Akibat jarang ganti filter olie, ini efeknya dibeberkan oleh Yamaha STSJ

oleh

OtoBeken – Apapun kendaraanya, bagaimapun kondisinya. Pemeliharaan runtin adalah kunci utama dalam menikmati kendaraan agar selalu fit terus saat digunakan. So tak ayalnya ibarat ginjal di sebuah motor, filter oli memiliki peran penting untuk menjaga oli mesin agar menjaga komponen agar selalu bersih. Oli yang bersih dapat membantu melumasi seluruh komponen motor dengan sempurna hingga masuk kebagian yang sulit dijangkau. Filter oli perlu diganti dalam kurun waktu tertentu agar performa nya tetap terjaga.

Pergantian filter oli selayaknya dilakukan setiap 9.000 km atau per 9 bulan sekali atau setelah 3 kali ganti oli mesin. Terlebih jika pengendara hendak melakukan perjalanan jauh atau pergi ke medan yang cukup berat, pergantian filter oli harus dilakukan. Nantinya, kotoran-kotoran tersebut bisa mengendap dan bisa terjadi penyumbatan yang mengganggu sirkulasi oli itu sendiri. Selain itu suara mesin kendaraan jadi kasar dan berisik saat dinyalakan atau dikendarai. Selain itu, mesin motor jadi gampang overheat. Sehingga bisa merusak komponen mesin lainnya. ” ungkap Dwi Suwanto selaku Instruktur Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Itulah akibat yang terjadi jika konsumen jarang mengganti filter oli adalah mesin motor jadi sering tersendat dan mudah hilang tenaga saat dikendarai. Selain itu, komponen mesin motor jadi lebih cepat aus dan tidak tahan lama.

Penggunaan suku cadang asli juga berperan penting bagi performa motor. Filter oli yang ASLI bisa didapatkan di seluruh bengkel resmi Yamaha. So mulai dari sekarang jangan mengabaikan keberadaan posisi filter olie ya,kawan-kawan!! Thanks ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!