Saat Berkendara di Area Black Spot, begini cara paling tepat untuk #Cari_Aman

Diposting pada

Agar terhindar dari kecelakaan di jalan, berkendara yang aman wajib dilakukan oleh setiap pengendara motor. Jangan sampai karena kehilangan fokus saat berkendara, bisa mencelakakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Untuk menghindari kejadian yang dapat berakibat buruk, ketahui 3 hal berikut.

1. Jenis Potensi Bahaya

Jenis potensi bahaya di jalan raya terbagi menjadi tiga jenis. Potensi bahaya yang terlihat oleh pengendara tanpa perlu diprediksi oleh para pengendara sepeda motor, potensi bahaya yang dapat menarik perhatian dan konsentrasi bikers dan potensi bahaya yang membutuhkan kemampuan prediksi bahaya tingkat yang lebih tinggi yakni potensi bahaya yang tidak terlihat secara langsung oleh mata bikers, seperti kendaraan yang muncul secara tiba-tiba saat di persimpangan jalan .

2. Sumber Potensi Bahaya

Sumber potensi bahaya di jalan sangat banyak. Namun dapat kita golongkan dalam tiga sumber. Pertama, faktor manusia tanpa sadar menimbulkan bahaya, seperti kelelahan yang menyebabkan kantuk, emosi yang tidak terjaga, dan juga tidak patuh rambu lalu lintas di jalan raya. Kedua, potensi bahaya yang bersumber dari kendaraan yang digunakan. Hal ini sering terjadi karena kurangnya kesadaran pengendara untuk secara rutin melakukan perawatan kendaraan. Ketiga, potensi bahaya dari lingkungan seperti kondisi jalan yang tidak diketahui oleh pengendara seperti kondisi cuaca ataupun kondisi hujan yang menjadikan jalanan lebih licin.

3. Menanggulangi Potensi Bahaya

Untuk mengatasi potensi bahaya, pengendara dapat meningkatkan kemampuan prediksi bahaya dan juga menguatkan teknik berkendara. Meningkatkan kemampuan prediksi bahaya dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan belajar dari pengalaman diri sendiri dengan menambah jam terbang di berbagai kondisi jalan. Kedua, dapat juga belajar dari pengalaman orang lain dengan membaca atau mengikuti komunitas sepeda motor sebagai wadah dalam berbagi pengalaman berkendara. Ketiga, dapat belajar dari alat simulator berkendara sepeda motor seperti Honda Riding Trainer.

Nah, jadi mulai dari sekarang jika Kawan-kawan pengendera sudah paham caranya. So mulai langkah terdekat adalah mengsdukasi jiwa sendiri, agar lebih memahami keadaan saat berkendara. Tentu saja demi meraih sesuatu yang bisa di sebut #Cari_aman saat berkendara. Thanks :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *