Yamaha Jatim berbagi tips untuk prepare sebelum membeli Motor

Diposting pada

PotretBikers.com –  PT. Surya Timur Sakti Jatim selaku main dealer Yamaha Motor di Jawa Timur, Nusa Tenggara dan Kalimantan ini memberikan informasi apa saja yang harus diperhatikan saat telah memiliki motor. Motor memang menjadi mayoritas kebutuhan tersier bagi setiap orang, karena motor memang menjadi alat transportasi yang paling efisien, karena setiap orang yang membutuhkan kendaraan fleksibel untuk melakukan perjalanan jarak dekat.

Sebelum punya motor, konsumen wajib tau bagaimana perawatannya. apa saja yang harus diperhatikan supaya motor bisa awet. Terdapat tiga komponen utama yang harus menjadi perhatian khusus demi menjaga motor dari kerusakan parah, yakni mesin, body (chasis), kelistrikan. ” ungkap Dwi Suwanto selaku Instruktur servis Yamaha Jatim.

Perawatan Mesin

Pemilik kendaraan bermotor harus memperhatikan kesehatan mesin, mulai dari check oli menjadi hal kecil yang paling paling gampang dan utama. Oli menjadi komponen penting bagi motor, tanpa pelumas, mesin akan mudah berkarat dan menyebabkan motor cepat rusak. Konsumen harus menjadwalkan pergantian oli mulai dari 2000 km – 3000 km atau setiap 2 bulan sekali, ini pun masih tergantung saran dari mekanik berdasarkan pertimbangan aktual di lapangan.

Selain oli, juga terdapat komponen penting untuk motor yaitu memperhatikan air radiator.  standar penggantian air radiator yaitu setiap satu tahun sekali. Airnya pun tidak diperkenankan menggunakan air biasa karena dikhawatirkan akan meninggalkan kerak, karena mudah menguap saat terkena panas mesin.

Dwi Suwanto menyarankan untuk menggunakan cairan khusus air radiator, bagi pengguna motor Yamaha dapat menggunakan Yamaha coolen. Cara mengetahui air radiator habis atau belum dengan mengecek sendiri airnya di tangki recovery / tangki penampung (Tangki Reservoir).

Perawatan Body (chasis)

Perawatan body motor juga menjadi syarat penting kendaraan tetap awet. Konsumen dianjurkan menjaga kebersihan motor,

Kebersihan itu penting, supaya komponen motor tidak cepat berkarat. Misal habis kehujanan kena lumpur tidak dicuci berminggu-minggu. dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan karat dan body cepat rusak ”, ujar Dwi Suwanto.

Konsumen juga dianjurkan rutin mengecek ban dan menjaga tekanan ban di posisi normal, tidak keras dan juga tidak gembos, ban yang gembos dan digunakan terus menerus akan membuat velg bengkong.

Selain itu, wajib melakukan penggantian rem, apabila terasa rem sudah mulai blong atau habis, dianjurkan untuk segera diganti ke bengkel resmi, supaya menjamin keselamatan berkendara dan menjaga kondisi motor untuk selalu dalam kondisi terbaik.

Perawatan Kelistrikan 

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan, karena aki atau baterai ini memiliki pengaruh terhadap lampu, starter dan komponen pendukung motor lainnya.

Cek aki sebetulnya mudah karena kalau di motor besar seperti maxi sudah ada notifikasinya di speedometer, total voltase aki. Tapi  lebih mudahnya lagi ya disarankan pakai Y-connect terutama pengguna All new NMAX dan All New Aerox.

Meskipun begitu, konsumen juga dianjurkan untuk rajin melakukan servis rutin ke bengkel resmi Yamaha. Informasi lebih detail mengenai servis rutin dan segala hal yang berhubungan dengan servis dapat mengunduh aplikasi My Yamaha di ponsel kesayangan. Lebih mudah motor tetap aman.

Itulah tips yang bisa kawan-kawan terapkan di kehidupan sehari-hari kepada tunggangannya, jadi jikalaupun ada kendala tidak sampai merembet kepada yang memberatkan. Biar kondisi tetap terjaga dalam kondisi terbaiknya, Thanks 😉

1 komentar

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!