Apakah dampaknya, jiakalau seringkali terlalu lama memanaskan motor ?

Diposting pada

OtoBeken – Seringkalinya saat ini malah sejatinya khalayak ramai berbuat main geber motor di pagi hari atau saat lama tidak terpakai, justru lupa untuk memanaskan motor karena keburu-buru. So sejatinya memanaskan motor terlalu lamapun memang juga tidak baik, jadi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) meyakini motor keluaran terbaru milik Yamaha sudah tidak perlu melakukan pemanasan mesin yang lama. Seiring dengan berkembangnya teknologi dalam dunia otomotif, kini motor Yamaha yang bisa langsung dikendarai tanpa harus memanaskan mesin.

Kebiasaan memanaskan motor terlalu lama justru malah membuat bensin cepat habis dan menyebabkan polusi udara, ” Ujar Dwi Suwanto selaku Instruktur Service PT. Surya Timur Sakti Jatim.

Memanaskan motor sebelum dikendarai menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh para pengendara sepeda motor. Kegiatan ini dilakukan guna menjaga mesin motor agar tetap awet dan prima ketika digunakan untuk berkendara. Sirkulasi oli pada mesin pun akan berlangsung dengan baik.

Waktu yang direkomendasikan untuk melakukan pemanasan motor adalah 2-3 menit. Dwi menjelaskan bahwa ketika mesin dihidupkan, komponen lainnya turut langsung bekerja. Jika motor dipanasi terlalu lama, dapat mengakibatkan mesin, knalpot, dan part lainnya overheat.

Motor yang sering mengalami overheat tentu berpotensi mengalami kerusakan pada mesin.

Umumnya, motor keluaran terbaru sudah diadaptasi dengan teknologi Automatic Headlight On, yang mana lampu secara otomatis menyala ketika motor dihidupkan. Jika energi panas yang dihasilkan oleh lampu tersebut tidak terpakai, maka bisa merusak komponen sekitar lampu yang kena panas berlebih seperti soketan lampu dan reflektor. 

Jika motor anda masih membutuhkan waktu untuk memanaskan motor, segera ganti motor anda dengan motor Yamaha keluaran terbaru! Thanks :D

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.