Yamaha STSJ berikan informasi terkait manfaat Tune Up Kendaraan secara rutin

Diposting pada

OtoBeken – Memang Tune UP merupakah hal yang sangat penting untuk dilaksanakan dalam merawat kendaraan, karena didalamnya terkait banyak hal yang penting. Karena Sepeda motor nyatanya masih menjadi salah satu transportasi yang kerap dipilih oleh masyarakat. Selain dinilai lebih efektif dalam menghemat waktu, sepeda motor juga menawarkan kepraktisan pengendaranya dalam berkegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban setiap pengendara untuk memperhatikan kondisi kendaraannya agar performa tetap terjaga. Sebab seiring dengan pemakaian motor secara terus menerus, akan terjadi perubahan kualitas maupun kinerja pada komponen kendaraan.

β€œ Istilah Tune Up pasti sudah banyak didengar oleh masyarakat. Namun yang masyarakat harus dipahami oleh konsumen adalah Tune Up itu berbeda dengan service biasa. Keduanya memang memiliki tujuan yang sama yaitu menjaga performa kendaraan agar tetap awet, Konsumen juga bisa langsung datang ke bengkel resmi Yamaha terdekat untuk melakukan perawatan kendaraannya. Teknisi handal Yamaha dengan sigap akan membantu merawat kendaraan anda agar performa nya tetap terjaga. ” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ)

Pemilik kendaraan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tune up motor. Tune Up berfungsi untuk mengembalikan mesin kendaraan ke posisi yang optimal, efisiensi bahan bakar, meningkatkan akselerasi, hingga meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Sehingga dapat dikatakan bahwa tune up berguna untuk menstandarisasi kondisi kendaraan seperti standar awal. Ketika performa kendaraan mengalami gangguan, konsumen bisa melakukan tune up kendaraan di bengkel resmi Yamaha.

Berbeda dengan tune up, Sedangkan service memiliki arti yang cukup luas. Tune up berfungsi untuk melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan komponen yang ada dalam kendaraan. Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala sehingga membantu pengendara untuk mendeteksi potensi kerusakan yang ada pada kendaraan.

Tune Up sendiri dapat dibagi kedalam tiga bagian. Untuk bagian pertama difokuskan pada komponen mesin seperti busi, oli, filter udara, filter bensin, kopling, hingga karburator. Untuk bagian kedua yaitu pengecekan pada chasis yaitu kemudi pada motor, suspensi, rantai, ban, velg, hingga kampas rem pada kendaraan. Selanjut nya adalah bagian kelistrikan sepeda motor seperti tegangan aki, pengisian, fuel injeksi, lampu hingga klakson juga turut masuk dalam komponen yang harus diperhatikan.

Agar performa kendaraan tetap optimal, pengendara disarankan untuk melakukan tune up dalam kurun waktu 3 bulan sekali atau per 3.000 km. Waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan pada kendaraan. Thanks πŸ˜€

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!