Tips Yamaha : Pentingnya Peran Saringan Udara Motor

Diposting pada

OtoBeken – Tips datang dari Yamaha, yakni membahas tentang perang pentingnya sebuah filter udara yang seringkali tentunya kawan-kawan abaikan keberadaanya selam ini. Padahal Pada proses pembakaran yang terjadi di ruang pembakaran sepeda motor ada tiga unsur yang berperan penting yaitu udara, bahan bakar dan pengapian. Karenanya kondisinya harus terjaga baik agar pembakaran terjadi sempurna sehingga menghasilkan performa motor yang maksimal.

Pembakaran yang sempurna di mesin dibutuhkan agar konsumen dapat menikmati performa motor yang optimal. Karenanya perlu diperhatikan komponen yang mendukung kinerja tersebut, termasuk di dalamnya adalah kualitas udara yang baik. Terkait hal itu, dibutuhkan kondisi saringan udara yang terawat dengan baik, bahkan diganti jika tidak layak digunakan lagi. Poin penting lainnya adalah menggunakan produk saringan udara yang direkomendasikan yang memiliki kualitas terpercaya dan terjamin keasliannya, ” papar Agung Budi Raharja, selaku Assistant General Manager Part Operation Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Saringan udara memiliki berbagai tipe diantaranya adalah :

 

-Tipe basah (elemen basah), material dasarnya spons yang direndam dengan oli (urethane foam). Dapat digunakan kembali setelah dicuci, perawatannya dicuci menggunakan air sabun, direndam di dalam oli (mengacu pada buku petunjuk pemilik untuk rekomendasi oli).

 

-Tipe kering (elemen kering), material dasarnya saringan kertas atau kain tenun (dried cloth). Dapat digunakan kembali setelah dibersihkan, perawatannya dibersihkan dengan kompresor.

 

-Tipe viscous (elemen kertas berlapis oli), material dasarnya kertas direndam dengan oli. Tidak disarankan pembersihan berkala dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk tipe ini disarankan untuk penggantian berkala.

Indikasi masalah pada saringan udara motor :

 

-Konsumsi bahan bakar terasa lebih boros, penyebabnya filter tidak maksimal menyaring udara bersih yang digunakan sebagai komponen pembakaran.

-Suara mesin abnormal yang dipicu terganggunya suplai udara atau berkurangnya volume udara yang disalurkan ke ruang pembakaran di mesin motor.

-Tarikan motor terasa berat karena kondisi saringan udara yang kotor.

Maka dari itu, lakukan perawatan saringan udara motor dengan beberapa langkah berikut :

 

-Lakukan service berkala secara rutin. Dengan begitu dapat dilakukan pengecekan kondisi saringan udara oleh teknisi.

-Penggantian saringan udara secara berkala dan disarankan rata-rata pemakaian setiap 12.000 km*. Penggantian dapat lebih cepat jika sering melewati jalan yang berdebu.

-Gunakan produk air filter yang direkomendasikan seperti Air Filter Yamaha Genuine Part, yang bisa diperoleh di bengkel resmi dan bengkel kepercayaan terdekat.

 

Air Filter Yamaha Genuine Part memiliki keunggulan diantaranya :

 

-Terbuat dari bahan serat halus yang tahan terhadap perubahan suhu, memiliki kerapatan pori-pori yang cukup ideal untuk menyaring kotoran, serta dilengkapi dengan minyak khusus yang berfungsi sebagai penahan dan menangkap partikel debu yang lebil kecil, sehingga filter bekerja maksimal.

-Produk dirancang presisi sesuai dengan sepeda motor Yamaha sehingga mudah di lepas-pasang.

-Mudah didapatkan di dealer resmi Yamaha dan bengkel kepercayaan Anda.

 

Nah, jika sudah pada mengerti kali ini. So jangan sampai kelupaan dengan piranti filter udara ini ya kawan, karena peranannya sangat penting dan pengaruh terhadap kendaraan yang kita gunakan. Thanks 😉

1 komentar

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!