Kunci filter oli mobil setiap merk berbeda dan ini tabelnya

oleh -

OtoBeken –  Sedikit melabar dari ranah per-Bikers’an, namun masih dalam lingkup dunia Otomotif tentunya. Mungkin kalau dalam dunia per-motor’an, masih biasa-biasa saja atau bisa menggunakan kunci yang tersedia (bukan kunci khusus). Tapi jika kita mau mengganti filter oli pada mobil, ternyata berbeda bentuk dan tentunya tidak bisa dilepas dengan kunci pada umumnya (kunci pas, kunci ring, dsb). Nah, dibawah ini ada perwakilan contoh dari 2 jenis kunci filter oli mobil dan juga ada beberapa data tabelnya sedikit.

Bisa dilihat tabel diatas ini adalah untuk tabel kunci oli mobil jenis mangkok, karena setiap type dan merk mobil memimiliki perbedaan. Meskipun ada yang sama, namun ada kalanya kalau mau beli kunci filter oli yang model mangkok gini. Tentunya di cari tahu dulu, kendaraan kita memakai yang size berapa? Kebetulan dirumah adanya Suzuki Ignis lansiran 2018, jika di searching di google. Sizenya untuk kunci jenis mangkok filter Suzuki Ignis adalah 66,5mm.

Kunci Filter Oli model Mangkok

Diatas ini adalah salah satu contoh kunci filter model mangkok, yang mana memiliki size 66,5mm. Sejatinya kalau tidak mau ribet, ada beberapa kunci filter oli yang universal. Mulai dari model  2 way, model rantai, belt, dll. Cuma tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, atau lebih tepatnya tetap menyesuaikan posisi oli filter di kendaraan kita. Kalau mudah dijangkau, bisa menggunakan macam-macam kunci oli dengan mudah. Namun jikalau modelnya berada di tempat sempit, mungkin pilihananya hanya di model mangkok/ 2 way.

Kalau yang paling murah harganya, setau OB saat ini dipasaran yakni yang model Belt ( persis diatas ini). Dulu OB beli cuma RP.17.500,- saja. Namun kalau yang model mangkok diatas itu masih 100rebu, sebijinya loh. Jadi harga yang cukup terpaut jauh, meskipun bukan merk american tools sekalipun. Jika yang model mangkok masih di kisaran 100’an per-bijinya. Sempat lihat di marketplace online, ada yang memberikan ukuran lengkap all kunci model mangkok. Tapi harganya masih WOW, di masa pandemi gini 😆 so beli bijian sesuai kantong saja ya,kawan!! Thanks 😀

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!