Tips Aman Melewati Genangan Air Saat Berkendara dengan Motor

Diposting pada

OtoBeken – Bisa dibilang memang bulan-bulan saat ini adalah musimnya penghujan, so sudah pasti dimana-mana seringkali kita jumpai banjir. Ataupun genangan-genangan air di jalan, apalagi jika jalanya sudah rusak. Dengan demikian membuat para pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati dalam berkendara di jalan raya, terutama kondisi jalan yang terkadang penuh dengan genangan air.

Untuk menjawab hal tersebut, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta yaitu Setiawan Andy memberikan beberapa tips dalam melewati genangan air saat berkendara dengan motor :

  1. Pastikan kondisi motor dalam keadaan prima, kondisi mesin dan rem baik serta kondisi ban dalam kondisi baik, alur ban tidak botak dan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  2. Kurangi kecepatan sebelum melewati genangan air, gunakan rem depan dan juga belakang secara halus, agar mengurangi resiko selip saat melakukan pengereman di jalur yang basah.
  3. Posisikan tubuh kita, tangan dan bahu rileks agar apabila melalui genangan, terkadang kondisi jalanan rusak sehingga dibutuhkan keseimbangan tubuh agar motor tetap terkendali. Kaki dan lutut pengendara menjepit tangki bahan bakar apabila menggunakan motor sport, atau pastikan kaki bisa rapat di dalam dek motor (kaki tidak keluar dari dek motor) apabila menggunakan motor bebek atau matik, hal ini diperlukan untuk membantu pengendalian motor.
  4. Hindari cipratan air atau arus air yang sekiranya dapat mengganggu keseimbangan motor maupun kondisi mesin.
  5. Kenali karakter jalan yang akan dilewati, dan upayakan mencari jalan alternatif yang lain untuk menghindari jalan yang tergenang air apalagi yang terlalu dalam.

Demikian tips yang bisa dibagikan, semoga dapat menjadi panduan dalam berkendara saat kondisi penghujan seperti saat ini. So tetap hati-hati dijalan selalu jaga kondisi kesehatan yes, Kawan-kawan!! Thanks :D