Tips Merawat Motor Selama #DiRumahAja karena adanya pandemi Covid-19, ala Honda Jatim

oleh -1 views

OtoBeken –  Karena adanya program pemerintah yang saat ini sedang mengadakan PSBB dimana-mana, tentunya akan membuat kawan-kawan yang biasanya sering beraktifitas di luar dengan kendaraan motornya. Tentukan sangat amat berkurang, bisa jadi motor jarang banget digunakan dengan adanya demikian. So agar tetap memperhatikan perawatan motornya selama tidak dipergunakan . Technical Service Departemen PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM Honda) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim dan NTT memberikan tips perawatan motor selama #DiRumahAja.

Selama #DiRumahAja, apabila konsumen memerlukan bantuan perawatan, konsumen dapat mempergunakan fasilitas Honda Home Service atau service jemput yang di berikan oleh MPM dan jaringan AHASS. Ketika motor lama tidak dipakai terkadang ada beberapa komponen yang harus diperhatikan/dirawat agar tidak mempengaruhi kinerja sepeda motor saat digunakan ” kata Satyo Prahnowo selaku Technical Service Division Head MPM.

Berikut ini tips perawatan motor yang lama tidak dipakai, agar tetap aman ketika nanti akan diperlukan kembali :

1. Cuci Motor
Sebaiknya cuci dan bersihkan terlebih dahulu sebelum motor disimpan untuk menghilangkan debu atau lumpur yang menempel di bodi motor, agar tidak menyebabklan karat (yang berlebihan) ataupun dapat merusak lapisan Cat body motor. Kotoran bekas lumpur yang menempel dalam jangka waktu lama akan membuat komponen menjadi rusak.

2. Gunakan Standar Tengah.
Jika memang motor tidak digunakan dalam waktu yang lama sebaiknya gunakan standar tengah, terutama untuk motor matic.

3.Beri pelumas pada bagian yang cenderung atau berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

4. Panaskan Mesin Secara Rutin Sebaiknya panaskan mesin kurang lebih selama 3-5 menit, agar sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Apabila ada gejala susah distart dengan electric starter, maka dapat menggunakan kick starter & pemanasan lebih lama (sekitar 15 menit) agar pengisian battery lebih maksimal.

4.Lakukan Pengecekan Setiap Hari. Jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga pada sepeda motor bisa menjadi tempat singgah binatang seperti tikus. Lakukan pengecekan ini saat memanasi mesin, terutama untuk sepeda motor matic. Dan jangan lupa usahakan parkir di area yg tidak berpotensi dilewati oleh hewan liar tersebut agar hewan tidak bersarang di sepeda motor.

5. Tetap lakukan perawatan motor ke bengkel resmi bisa melalui home service atau service jemput.

Nah, 5 hal ini adalah yang perlu dilakukan agar motor kita tetap terjaga kondisinya disaat wabah pandemi covid-19 menyerang, serta demi memutus rantai penyebaran covid-19 dengan #TetapDirumahAja Thanks 😀

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!