Nikung Pas naik motor itu harus jago!! ini penjelasan Yamaha STSJ

Diposting pada

OtoBeken –  Memang urusan naik motor itu tidak bisa asal sebatas betot gas dan bisa jalan, namun perlu adanya beberapa hal yang perlu wajib di perhatikan dan dikuasai. Sejatinya sepeda motor masih menjadi kendaraan yang dipilih oleh masyarakat dalam rangka menunjang mobilitas sehari-hari. Beragam kondisi dan karakter dijalan harus dihadapi oleh pengendara. Salah satunya yaitu kondisi jalanan berbelok atau menikung. Dalam menghadapi kondisi tersebut, pengendara memerlukan perhitungan yang pas agar tidak terperosok di jalanan. Dibutuhkan teknik yang baik agar pengendara selamat dalam menghadapi tikungan.

Untuk menjaga keselamatan bersama, ada beberapa poin yang harus dipahami oleh pengendara dalam menghadapi tikungan. Jadi mohon untuk di pahami dengan betul karena ini menyangkut keselamatan dalam berkendara, ” ungkap Dwi Suwanto selaku Instruktur Service Yamaha STSJ.

Oleh karena itu, PT. Surya Timur Sakti Jatim selaku atau Yamaha STSJ selaku main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara memberikan membeberkan beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan oleh pengendara sepeda motor dalam menghadapi tikungan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengendara :

  • Pertama, pengendara harus mengurangi kecepatan kendaraan agar tidak over speed. Ketika mendekati tikungan, kurangi kecepatan kendaraan anda dengan menutup gas atau menggunakan rem pada saat  posisi motor masih lurus. Nyalakan lampu sein ketika ingin berbelok sebagai peringatan untuk kendaraan lainnya.
  • Selanjutnya, perluas pandangan saat masih jauh. Pengendara harus melihat kondisi sekitar jalanan agar mampu memprediksi kendaraan yang berpotensi dari arah lain. 
  • Setelah selesai menghadapi tikungan, pengendara sudah bisa kembali menambah kecepatan kendaraan masing-masing. 
  • Perlu diperhatikan kondisi ban, kondisi jalan dalam keadaan berpasir, tanah, atau basah. Sistem pengereman juga menjadi salah satu hal yang penting, sebab jika terjadi hard braking secara tiba-tiba menyebabkan kendaraan kurang stabil.  Kualitas dan kondisi jalanan juga menjadi hal yang harus diperhatikan oleh setiap pengendara.

Nah, itu beberapa penjelasan dari yang ahli dibindangnya. So kawan-kawan pembaca jika masih baru mengenal atau baru saja pindah menggunakan kendaraan bermotor, perhatikan hal-hal tersebut. Agar tetap aman dan nyaman selama berkendara dijalanan. Thanks :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *