Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Rawatlah Motor Maticmu ekstra lebih teliti, jangan sampai rontok begini mesinya!!

Honda Vario – Hari ini ada kejadian sungguh mengenaskan ditempat kerja PB, mendapatkan sebuah klien(konsumen) yang memiliki Honda Vario 125. Datang dalam keadaan mogok dan mesinya ceket (macet total), kalau dugaan para kalangan mekanik kawan-kawan PB pastinya ini adalah akibat kehabisan olie. Begitu di cek dan ternyata betul adanya, dari lubang tab olie hanya Β± 100ml (sekitar secangkir saja) πŸ™

Mesin Honda Vario 125

Terhitung motor masih kinyis, lah wong pemakaian masihΒ Β± 2 tahun. So bisa dibilang masih sangat amat layak pakai, namun karena suatu kurangnya pemahaman terhadap perlakuan kendaraan bermotor. So akibatnya menjadi memaksa kita untuk mengeluarkan biaya yang cukup dalam merogoh dompet πŸ™„ . Pasalnya piston, dan dinding cylinder baret semua (lihat photo dibawah ini).

Kata pemiliknya sebetulnya sudah ganti olie September 2015 lalu, disuatu bengkel Non BeRes. Ya namun nggak menyalahkan siapa-siapa intinya saling teliti saja itu lebih baik, demi tunggangan kita aman sentosa dari masalah mesin ceket seperti ini. PB mau berbagi pesan sedikit, sebagai berikut :

  • Ganti selalu olie ketika sudah menempuh jarak Β±2000km (nggak mbahas olie sesat yang mampu tempuh puluhan ribuk km, soalnya ilmunya masih awam)
  • Lebih ideal lagi meskipun tidak sampai 2000km, jika sudah kurun waktu pemakaian 1 bulan. Ada lebih baiknya diganti olienya, karena dalam 1 bulan ada penurunan kwalitas olie (jika sudah dimasukan dalam mesin yang pernah gerak/bukan dalam kemasan).
  • Setelah ganti olie ada lebih baiknya telitilah, apakah yang baru sudah dimasukan atau belum. Kalau ditempat PB kerja ada bagian final chek, yang tugasnya adalah melakukan pengecekan terakhir yang lingkupnya ada pengecekan baut olie & olie apakah sudah di isikan.
  • Jika sudah ada atau terlihat rembesan olie disekitaran mesin, atau sudah mulai berasap dari knalpot. Ada lebih baiknya lakukan pengechekan ke yang berwenang (BeRes). πŸ˜€

Sekian pengalaman hari ini, semoga menjadikan kita lebih teliti terhadap tunggangan kita. Jangan asal masih bergerak dan nyala, isi bahan bakar dan jalan terus. Perlakukan dengan baik, agar tidak ada uang yang terbuang sia-sia hanya karena kecerobohan dan tidak pedulinya kita. Thanks πŸ˜‰

Follow Twiter : @gesang86
Like FansPage : PotretBikers.com
e-mail : gesanghidayat@gmail.com
WhatsApp : 081 290 2727 00
Pin BBM : 51809127

30 Comments

Add a Comment
    1. nah ya kui…. πŸ™„

  1. lali ra diisi oli iku ro bengkel e
    lali opo nglali mbuh

    1. Nah yaaa…kui,mas. Ra wani memfonis… πŸ˜€

      1. biasae ngunu…. kliatan orang jauh bilangnya dah diganti oli ee ternyata cuma di kurangin aja olinya….

        soalnya meskipun gak diganti gak bakalan sampek habis gitu meskipun berbulan bulan

        1. Spepertinya ada betulnya juga yaa?? Karena masih ada oknum-oknum begitu… πŸ™

  2. oli kok bisa habis ya, lari kemana?

    1. Nah itu dia…entahlah…#PokoknyaRutinCekSaja πŸ˜‰

  3. ini pasti ada susuwatu dibalik olinya… πŸ˜€

    1. Nah…apakah itu kira-kira???

  4. jos artikel bro..biar inget semua.. πŸ˜€

    1. Makasih,kakak….#IndahnyaSalingBerbagi πŸ˜‰

  5. Saya IBU ANDRI YUNITA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan KY DIMAS KANJENGKY DIMAS KANJENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH SUKRI dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan KY DIMAS KANJENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan KY DIMAS KANJENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik KY DIMAS KANJENG sekali lagi makasih yaa KY dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja KY DIMAS KANJENG DI 081-340-887-7779 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.

  6. mas, vario 125 2014 ada recall atau gmn ya? uda bl lama br skrng diminta dealer utk memasang komponen yg blm trpasang dari pabrik. ntah mngkin lupa ato gmn . just share

    1. Ada surat selebaranya gak?? *Kali saja bisa dijadikan bukti artikel, hehehee…

      1. eh salah mas, bulan maret thn 2015, gak ada surat sih cm via datang ke kantor , britau nanti ada pemasangan itu.

        1. Owch..sudah diganti kan? Kalau sudah aman… πŸ˜‰

  7. barusan mas masuk bengkel tnyata diganti pangkon utk kabel ke cvt, kalo seblmnya kan gak ada, jadi kabelnya agak nempel ke mesin lama2 dikawatirkan bisa leleh , lah ini dpt ganti untuk pasang itu. eh lumayan dpt kompensasi oli mpx hehehe.. itu aja lah mas sharingnya, makasi. salam semakin di depan #iostoconvale πŸ˜€

    1. Siepp…nice info, hehehee πŸ˜‰

    1. Makasih,kakak… πŸ˜€

  8. Duh udah lebih dari 1 bulan ni blm ganti oli πŸ™‚ harus buru2 ganti kayanya
    ngomong2 kalau oli gardan bagusnya ganti per berapa km mas, waktu saya ganti oli dibengkel deket rumah katanya oli gardan harus diganti setiap 2x ganti oli mesin apa betul begitu yah? soalnya belum lama pake matic jadi ga ngerti hehe

    1. Setahu saya kalau olie gardan 7000-8000km sekali, kalau olie mesin 2500-3000km, begitu yang saya tau mbak…hehehe πŸ˜€

      1. ohh begitu mas, tapi kalau oli mesin kayanya bulanan aja deh biar aman daripada lupa terus rontok mesin πŸ˜€ walau saya pakenya cuma buat anter anak sekolah doang di komplek sebelah

        1. Nah itu lebih mantab, tiap bulan rutin ganti. Menjaga kendaraan tetap fresh πŸ˜‰

    2. Oli gardan itu 3 x ganti oli mesin ke 4 nya bareng ganti oli mesin dan gardan

  9. wedann iso ngasi koyok ngono kok pie.. gendeng sek nyekel kui..

    1. Mungkin yang pegang, kurang ngerti gejala-gejala aneh diMotor… πŸ™‚

  10. Sadis dan terharu

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: