Artikel ini hanya sekedar sambungan dari artikel kemarin disini, yang masih membahas seputara isinya box CVT motor Mio Soul 2009. Selama ini PB merawat motor dengan tujuan agar lebih baik, ternyata salah kali ini. Bisa dibilang termakan iklan, atau korban iklan? Entahlah lebih tepatnya apa, selama ini PB sering menggunakan cairan yang konon katanya untuk merawat V-Belt agar lebih awet dan terjaga umurnya lebih panjang. (lihat gambar dibawah ini).

Hanya Contoh, abaikan merk πŸ˜‰ .

Kebetulan waktu terakhir kali PB yang dipakai adalah merk & kemasan yang terlampir di atas itu, namun ini bukan berarti dan bermaksud untuk memblacklist suatu produk !! BUKAN !! Hanya saja entah waktu dan cara pemakain PB saja yang kurang tepat, atau bagaimana. Intinya dengan cara PB menggunakan cairan ini, ruang dinding di Box CVT jadi kotor penuh dengan sisa-sisa cairan ini yang menjadi hitam karena bercampur dengan serbuk V-Belt.

Lalu sang mekanik memberikan saran, jangan memakai cairan semprot ini(tanpa menyebut merk). Karena justru hanya menjadikan ruangan didalam box CVT semakin kotor saja, dan juga ada yang lengket-lengket di dinding-dinding Primary Sliding sheave,dsb. Lalu disarankan kalau mau membersihkan V-Belt cukup gunakan air saja, tentunya dalam posisi dengan melepasnya dari dalam Box CVT. Lalu setelah bersih di cuci dengan air & sabun, gunakan cairan Alkohol untuk menggantikan cairan spray tadi. Yang hasilnya lebih bersih dan tentu saja tidak bikin lengket & menghitamnya dinding-dinding dalam box CVT. Sekian tips dari sang mekanik, yang diketik ulang oleh PB. Semoga bisa menginspirasi πŸ˜‰ Thanks πŸ™‚

About these ads