau kita tuju, ada terdaftar dalam list halte diatas itu apa tidak? Jika memang terlalu jauh, mendingan gunakan Bus kota lainya. Namun kemarin saat PB mencoba menggunakan ” Suroboyo Bus ” ini haltenya bisa dibilang cukup berdekatan satu sama lainya. naik dari Siola, menuju bungurasih hanya sekitar ±45 menitan. Dengan kondisi jalanan cukup padat juga, memang ” Suroboyo Bus ” tidak ada istilah ngetem di halte atau menurunkan penumpang atau sebaliknya di sembarang tempat.

Adapun beberapa peraturan yang wajib juga di pahami saat dalam Bus adalah, soal pembagian tempat duduk yang dibedakan dengan warna jok. Untuk deretan depan adalah berwarna pink untuk kaum ibu-ibu atau perempuan. Sedangkan untuk tengah kebelakang dengan warna jok orange adalah untuk kaum laki-laki. Dibedakan demikian karena bertujuan menolak maraknya pelecehan di bus umum waktu pertama kali saat Busway beroperasi dulu. So dalam ” Suroboyo Bus ” mengatisipasi jauh-jauh hari, dengan kapasitas mentok 67 penumpang dan include yang berdiri.

Peraturan ” Suroboyo Bus “

Selain itu juga dilarang merokok di dalam Bus, tidak boleh makan dan minum yang rawan mengotori atau tumpah di tempat duduk. Tidak boleh melakukan pelecehan seksual terhadap penumpang, karena ada 8 unit cctv yang mengawasi. Serta di dalam bus ini ada ± 3 crew yang terdiri dari 1 driver, 1 kondektur, dan 1 lagi petugas keamanan. Kebetulan waktu PB kemarin mencoba yang jadi crew mbak-mbak cantik loch 😉 😆 #cekidott!! :mrgreen:

Owch iya, untuk menyingkat waktu dan keadaan. Kalau teman-teman mungkin nggak mau ribet setiap kalinya mau naik bus ini, pakai menenteng botol-botol bekas. Bisa di setorkan di bank sampah yang tersedia di terminal Purabaya ( pintu bagian belakang/depan pabrik GG ) yang bagian timur. Jadi sekalian bawa banyak, mungkin sekarung gitu. Langsung tukarkan dengan 1 tiket berlangganan yang ada beberapa kali pakai ( jadi sekali naik akan dicentang/dilubangi 1 x ) dalam tiket berlangganan ini.

Bagaimana kawan, penasaran ingin mencobanya? Langsung saja sambangi titik halte yang tertera diatas tadi. Disetiap harinya mulai pk. 06.00-21.00wib, meskipun tertera di tulisan sampai pk.22.00wib. Disarankan sama crewnya kalau bisa, jangan ngepres di pk.22.00wib, karena Busnya mungkin sudah on the way sampai mana gitu. Suroboyo Bus ini adalah gebrakan pertama kali transportasi umum yang berbasih gratis di Indonesia Raya tercinta ini, keren loch kawan. Busnya cukup adem, nyaman, dan tentunya air suspension. Nanti buat membahas busnya, dalam artikel yang berbeda yaa 😆 Thanks, jangan lupa play video dibawah ini. Semoga menginformasi 😉


Follow PotretBikers On :

 

Instagram     : potretbikers
FansPage     : PotretBikers
FaceBook     : Gesang Potret Bikers
Twitter          : @gesang86
E-mail           :gesanghidayat@gmail.com
WhatsApp   : 081 290 2727 00
BBM             : D66D69DA

 

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!