Tips berkendara di tanjakan dengan motor kopling ala Yamaha STSJ

oleh

OtoBeken –  Tips ini berguna bagi kawan-kawan pembaca yang mungkin saja barusan migrasi dari motor matic ke motor sport ataupun yang memang baru saja bisa berkendara dengan motor sport,dll. Karena memang untuk motor berkopling itu beda dari semi matic apalagi full matic. Namun Mengendarai motor kopling kerap dijadikan hobi bagi sebagian orang. Dianggap memberikan kesan maco, jenis motor ini banyak juga digemari oleh konsumen. Cara berkendara menggunakan motor ini dianggap gampang-gampang susah. Pasalnya, pengendara harus menyelaraskan antara tuas kopling dan gas agar kondisi mesin tetap menyala.

Diperlukan kemampuan mengatur kopling yang tepat agar motor beroperasi dengan baik. Jika pengendaranya tidak lihai, bisa saja motor mogok atau mati di jalanan, ” tutur Dwi Suwanto selaku Instruktur Service Yamaha STSJ

PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menyadari bahwa pentingnya edukasi mengendarai motor kopling atau yang biasa disebut dengan motor manual guna mengurangi potensi kecelakaan dijalan raya. Terlebih ketika menghadapi medan jalanan yang menanjak, pengendara harus mengetahui cara menyikapi kendaraan dengan baik dan benar.

Yamaha STSJ memberikan tips bagi pengendara motor kopling bagi pemula, yuk simak tips nya!

1.      Kuasai perpindahan gigi 

Ketika pengendara melihat rambu tanjakan, pindahkan transmisi ke gigi satu atau dua. Jika tanjakan curam, gunakan gigi satu. Semakin tinggi tanjakannya, kerja mesin akan semakin berat. Tidak disarankan untuk menaikan persneling gigi karena membuat motor kehilangan daya dorong.

2.                  Gunakan rem belakang

Dalam kondisi jalanan yang menanjak, gunakan rem belakang ketika berhenti. Hal ini guna mencegah motor tidak bergerak mundur.

3.                  Jaga Jarak aman dengan kendaraan didepan

Menjaga jarak aman berguna untuk memberikan waktu bagi kendaraan didepan yang bergerak mundur. Sehingga pengendara bisa menghindar jika ada kejadian yang tidak diinginkan. 

4.                  Jangan menyalip kendaraan saat berada di tanjakan

Jalanan yang menanjak seringkali membuat pengendara tidak bisa melihat kendaraan dari arah berlawanan.  Sehingga tidak disarankan untuk menyalip kendaraan ketika menanjak. 

Berikut adalah beberapa tips yang diberikan oleh Yamaha STSJ bagi konsumen yang berkendara menggunakan motor kopling dan dihadapkan dengan kondisi jalan menanjak. Semoga tips ini berguna bagi kawan-kawan pembaca, Thanks 😀

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!