Begini Tips Jual Motor Bekas Agar Harga Jual Tinggi

oleh -14 views

Surabaya – Anda yang bosan dengan sepeda motor Anda, menjual motor ke dealer atau ke orang per orang bisa jadi solusi untuk mengganti sepeda motor Anda menjadi sepeda motor baru. Atau mungkin Anda sedang mengalami kesulitan dalam hal keuangan, maka menjual motor bisa jadi jalan keluar dari kesulitan tersebut.

Tetapi, tidak semua motor bekas bisa memiliki daya jual tinggi. Adakalanya kesenangan Anda memodifikasi motor justru membuat motor tersebut jatuh harganya. Selain itu tentu motor harus dalam kondisi baik, agar memiliki daya jual tinggi.

Berbicara tentang kondisi baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik motor sebelum menjual sepeda motornya. Beberapa hal tersebut akan menentukan harga jual maupun kesediaan calon pembeli untuk membelinya. Seperti dilansir Harapan Rakyat, berikut tips jual motor bekas agar harga jual tinggi:

Bodi

Bodi motor yang mulus berbanding lurus dengan tingginya harga motor tersebut. Orang yang akan membeli motor Anda tidak akan bersedia membeli dengan harga tinggi bila bodi motor sudah ada yang retak atau warnanya kusam. Karena itu bila ada bagian bodi motor yang retak, pemilik disarankan untuk menggantinya dengan yang baru terlebih dahulu sebelum menjualnya. Tentu saja menggantinya dengan yang asli.

Dengan mengganti bodi motor yang sudah rusak dengan bodi yang masih mulus, maka motor bisa dibeli dengan harga tinggi. Misalnya, bila harga bekas di pasaran dari motor tersebut Rp 6 juta, tetapi jika ada bagian dari bodi motor yang rusak, maka dealer atau pun pembeli hanya akan menghargai motor Anda dengan harga Rp 4,5 juta saja. Selisihnya sebesar Rp 1,5 juta dipakai oleh dealer atau pembeli untuk membeli bodi yang baru. Karena si pembeli terutama dealer yang akan menjual kembali motor tersebut, tentu tidak mau menjual motor yang bodinya sudah rusak.

Ban

Ban adalah salah satu bagian motor yang juga akan diperhatikan kondisinya oleh pembeli. Jika ban sudah gundul, motor yang akan Anda jual cenderung dihargai lebih murah. Misalnya, seseorang membeli motor yang bannya sudah gundul, maka si pembeli akan menggantinya dengan ban yang masih baru. Biaya pergantian itulah yang akan dibebankan ke pemilik motor, dengan cara menghargai motor tersebut dengan harga lebih murah.

Rantai

Sedikit tips jual motor bekas agar harga jual tinggi untuk pemilik motor bebek dan sport, rantai beserta gear sebaiknya diganti terlebih dahulu sebelum dijual kembali. Karena jika rantai dan gear masih dalam kondisi baik, maka motor bisa langsung dipajang oleh dealer. Berbeda jika rantainya rusak maka, pihak pembeli atau pun dealer harus memperbaiki rantai tersebut terlebih dahulu.

STNK

Surat-surat kendaraan yang akan Anda jual haruslah lengkap. Para pembeli terutama dealer umumnya tidak mau direpotkan dengan urusan STNK motor yang masa berlakunya sudah habis. Jadi bagi Anda, para pemilik motor yang masa berlaku STNK-nya  sudah habis, ada baiknya Anda mengurus terlebih dulu pajak dan perpanjangan STNK  jika ingin motor bekas Anda dibeli dengan harga tinggi.

Selain tips jual motor bekas agar harga jual tinggi di atas, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut:

Merawat motor

Agar bodi motor, ban, dan rantai sepeda motor Anda dalam kondisi mulus, maka yang perlu Anda lakukan adalah merawat sepeda motor tersebut. Misalnya, Jangan biarkan sepeda motor Anda tidak dicuci dalam waktu yang lama, karena kotoran yang menempel di knalpot atau bagian motor lainnya bisa membuat motor Anda karatan.

Jangan Terlalu Banyak Modifikasi

Jika ingin harga jual motor bekas Anda tinggi, maka pastikan Anda tidak terlalu banyak memodifikasi sepeda motor, karena motor yang dimodifikasi berlebihan biasanya harga jualnya lebih rendah karena pihak pembeli atau pun dealer harus mengembalikan motor tersebut ke pengaturan standar mereka.

Alasan dibalik tidak boleh memodifikasi sepeda motor agar harga jualnya tinggi, salag satunya adalah karena modifikasi sangat bergantung pada selera masing-masing orang, yang tentu saja akan berbeda satu sama lain. Tidak semua orang ingin motor dengan suara yang kencang atau bentuk yang unik.

Kedua, modifikasi juga dapat mempengaruhi pemakaian bensin dan hal tersebut biasanya diperhatikan oleh pembeli motor bekas. Biasanya motor modifikasi akan menghabiskan bensin lebih banyak dibandingkan motor yang masih standar. Karena itu, sebaiknya Anda pikirkan  terlebih dahulu jika ingin memodifikasi motor karena berpengaruh terhada harga jual motor.

Simpan Surat-surat Penting Sepeda Motor Anda

Jika Anda akan membeli sebuah motor bekas, maka Anda akan diberikan beberapa surat yang menjelaskan spesifikasi motor serta yang paling penting membuktikan kepemilikan motor. Surat-surat kendaraan seperti BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) harus Anda simpan dan jangan sampai hilang. Surat-surat ini penting untuk menunjukkan bahwa motor tersebut Anda beli secara legal dan bukanlah hasil motor curian.

Jika Anda kehilangan salah satu dari surat-surat ini, maka harga beli motor bekas Anda akan jatuh, bahkan bukan tidak mungkin motor bekas Anda susah laku karena tidak lengkapnya surat-surat kendaraan yang Anda miliki.

Salah satu yang penting juga dalam hal surat-surat kendaraan ini adalah pajak kendaraan. Kenyataannya, semakin banyak pajak yang tertunggak, maka semakin rendah pula harga jual motor bekas Anda. Selain itu, Anda tidak bisa menjual motor bekas Anda dengan harga tinggi karena baik Anda maupun calon pembeli harus  mengeluarkan biaya untuk pengurusan pajak. Sebaliknya, jika Anda baru saja melunasi pajak tahunan, maka Anda dapat menawarkan harga yang lebih tinggi karena pembeli tidak perlu membayar pajak untuk waktu yang cukup lama.

Itulah tips jual motor bekas agar harga jual tinggi. Pastikan Anda merawat motor Anda, tidak memodifikasinya dan jangan lupa bayar pajak kendaraan sepeda motor Anda tepat waktu! Thanks 😉


Follow PotretBikers On :
E-mail           : potretbikers.dotcom@gmail.com
WhatsApp   : 081 290 2727 00

2 thoughts on “Begini Tips Jual Motor Bekas Agar Harga Jual Tinggi

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!