Yamaha GT 125, kurang apa coba??

Diposting pada

Kemarin tgl.25 Januari 2014, PB berkesempatan mendapat undangan untuk mencoba Yamaha GT 125 buat keliling di Kota Surabaya (artikel di Sini). Karena memang tidak bisa memaksimalkan dalam mengetestnya, jadi mohon maaf tidak bisa mengulas lebih banyak selain hanya menengok fitur-fitur yang nampol di Yamaha GT 125 ini. Misal untuk mengulas seberapa iritnya BBM, berapa Top Speednya,dsb. Sudah pasti tidak bisa PB lakukan, sesuai dalam artikel kemarin 😀

Yamaha GT 125 tampak depan (Eagle Eye_nya nampak jelas)

Menurut PB Yamaha GT 125 ini memang benar-benar penyempurnaan dari Yamaha Xeon series sebelumnya, walau saat ini yang di tonjolkan lebih ke GT 125. Namun tidak dipungkiri kalau Yamaha GT 125 ini memang dibangun dari cikal-bakal Yamaha Xeon series. Karena yang kurang dari Xeon RC & serie sebelumnya, kini semua ada di GT 125. Mulai dari design lampu, sudah menggunakan  design dasar lampunya Soul GT(mirip dengan nuansa mobil camaro).

Speedometernye enak dipandang, panel indikatornya jelas.

Fitur keselamatan seperti “SMART STAND SWITCH” dimana Mematikan mesin secara otomatis saat standar samping diturunkan. Dilengkapi lampu indikator yang berkedip saat fitur ini diaktifkan. Untuk sektor belakang ada ” SPORTS CAR TAIL LAMP” model Sporty dan Modern dengan efek Smoked Lens, cahaya lebih jelas terlihat namun tidak menyilaukan. Serta “BIG BIKE MUFFLER” yang terinspirasi matic mogenya Yamaha T-Max, jadi lebih terlihat elegant.

SPORTS CAR TAIL LAMP & BIG BIKE MUFFLER

Serta tak ketinggalan adanya “SMART LOCK SYSTEM” yang istilahnya lebih familier dengan nama hand rem, dimana Mudah dan Praktis untuk mengunci rem saat parkir ditanjakan dan hanya perlu satu jari untuk mengaktifkannya. Lalu bagasi dibawah jok lumayan besar juga, bisa menelan helm half face (kalau fuel face tidak muat).

SMART LOCK SYSTEM & BIG BAGASI

Untuk fitur-fitur yang tertancap di GT 125 ini menurut PB sangatlah menarik untuk digunakan harian, karena terhitung sangat lengkap dan fungsional. Namun ada Minusnya menurut PB, entah beneran atau cuma perasaan PB yang salah. Soal akselerasi kok PB rasa malah seperti lemot, padahal kubikasi 125cc. Bila dibandingkan dengan Yamaha X-Ride(karena pas acara kemarin, sempat dikasih test ride Yamaha X-Ride juga) padahal kubikasi Yamaha X-Ride hanya 110cc. Namun PB merasakan kalau tarikan akselerasi Yamaha X-Ride lebih reponsif bila dibandingkan dengan GT 125 ini. :mrgreen:

Sedangkan sektor mesin, sepertinya tidak jauh beda dengan Yamaha Xeon RC hanya saja GT 125 sudah menggunakan teknologi YMJET-FI. Berikut ini detail dari spesifikasi Yamaha GT 125, adalah sebagai berikut:

DIMENSI
P X L X T 1.855 mm X 700 mm X 1.070 mm
JARAK SUMBU RODA 1.265 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH 135 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK 760 mm
BERAT ISI 101 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN 3,8 liter
MESIN
TIPE MESIN 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
JUMLAH / POSISI SILINDER Silinder Tunggal / Mendatar
DIAMETER X LANGKAH 52,4 X 57,9 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI 10,9 : 1
DAYA MAKSIMUM 11,4 PS (8,4 kW) / 9.000 rpm
TORSI MAKSIMUM 10,4 N.m (1,06 kgf) / 6.500 rpm
SISTEM STARTER Electric Starter dan Kick Starter
SISTEM PELUMASAN Basah
KAPASITAS OLI MESIN 0,9 Liter / Perawatan Berkala : 0,8 Liter
SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel Injection System) YMJET-FI
TIPE KOPLING Kering, Kopling Sentrifugal
TIPE TRANSMISI V-belt Otomatis
POLA PENGOPERASIAN TRANSMISI Otomatis

Itulah kesan dan pesan yang bisa PB sampaikan soal produk terbaru Yamaha GT 125, karena hanya bisa menikmati secara terbatas. Jadinya penjelasan dan ulasannya hanya bisa sampai sejauh ini saja, mungkin jika suatu saat nanti ada kesempatan “Pinjem Pakai” untuk beberapa hari macam blogger kondang. Mungkin PB bisa mengeksplore lebih jauh soal seluk-beluk si GT 125 ini, semoga artikel ini bisa menginspirasi 😆 😀 🙂 Terimakasih.

62 komentar

  1. Dari banyak ulasan para blogger sepertinya memang mumpuni banget motor yg satu ini. Tarikan lbh lemot dibanding X-ride, mungkin karena x-ride memang dibuat utk menempuh jalanan segala medan, jd tarikan dibuat lbh ringan (mungkin lho yaa…blm pernah nyoba dua2 nya).

  2. wah tenaganya besar juga kayak vario 125
    hahaha. Kalau kurangnya ya mungkin kurang murah wakakakak

  3. Xeon GT 125 sadelnya terlalu empuk sampai mentok didasar plastiknya. jadinya malah sakit pantat sampai pinggang n bahu, kalau dipakai 1/2 jam lebih. Parah nih designnya!!…kalau xeon yg lama terlalu keras !!…Nyesel Broo beli Xeon GT125… dikomplain katanya ya memang begituu..

  4. ஐﻬ Tgl 1 Mei 2014 pukul 12.30, saya ke Dealer Yamaha di seputaran Jak-Sel.. niat sebenernya sih hanya utk melihat² motor XEON [belinya minggu depan aja]..
    ♣ Ehhh tau² kepincut dng Body GT125 Eagle Eye, tanpa pikir panjang saya langsung Order.. dan total hanya 4 jam sejak saya ke Dealer dan Motor sdh dianter kerumah saya, dan langsung meluncur ke POM Bensin utk isi PERTAMAX PLUS [krna kompresinya 10,9 : 1] dan terbukti Akselerasi dan Tarikannya sangat responsif
    https://www.youtube.com/watch?v=965jcTyk6ls

  5. kalo antara GT 125 dan x-ride lebih rekomen yang mana yaa? dari segi kenyamanan dan handling nya..

  6. kurangnya 1 = kurang laku
    lha wong FBY tajir mesti beli R25 minimal lele dumbo lah….
    mang FBH meli metic….

  7. mas udah dapat perbandingan iritnya? pasti yg ini lebih boros di bandingkan SOul GT.. ya kaan..

  8. Gan, mohon pencerahannya nie, sayapakai Xeon GT125 sejak tahun kemarin, seminggu yang lalu XGT125 tsb di tabrak orang, mika lampu depannya pecah, nanya ke Dealer Yamaha harus beli 1 set lampu depannya, apakah ada yang jual mika depannya aja utk XGT125 ? Terimakasih Gan – Andy 0878.210.31222

    1. Biasanya yang dijual terpisah imitasi, kalau yang asli…kebanyakan memang satu paket 😉

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!