Cara pasang kabel stang las yang benar dan tidak mudah putus

Diposting pada

OtoBeken – Sedikit berbagi tips kembali dari dunia welding, kali ini untuk Kawan-kawan yang mungkin saja setelah pasang kabel baru yang panjang/mungkin baru saja ganti stang las baru. Namun mengalami trouble, yang mana mungkin saja karena kabel seringkali putus ataupun aliran strumnya tidak lancar. Nah, ini OB berbagi sedikit informasi mengenai cara agar awet dalam pemasangan kabel las.

Dikarena memang kabel bawaan dari mesin las, tentunya cuma seperluanya saja. Mungkin cuma 1-1,5meter saja, itu tentunya tidak cukup untuk mengakomodir pergerakan kita yang didapuk sebagai tukang las kanopi/pagar,dll. Pasalnya repot banget kalau sampai gesar-geser mesin las, nah makanya dibutuhkan kabel las yang panjang. Ya minimal Β±5 meter, baru bisa leluasa dalam pergerakan mengerjakan kenopi/pagar,dll yang membutuhkan bentangan pajang x lebar.

Skun Kabel, adalah piranti yang diperlukan paling utama. Kalau bisa disesuaikan dengan besarnya stang las yang akan digunakan, pilihlah yang paling tebal yang ada dipasaran. Jadi lebih kuat dalam mencengkeram kabel + isi serabutnya kabel. Serta yang paling terpenting disini, usahakan skunya yang berbahan kuningan yes!! Untuk pemasangannya juga jangan sampai keliru, yang di capit/dikaitkan jangan hanya kabel serabutnya saja. Melainkan juga kulit kabelnya yang dari plastik/karet. (lihat contoh diatas).

Nah, jadinya seperti photo terlampir diatas ini. Alasan metode pemasangan tersebut, yakni ketika kita menarik-narik stang kabel las. Tentunya yang ketarik tidak hanya serabut kabelnya saja, melainkan juga kulit dari kabel tersebut. Dimana tentunya kulit kabelnya lebih alot jika dibandingkan dengan serabut kabelnya, ini yang menentukan awet atau tidaknya instalasi pemasangan kabel stang las. So selamat mencoba Kawan-kawan, Thanks πŸ˜€

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!