About these ads

Tips membeli Kamera DSLR 2nd

Dari artikel sebelumnya, banyak beberapa masukan lewat komentar atau e-mail yang tanya soal cara memilih kamera DSLR 2nd(bekas). Baru hari ini sempat PB buatkan artikel, maklum lagi banyak urusan. So sering kali tidak mengurus blog, balas komentar saja lambat. Apalagi blogwalking, mohon maaf masih sangat terbatas untuk beberapa hari belakangan ini. Intinya tak serajin dahulu lagi, hehehe… Yukss, mulai bahas apa saja yang perlu di perhatikan ketika membeli kamera DSLR 2nd?? Silahkan disimak berikut ini :

Software untuk mengecek Shutter Count ๐Ÿ˜‰ .

Laptop , bawa laptop ketika mau membeli kamera DSLR 2nd. Siapkan software diatas itu, tergantung mau membeli merk Canon/Nikon. Tinggal sesuaikan saja softwarenya, kalau Nikon bisa diCheck dengan memasukan photo terakhir ke software opanda exif, jadi disana nantinya akan kelihatan photo terakhir dibuat dengan shutter count ke berapa?? Canon bisa dicheck melalui software EOSinfo, dimana dengan cara menghubungkan kamera DSLR dengan kabel data bawa’an keLaptop. Disana nantinya akan muncul beberapa info, termasuk banyaknya shutter count.

Check kebersihan Sensor optik, caranya dengan memotret permukaan kertas putih yang bersih tanpa noda. Lalu hasil dari kamera di zoom hingga besar, ada titik noda apa tidak. Lalu bisa juga dengan cara memasukan kepada Laptop lagi, untuk mengecheck hasil jepretan tadi.

Check kebersihan Lensa, Jika membeli kamera DSLR sekaligus lensanya. Silahkan lepas lensanya dari kemera, lalu terawang dengan mata telanjang arahkan ujung lensa ke lampu / sumber cahaya. Jika memang ada jamur, disana akan terlihat semacam garis-garis berbentuk akar. Namun jika bersih, berarti aman tidak ada jamur.

Check Fungsi-fungsinya, biasanya untuk kamera DSLR 2nd ini terkendala sama fungsi AF(Auto Focus), jadi silahkan coba untuk memotret sebuah objek. Jika memang AF berfungsi dengan baik, berarti waktu memotret dia bisa membidik focus sendiri(auto). Lalu check beberapa fungsi tombol, biasanya tombol shutter tadi. Kalau memang masih bagus & terawat, tombol shutter ini terasa empuk dan mudah untuk memotret. Untuk body, silahkan check apakah masih mulus atau ada baret seperti bekas benturan/semacamnya. Lebih baik, jangan di beli ๐Ÿ˜‰

Check Kelengkapan : Usahakan kalau membeli kamera, tetap telitiย document lengkapnya. Guna menghindari sesuatu yang tidak di inginkan, biasanya dos_book – cd software,dsb. ย Kelengkapan ini nantinya jikaa ingin di jual kembali, bisa mensetabilkan harga jual kembali.

Sekian dulu beberapa tips sederhana dari PB, semoga saja bisa membantu kawan semua yang lagi mencari kamera DSLR bekas(2nd). Jangan lupa selalu UpDate terlebih dahulu soal harga pasaran yang ada, terkadang pasar kamera bekas DSLR ini diluar kebiasa’an. Untuk yang beli lewat Online, usahakan untuk selalu COD guna menjaga sesuatu hal. Atau belilah di tempat yang terpercaya, terimaksih… ๐Ÿ˜‰

BONUS :

Photoin aku dong,bang ๐Ÿ˜‰ .
About these ads

82 Comments on Tips membeli Kamera DSLR 2nd

  1. Nah, kalau hasil jepretannya seperti foto bonusnya, berarti tuh kamera emang masih bagus banget yah gan? ๐Ÿ˜€
    Langsung beli ajah kalau dijual sama pemiliknya.. ๐Ÿ˜‰

  2. Aku dulu juga sudah kesengsem untuk memiliki kamer DSLR namun karena tidak ada pengethuan sedikit pun tentang kamera jadinya sampai sekarang masih belum terkabul ๐Ÿ˜†

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Review : New Honda Vario 110 FI | TegeanBlog.Com

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!

%d blogger menyukai ini: