Turotial Cara Aktifkan Y-Connect ke Motor Yamaha dengan mudah

Diposting pada

OtoBekenY-connect untuk motor Yamaha memang sudah lama muncul menemani pengendara Yamaha, mungkin ada yang kawan-kawan pembaca lagi pegang motor Yamaha terbarunya. So ini adalah tutorial untuk fitur unggulan tersebut disematkan pada Yamaha tipe tertinggi yaitu Yamaha NMax ABS atau Connected adalah kemampuan skutik untuk terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect.

Minimal operation system atau OS-nya, untuk Android 7.0, sedang iOS yang 11.0, Indikator baterainya sama seperti, kondisi baterai smartphone. Selain itu, jam digital di panel indikatornya, juga otomatis mengikuti jam di smartphone. Untuk notifikasinya bisa dipilih, mau dari email, whatsapp dan banyak lagi. Asalkan dari aplikasi yang ada notifikasinya bisa dikoneksikan ke aplikasi Y- Connect. ” terang Ilham Wahyudi GM Service PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ.

Dalam sistem kelistrikannya, ada part tambahan bernama CCU atau singkatan dari Communication Control Unit. Perangkat kecil yang berfungsi mengumpulkan semua data yang akan ditransferkan secara visual ke aplikasi Y-Connect yang dapat diunduh ke smartphone kalian via Google Play Store (Android) dan App Store (Apple).
Bukan cuma mentransfer data dari motor ke smartphone, CCU juga menerima data dari smartphone yang akan ditampilkan di panel speedometer. Nantinya ada logo notifikasi telepon, email, informasi baterai smartphone dan jam digital.
Agar bisa terkoneksi, pria yang hobby sepeda ini menjelaskan jika smartphone yang digunakan juga punya spesifikasi minimal artinya tidak semua smartphone bisa menggunakan aplikasi Y-Connect.

Dimulai mengunduh aplikasi Y-Connect, lalu menginstalnya. β€œ Pastikan login dengan mengisi data diri. Nanti akan ada email verifikasi. Jika sudah siap, tinggal mengkoneksikan atau pairing dengan smartphone, ” jelas Ilham lagi.
Jika aplikasi sudah terbuka, segera aktifkan bluetooth. Karena CCU dan aplikasi Y-Connect hanya dikoneksikan dengan menggunakan bluetooth. Sedang untuk pairing, ada tiga cara yang bisa dipilih yaitu;
  • Scan QR Code pada perangkat CCU di unit motor dan lakukan koneksinya.
  • Scan barcode nomor rangka unit motor dan lakukan koneksinya, atau dengan.
  • Masukkan nomor rangka unit motor secara manual dan lakukan koneksinya.
Jika sudah terkoneksi, akan muncul perintah untuk menyalakan kunci kontak ke posisi ‘ON’. Sesaat setelahnya, perangkat CCU akan mulai mencari koneksi dengan Smartphone-ID. Jika Smartphone telah terkoneksikan dengan CCU, tanda yang pertama adalah muncul tulisan ‘connected’ di aplikasi Y-Connect. Sedang di speedometer, munculnya indikator Y-Connect dan baterai smartphone.
Selanjutnya, ada fitur untuk mencari lokasi parkir. ” Lokasi parkir di sini adalah lokasi terakhir saat motor disconnected dengan smartphone, titik itu menjadi patokan sebagai lokasi parkir terakhir, ” terang Ilham.
Tidak hanya itu saja, ada indikator rekomendasi perawatan untuk membantu mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance sesuai jarak tempuh yang direkomendasikan Yamaha.
Selain itu ada indikator konsumsi BBM, fungsinya untuk membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara. Ada juga notifikasi malfungsi yang bukan hanya ditampilkan di aplikasi Y- Connect tapi juga bisa dikirimkan notifikasi kerusakannya via email. Fitur terakhir yang ada di Y-Connect adalah Revs Dashboard yaitu fitur yang bisa menampilkan data seperti sudut bukaan throttle, putaran mesin, akselerasi dan eco indicator. Thanks πŸ˜‰

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!