Tips Menjaga Kondisi Aki Pada Motor Yamaha agar tetap kondisi terbaiknya

Diposting pada

PotretBikers.com –Β  Kondisi aki adalah salah satu penentuan kondisi terbaik kendaraan masa kini, jadi bisa diartikan jika kondisi terbaik aki adalah penentu kenyamanan juga dalam berkendara. Battery atau Aki merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan pada sepeda motor. Namun, banyak dari masyarakat yang seringkali mengabaikannya karena masih bingung mengenai cara pemeliharaan dan penggantian komponen tersebut.

Battery / Aki adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi sebagai penyuplai arus listrik. Dan agar performa motor tetap terjaga, diperlukan Battery / Aki yang selalu dalam keadaan prima. Untuk itu, Yamaha Indonesia berkomitmen untuk terus menyediakan Spare Part Asli Yamaha agar dapat terus mendukung mobilitas harian konsumen. Salah satunya dengan menyediakan Yamaha Genuine Part seperti Battery / Aki asli Yamaha yang bisa didapatkan dengan mudah di seluruh jaringan Dealer resmi Yamaha ”, ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg.

 

Secara umum, keberadaan Aki berfungsi untuk menghasilkan arus listrik yang mengaktifkan komponen elektrikal pada sepeda motor seperti starter motor, lampu-lampu, klakson, speedometer, dan fitur elektrik lainnya. Jika melihat fungsinya yang begitu vital, maka para pengguna sepeda motor harus benar-benar memperhatikan kondisi Aki agar motor dapat berfungsi secara optimal dalam mendukung mobilitas sehari-hari.

Ada beberapa cara untuk menjaga kondisi Aki, seperti melakukan pengecekan berkala, tidak memaksa menggunakan starter ketika motor tidak mau menyala dan berhati-hati ketika melakukan modifikasi. Khususnya, jika part pengganti justru membebani kinerja Aki itu sendiri.

Dan jika Aki sudah rusak atau soak, maka dalam menggantinya juga harus memastikan bahwa Aki baru merupakan Genuine Part (komponen asli) yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis motor.

Untuk motor-motor Yamaha, pastikan selalu menggunakan Battery atau Aki Asli Yamaha karena kualitasnya yang telah terjamin dan lebih tahan lama.

Adapun beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh Aki Asli Yamaha adalah sebagai berikut :

  1. Tanpa saluran pembuangan gas (Vent plug)

Aki Asli Yamaha menggunakan bahan grid lead calcium alloys sehingga gas hasil reaksi dapat diubah menjadi cairan. Jadi tidak perlu ada saluran pembuangan gas atau biasa disebut vent plug.

  1. Bebas dari kebocoran

Aki Asli Yamaha dilengkapi dengan AGM Separator yang merupakan serat glass mat khusus dengan daya serap tinggi. Serta khusus tersebut ampu menyerap seluruh accu zuur (cairan elektrolit) sehingga aman dari kebocoran dan tidak perlu melakukan penambahan air Aki.

  1. Memiliki Katub Pengaman

Penggunaan katup pengaman atau valve pada Aki Asli Yamaha berfungsi melepas gas bila terjadi kelalaian over charging sehingga mencegah Aki menjadi kembung. Selain itu, ada juga komponen ceramic filter yang disematkan pada Aki Asli Yamaha, fungsinya menahan sumber api kontak dengan gas dari dalam untuk mencegah terjadinya kecelakaan ledakan*.

  1. Maintenance Free

Aki Asli Yamaha menggunakan bahan grid lead calcium alloys yang membuatnya tidak mudah soak dan dapat bertahan tanpa perlu di charging selama 3 bulan** karena energi yang tersimpan jauh lebih besar dari Aki konvensional.

  1. Siap Pakai

Seluruh Aki Asli Yamaha sudah bersifat siap pakai karena dalam kondisi fully charged (daya penuh) dan juga telah terisi Accu Zurr. Aki tersebut juga telah menjalani serangkaian Cranking Test (uji starter pada kendaraan) untuk memastikan dalam kondisi baik ketika sampai ketangan konsumen.

 

Nah itulah beberapa cara untuk menjaga kondisi aki tetap dalam kondisi prima, sehingga saat digunakan dalam keperluan menstarter kendaraan dan piranti elektrik lainya di kendaraan kita tetap selalu dalam kondisi siap siaga. Semoga tips sederhana ini bisa diterapkan dalam keseharian kawan-kawan selalu, Thanks πŸ˜€

1 komentar

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!