Selalu Chek Ketegangan Rantai motor agar tetap #Cari_Aman !!

Surabaya – Musim hujan sudah mulai rajin banget menghampiri Surabaya dan sekitarnya, so buat yang  keseharianya masih naik motor manual a.k.a yang masih menggunakan penggerak rantai. Entah itu motor Sport ataupun juga motor bebek, yang pastinya bukan untuk matic ya tips kali ini 😛 . Cuaca yang demikian ini juga kita selain menjaga kondisi tubuh tetap fit dengan mengunsumsi vitamin serta makanan sehat, tentu saja juga wajib menjaga tunggangan kita tetap fit. Apalagi kalau sudah hujan begini, di Kota Surabaya cepet banget tercipta genangan masa lalu air.

Selain hanya rajin melumnasi rantai, seperti yang pernah PB share dalam artikel ( disini ). Kita juga wajib selalu rajin chek ketegangan rantai motor kita, agar tetap safety saat dipakai dalam speed tinggi maupun juga saat menerjang genangan air yang cukup dalam ( sebut saja banjir ). Karena ketika motor digunakan untuk menerjang banjir, tentu saja beban berat yang di dapatkan untuk rantai motor kita semakin tambah. So kalau terlalu kendor, bisa bahaya dan rawan lepas tentunya.

Sebetulnya ada pedoman yang di tempelkan di Swing arm motor, namun yang begini ini sering acap kali dilupakan atau bisa dibilang diabaikan sama pengendara. Padahal dengan tujuan yang demikian ini, biar kita sebagai pengendar selalu waspada atau teringan dengan kondisi rantai pada motor kita. Karena rantai itu adalah piranti paling vita, yang lingkup geraknya paling luar.

Gampang caranya ngecek, tinggal dorong saja pakai jari kita. Normalnya yang dianjurkan untuk jarak bebasnya adalah 30mm ( 1 ¼ inch ) atau sekitar ± 3 cm, kalau memang jarak bebasnya lebih dari itu. So ada baiknya langsung saja setting ulang. Syukur-syukur punya toolkit sendiri, kalau memang nggak mau repot ya dibawa kebengkel sebentar sudah beres. Memang sich setiap kali diservice selalu dichek juga sama mekanik, namun kan setiap motor memiliki nasib berbeda. Kadang lebih cepat kendor karena memang sering muatan berat, atau melalui medan berat. Jadi setiap motor beda-beda usia dalam setting rantai ini, tergantung keadaan dan waktu tempuhnya. So selalu ingat untuk chek rantai, demi #cari_aman !! Thanks, semoga mengiformasi 😀

 

Follow Me On :
Instagram     : potretbikers
FansPage     : PotretBikers
FaceBook     : Gesang Potret Bikers
Twitter          : @gesang86
E-mail           :gesanghidayat@gmail.com
WhatsApp   : 081 290 2727 00
BBM             : D66D69DA

Be the first to comment

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!