Tips Mudik Tekiro : Wajib Bawa Toolkit Ini Agar Aman Saat Mudik Pakai Motor

Diposting pada

OtoBeken –  Seperti tips pada sebelum-sebelumnya, memang saat ini sudah dekat banget dengan momentum mudik. Namun kali ini lebih mengacu kepada tools apa saja yang perlu dibawa saat kita melakukan perjalanan mudik. Mudik dengan naik motor merupakan hal yang menyenangkan. Selain lebih praktis, biaya yang dibutuhkan untuk mudik pun tergolong lebih hemat ketimbang kita pulang kampung naik angkutan umum. Namun perlu diingat bahwa mudik dengan motor harus dipersiapkan dengan matang, jangan asal ngegas saja, dari persiapan fisik hingga motor yang prima dan tentunya beberapa toolkit yang akan membantu kita saat kondisi darurat di sepanjang perjalanan.

Saat mudik kami menyarankan untuk membawa toolkit yang mempunyai kualitas, aman dan terpercaya, karena jika menggunakan toolkit yang sembarangan malah bisa bikin baut slek atau dol yang pada akhirnya menambah masalah saat nanti dijalan” ujar Novitasari, Brand Marketing Manager Tekiro

Persiapan pertama tentu saja dari faktor kesehatan badan kita, pastikan kita dalam kondisi sehat. Butuh kesiapan fisik yang prima, kemampuan berkendara yang memadai dan emosi yang stabil. Makanya, jika kondisi psikis atau fisik kita tidak memadai, jangan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor.

Meskipun dalam kondisi sehat, namun kalau kita punya riwayat penyakit tertentu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi, dan sediakan catatan khusus yang berisi nomor kontak keluarga yang bisa dihubungi.

Selanjutnya jangan lupa bawa kelengkapan identitas seperti SIM, KTP dan STNK. Selain itu, persiapkan juga riding gear yang nyaman dikenakan dari mulai jaket, helm, pelindung sikut dan lutut, sepatu riding, body protector dan kebutuhan pengaman lainnya.

Motor yang akan kita gunakan untuk mudik juga wajib kita servis jauh-jauh hari, minimal satu minggu sebelum melakukan perjalanan. Lakukan servis secara menyeluruh, terutama bagian mesin, oli dan kelistrikan.

Walaupun motor sudah dilakukan servis, sebaiknya kita tetap membawa beberapa sparepart cadangan seperti busi, sambungan rantai serta tentu saja wajib membawa toolkit untuk menghadapi kondisi darurat di sepanjang perjalanan.

Lalu toolkit apa saja yang perlu kita bawa?

Ada beberapa toolkit standar yang perlu dibawa seperti obeng, kunci busi, tang, kunci pas ring nomor 10mm, 12mm, 17mm, 19mm, dan siapkan juga pelumas serbaguna seperti merek Rexco 50.

Toolkit tersebut sangat bermanfaat ketika motor mengalami masalah dan jauh dari bengkel sehingga bisa kita perbaiki sendiri seperti misalnya membetulkan rantai yang sering kendur atau bahkan putus, Untuk kondisi seperti ini kita memerlukan perkakas tang untuk menyambungkan lagi rantai yang putus kemudian kunci pas ring nomor 10mm, 12mm, 17mm dan 19mm untuk menyetel kerenggangan rantai.

Kunci busi juga bisa kita manfaatkan ketika motor mengalami masalah seperti tiba-tiba brebet atau bahkan mogok, ketika melakukan perjalanan jauh maka busi yang pertama kali kita cek kondisinya.

Perlengkapan lain yang penting dibawa saat mudik adalah pelumas serbaguna. Pelumas serbaguna ini bisa digunakan ketika mengalami masalah kelistrikan dimotor seperti mengatasi tombol sein yang tiba-tiba macet atau keras, klakson tidak bunyi atau tombol starter elektrik yang bermasalah, hingga membuka baut motor yang keras.

Setelah semua sudah dipersiapkan dengan matang, maka perjalanan mudik akan lebih aman dan nyaman. Hal lainnya yang perlu diingat bahwa untuk menjaga fisik tetap prima sepanjang perjalanan, sebaiknya kita berhenti untuk istirahat setiap dua jam sekali.

Semoga mudik tahun ini diperjalanan sangat menyenangkan, tetap selamat sampai tujuang hingga kembali balik kekota lagi. Jangan lupa jika lelah, jangan dipaksakan untuk tetap mengemudikan kendaraan. Segerakan istirahat untuk memulihkan stamina yang terkuran, Thanks 😀

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!