Tips prepare sebelum turun ke lintasan jalur Off Road

Diposting pada

OtoBeken – Sudah hampir ±1 tahun OB belum turun ke jalur Off Road, padahal dulu kala bisa dibilang hampir tiap bulan mainan lumpur & becek-becek’an, but now Trabasan menjadi salah satu aktivitas yang digemari oleh pecinta motor trail. Mulai dari medan jalanan berbatu, pesisir pantai, berlumpur, hingga berbagai macam lintasan lainnya menjadi tempat jelajah yang sesuai untuk menyalurkan adrenalin sekaligus menguji ketangkasan motor trail kebanggan.

Jalur offroad ini memang punya tantangan sendiri, pastinya berbeda dengan jalur onroad. Jadi dibutuhkan persiapan yang lebih ekstra agar tetap aman berkendara ketika trabasan, ” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service & Sparepart PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Selain kondisi motor yang prima, Ilham menyarankan agar pengendara mempersiapkan beberapa hal penting yang wajib dan dilakukan untuk menunjang faktor keselamatan pengendara. Berikut tips nya :

  1. Gunakan helm khusus offroad

Helm offroad memiliki perlindungan rahang yang lebih panjang. Sehingga memberikan sirkulasi udara yang lebih baik dan meminimalisir benturan pada gigi dan rahang jika terjadi insiden.

  1. Gunakan google (kacamata) dari pada visor

Pengguna google dapat lebih efektif dalam mencegah pengembunan dan endapan lumpur. Disamping itu, google juga dapat memberikan sirkulasi pernapasan yang baik untuk pengendara.

  1. Pilih pakaian yang nyaman

Pakaian yang memang dirancang untuk offroad memiliki bahan khusus, ketika digunakan akan lebih nyaman sehingga meminimalisir distraksi saat berkendara.

Pastikan agar pengendara memahami terlebih dahulu jenis medan offroad yang akan ditempuh agar si pengendara bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan spek kendaraan yang dibutuhkan, persiapan yang baik, diharapkan konsumen kian menikmai petualangannya di jalur trabasan. ”. tutur Agus, Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA).

Itulah tips-tips dasar yang wajib di pahami dan dilakukan oleh Kawan-kawan pembaca yang akan menggeluti dunia off road. Karena memang sangat berbeda sekali nuansa jalur off roadn jika dibandingkan dengan jalan aspal yes, jadi wajib prepaare kesiapannya juga. Thanks :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *