MPM Honda Jatim Gelar Festival Vokasi Satu Hati, demi Kembangkan Kreativitas Pendidikan

Diposting pada

OtoBeken –  PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM Honda Jatim) main dealer sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT menggelar Festival Vokasi Satu Hati yang diikuti oleh 96 SMK mitra binaan perusahaan. Beragam kegiatan pada festival vokasi Satu Hati yang digelar periode Januari hingga Maret 2022 seperti Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru dan Vocational Video Challenge.

Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kami ingin mengembangkan kompetensi yang ada dalam lingkup sekolah melalui kegiatan Festival Vokasi Satu Hati. MPM Honda Jatim akan berkomitmen untuk terus bersinergi dengan dunia pendidikan guna mencetak SDM unggul dan siap terjun di dunia kerja. ” Kata Hatmarto selaku HR & GA Division Head MPM Honda Jatim

Pengumuman pemenang untuk tahap regional diumumkan bersamaan dengan Sarasehan SMK TBSM yang diadakan MPM Honda Jatim (08/03) dengan agenda membahas kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan selama setahun terakhir dan program apa yang akan dilakukan pada tahun berikutnya.

Pemenang pada Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru dan Vocational Video Challenge akan mewakili MPM Honda Jatim pada kompetisi tingkat Nasional dan bersaing dengan para guru dari seluruh Indonesia.

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru
Pada program Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru, para peserta kontes melakukan praktek kerja teknikal yang dilakukan secara Online dengan waktu 10 menit dan membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Para peserta dinilai berdasarkan materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

Seleksi kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Regional MPM Honda Jatim dilakukan bertahap mulai dari sub regional pada bulan Januari dengan dibagi menjadi 4 sub wilayah regional Jatim dan diambil 3 pemenang tiap sub regional untuk mengikuti kontes regional pada 03 – 04 Maret 2022 secara online.

Para guru ini berlomba menyajikan materi pembelajaran dan praktek teknikal yang menarik dihadapan para juri secara online.

3 Besar Kontes Kreatifitas Pembelajaran Online Regional:
I. SMKN BADEGAN – SUMADI
II . SMK ST LOUIS – DENY WIJAYA
III . SMK TUREN – BAGUS DARMAWAN

Vocational Video Challenge
Vocational Video Challenge ini bagi para siswa, dimana peserta ditantang untuk membuat video belajar sepeda motor Honda berdurasi maksimal 10 menit. Video yang dikirimkan siswa terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu pemeriksaan tegangan Battery dan pengukuran Peak Voltage, penggantian Seal Front Fork ataupun bongkar pasang Valve In dan Valve Ex.

Pembuatan video dilakukan di laboratorium SMK masing-masing dengan unit sepeda motor Honda dan peralatan sesuai prosedur kerja di industri, dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat dalam pengawasan guru pembimbing di sekolah.

Peserta Vocational Video Challenge regional MPM Honda Jatim diikuti oleh 95 peserta yang merupakan siswa dari SMK mitra binaan MPM Honda Jatim. Dipilih 4 siswa terbaik di seleksi regional yang dilakukan pada bulan Februari 2022 dan akan mewakili MPM Honda Jatim pada seleksi nasional untuk memperebutkan beasiswa pendidikan puluhan juta rupiah.

4 Besar Kontes Vocational Video Challenge(VVC) Regional:
1. SMKN 1 Badegan : Amalia Tri Kusumawardi
2. SMK Al Huda Kota Kediri : Putra Dwi Darmawan
3. SMK PGRI 1 Surabaya : Mohammad Zufar Al Rasyid
4. SMK PGRI 2 Ponorogo : Kabit Piyan Wardoyo.

Selamat kepada para pemenang yang telah berhasil mengcreate sebuah hasil karya yang tentunya sangat membanggakan, sehingga menjadi juara dalam kontes kali ini . Terus semangat untuk berkarya mengcreate sebuah karya yang makin kreatif kedepanya, Thanks :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.