Cara Menaklukan Jalur Offroad dipandu oleh Kenichi Kuroyama, rider Pro Trial asal Jepang.

Diposting pada

OtoBeken –  Musim hujan telah tiba, bagi sebagian pecinta andrenalin yang suka offroad. Justri saat ini hal yang paling dinanti-nanti, meskipun lintasan akan semakin sulit dilalui karena becek dan lain sebagainya. Maka dari itu Untuk menaklukan lintasan alam yang menantang, diperlukan sepeda motor yang memiliki performa yang baik. Dengan berkendara Yamaha WR 155 R sudah tidak perlu diragukan lagi tentang kehandalannya. Namun, agar riding makin asyik, ada teknik-teknik dari Yamaha Riding Academy (YRA) yang dapat dipelajari dan diperhatikan saat berkendara di jalur off road.

Lintasan berkarakter tanjakan dan turunan sering ditemui biker ketika menjelajahi trek off road, namun itu bukan menjadi halangan menikmati riding di alam. Dengan menggunakan motor sport adventure WR 155 R dan mempraktekan teknik berkendara yang tepat dari Yamaha Riding Academy, hobi mengeksplorasi alam dapat tersalurkan dengan lebih nyaman dan menyenangkan, ” papar Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA, Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Setelah memberikan tips awal riding WR 155 R bagi pemula, YRA memaparkan cara yang disarankan untuk mengatasi trek tanjakan dan turunan yang kerap dihadapi di medan off road. Karena itu sangat penting menguasai tata cara berkendara di jalur terabas agar dapat melewatinya dengan mudah dan aman.

Jalan Menanjak
  • Posisi disarankan berdiri terutama ketika menghadapi tanjakan yang tinggi agar menghindari motor terbalik. Jika tanjakannya tidak ekstrim, diperbolehkan posisinya duduk.
  • Ketika berdiri, badan melewati posisi stang.
  • Posisi kedua kaki tetap menjepit body motor / knee grip agar motor tetap stabil.
  • Tangan memegang handle kuat dan relaks agar motor mudah diarahkan.
  • Gunakan gear dan rpm yang tepat agar kuat menanjak dan mesin motor tidak mudah mati.
  • Hindari melakukan pengereman yang keras (rem depan atau belakang) untuk menjaga rpm dan kecepatan yang baik.
  • Saat akan sampai di puncak tanjakan, tutup gas / gunakan tenaga inersia motor. Hindari gas terbuka penuh ini karena akan membuat motor mudah jumping.
Jalan Menurun
  • Posisi badan agak condong ke belakang terutama saat melewati jalan menurun yang curam untuk menghindari motor terpelanting ke depan / stoppie.
  • Jika kondisi jalan mulus bisa sambil duduk, namun jika jalan rusak agak diangkat sedikit dari jok agar guncangan tidak sampai badan.
  • Posisi tangan agak lurus dan relaks.
  • Posisi kaki mendekap body motor dan berat pengendara ditumpu di kaki agar keseimbangan tetap terjaga.
  • Gunakan gear yang tepat dan hindari penggunaan rem yang keras dan tiba-tiba agar tidak mudah slip dan terjatuh.

Selain itu, yang terpenting adalah kenali jalur dan karakter motor Anda dengan cepat sehingga lebih memudahkan dan membuat aman ketika melewati jalur yang mudah maupun sulit. Semoga tips ini bermanfaat agar berkendara WR 155 R makin fun di alam terbuka yang siap ditaklukan !

Saksikan juga panduan teknik berkendara WR 155 R melalui video berseri di channel YouTube Yamaha Motorcycle Life Archieves “Kuroyama Dirt Bike Lessons” yang dipandu Kenichi Kuroyama, rider Pro Trial asal Jepang.

Terdiri dari 10 episode, Anda dapat menyaksikannya di link berikut :

Nah, cocok banget bagi yang barusan beli motor trail nih. Khususnya pemula seperti OB, yang notabene masih sangat rendah jam terbangnya untuk menaklukkan jalanan offroad. Thanks, semoga menginspirasi 😉

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!